Ajari Anak Sikat Gigi Sejak Dini

Rabu, 29 April 2020 | 15:29 WIB Penulis :


Anak dengan karies gigi barangkali sudah jadi pemandangan biasa bagi kita. Padahal, hal itu bisa diminimalisir dengan mengajari anak sikat gigi sejak dini.

Mengajari anak sikat gigi bisa jadi tantangan sendiri untuk orangtua. Keterlambatan dalam membiasakan anak menyikat gigi dapat menyebabkan karies gigi dan kerusakan lain yang menghambat kesehatan giginya.

Karies gigi pada anak bisa jadi salah satu pertanda bahwa anak kurang menjaga kebersihan giginya. Sedangkan, untuk membuat anak rajin menyikat giginya juga tidak mudah.

Serba serbi seputar aktivitas anak sikat gigi:

1. Kapan mulai membersihkan gigi anak?

Sejak anak belum tumbuh gigi, biasakan untuk membersihkan gusinya dari sisa makanan yang menempel disana, bakteri yang menempel di plak gusi akan menyerang kesehatan gigi susu pertamanya hingga menimbulkan karies gigi.

2. Bagaimana cara membersihkan  gigi?

Untuk membersihkannya, gunakan kain yang lembut atau sikat gigi jari khusus bayi. Bersihkan di dalam dan luar sisi gusi. Bila perlu, bersihkan lidahnya juga agar mencegahnya dari bau mulut.

3. Kapan waktu yang tepat untuk membersihkan gigi?

Seperti halnya orang dewasa, lakukan setiap kali usai sarapan dan sebelum tidur. Perlindungan saat ia tidur dan saat ia siap memulai setelah sarapan adalah satu langkah penting menjaga kesehatan gigi.

4. Bagaimana cara memilih pasta gigi

Untuk bayi usia dibawah 2 tahun, gunakan pasta gigi non fluoride. Mom bisa dengan mudah membedakan jenis pasta gigi ini dengan membaca komposisinya.

Selalu gunakan pasta gigi sebesar biji jagung pada sikat gigi bayi. Dengan menggunakan pasta gigi yang sedikit, mom tidak perlu memaksa si kecil untuk berkumur.

5. Bagaimana cara mengajak si kecil agar mau sikat gigi?

Moms bisa mengajari anak sikat gigi dengan cara menggunakan lagu unutk memecah perhatiannya. Atau buatlah agar seolah kegiatan menggosok gigi adalah hal keren yang bisa dia lakukan.

Mom adalah teladan terbaik untuk anak. Pastikan anak tahu bahwa mom juga melakukan apa yang diperintahkan padanya.

6. Kapan kunjungan dokter gigi pertamanya?

Ikatan Dokter Gigi Anak Amerika menyarankan untuk mulai mengenalkan anak pada dokter gigi sat usianya satu tahun. Selain unutk mengecek perkembangan gigi susu pertamanya, membiasakan anak bertemu dokter gigi akan menghilangkan ketakutannya pada dokter gigi di masa depan.

Demikian seputar sikat gigi anak yang dapat kami bagikan kepada mom. Apabila dari kecil anak sudah terbiasa untuk menjaga kesehatan giginya, di masa depan ia tak akan mengalami sakit gigi yang disebabkan oleh keteledoran dalam merawat gigi.

Source: theasianparent

Artikel Lainnya

Cara memasak ternyata berperan menentukan kualitas nutrisi masakan. Dalam mengolah masakan biasanya kita hanya fokus memerhatikan bahan bakunya saja. Pastikan Bunda juga memerhatikan proses atau cara ...

Penyebab Anak Menjadi Hiperaktif Hiperaktif merupakan gejala dari masalah lain, termasuk penyakit mental dan fisik. Kondisi ini bukanlah suatu penyakit yang berdiri sendiri. Penyebab paling um...

Penyakit batuk pilek pada anak sangat umum terjadi terutama saat kondisi cuaca kurang menentu. Apalagi kalau sudah masuk musim pancaroba nih, virus biasanya lebih mudah menyebar melalui percikan atau ...

Menuju usia balita, para orangtua mungkin berpikir untuk memindahkan tempat tidur anak ke kamar baru. Jadi, anak sudah diajarkan untuk tidur di kamar sendiri dan tidak bersama Mama dan Papanya dalam s...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................