Inilah 7 Khasiat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Balita Secara Alami

Senin, 06 April 2020 | 10:55 WIB Penulis :


Sejak ribuan tahun lalu jahe sudah dikenal sebagai rempah yang dapat mendukung stamina dan kesehatan orang dewasa, tapi kalau untuk balita apakah jahe sama berkhasiatnya?

Jahe memang memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan balita, seperti Vitamin C dan Vitamin B6, riboflavin, sodium, zat besi, magnesium, juga senyawa biokimia seperti curcumin, camphene, terpene, limonene, dan masih banyak lagi.

Jika Moms tertarik memberikan khasiat jahe untuk balita, ikuti panduan yang tepat. Terutama jika anak masih berusia dibawah 2 tahun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Namun, untuk sekadar mengetahui apa saja khasiat jahe untuk balita mari simak bersama informasi berikut ini :

1. Meningkatkan Nafsu Makan dan Fungsi Pencernaan

Bingung menghadapi Si Kecil yang susah makan? Konsumsi jahe bisa meningkatkan nafsu makan balita dengan cara meningkatkan produksi air liur dan getah perutnya lho, Moms.

Begitu juga bila balita mengalami sembelit atau perut kembung, Moms bisa meredakan gejalanya dengan menambahkan sedikit air atau parutan jahe kedalam makanan dan minumannya.

2. Membantu Membunuh Bakteri Jahat

Tahu sendiri, kan, Moms, kalau balita masih sering bermain tanah dan memasukkan sembarangan benda ke dalam mulut?

Untuk melindungi kesehatan balita, menyelipkan jahe kedalam pola makannya dapat memberikan manfaat anti-jamur juga anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri jahat seperti E. Coli, Staphylococci, Streptococci, dan Salmonella.

3. Meringankan Bronkhitis dan Influenza

Bila balita mengalami bronkhitis atau sesak napas yang terjadi akibat radang membran mukus, ringankan gejalanya dengan memberikan seperempat sendok teh jahe parut ditambah madu sebanyak tiga kali dalam sehari.

Khasiat jahe untuk balita juga bisa dirasakan oleh mereka yang mengalami influenza.

4. Mengurangi Mual dan Mabuk

Tahukah Moms, kalau sejak jaman dahulu para pelaut mengonsumsi jahe untuk mengatasi mabuk laut, mabuk darat maupun mual?

Untuk mengurangi risiko terjadinya refluks asam perut dan muntah dalam perjalanan, coba selipkan sedikit jahe ke dalam makanannya sebelum bepergian ya, Moms.

5. Membantu Mengatasi Sakit Perut

Khasiat jahe untuk balita juga bisa membantu meredakan masalah perut yang sering terjadi pada balita, seperti dispepsia, perut kembung, kolik, dan lainnya.

Dalam buku Nature Cure for Children, disebutkan bahwa campuran 1/4 sendok makan perasan jahe dan setengah sendok teh perasan jeruk nipis dapat meredakan gejala dan rasa sakit yang dirasakan balita akibat berbagai masalah perut.

6. Mengobati Batuk dan Demam

Ini dia Moms, khasiat jahe untuk balita yang sudah dikenal sejak dahulu kala. Bila diteliti secara ilmiah, ternyata jahe mengandung biokimia yang dapat mengendalikan penyebaran rhinovirus penyebab demam.

Memberikan sedikit air rebusan jahe juga sangat baik untuk meredakan gejala batuk rejan atau penyakit pernapasan yang terjadi akibat infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Hati

Jahe juga dikenal sebagai stimulan peredaran darah yang baik, sehingga dapat mengendalikan kekentalan darah dan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.

Itulah yang kemudian akan meningkatkan aktivitas metabolisme sel sehingga balita terlindungi dari resiko kram otot jantung.

Moms juga bisa menambahkan air perasan jahe kedalam teh atau jus untuk memperkuat fungsi hati serta melindunginya dari berbagai racun yang merusak.

Walau ada banyak khasiat jahe untuk balita, konsumsinya tetap harus dibatasi agar tidak mengganggu sistem pencernaan si kecil yang masih berkembang.

Jangan lupa, segera konsultasikan dengan dokter bila terjadi gejala negatif akibat konsumsi jahe ya, Moms.

 

Source: parenting.orami.co.id

Artikel Lainnya

Menanamkan citra diri atau body image positif pada anak penting banget, Moms. Dengan begitu, anak bisa menerima dirinya, tidak minder dan percaya diri. Nah, ada lho empat cara yang bisa Momm...

Bila Bunda ingin melihat anak bahagia di masa depan, hindari kesalahan keuangan yang kerap dilakukan oleh banyak orangtua. Berikut kiat memperbaiki kesalahan yuang di anjurkan founder LiveOlive.com ...

Anda pasti sangat khawatir saat melihat anak tidur berjalan. Sebenarnya, apa sih penyebab dan solusi terhadap kebiasaan tidur berjalan anak ini? Dilansir dari Verywell Health, tidur berjalan atau s...

Bunda bisa mengajarkan apa saja pada balita. Melalui aktivitas sehari-hari yang bisa langsung dilihatnya, termasuk mengenalkan angka dan huruf. Lewat bermain, pengenalan konsep bilangan dan huruf l...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................