7 Plihan Kacang yang Bisa Jadi Camilan Sehat untuk Anak

Selasa, 19 Mei 2020 | 13:51 WIB Penulis :


Yuk  mulai ganti kebiasaan nyemil si kecil dengan makanan yang lebih sehat untuknya

Apakah Mama sering menjumpai si Kecil makan cemilan di selang waktu makannya? Jika iya, Mama tak perlu melarangnya selama masih dalam batas wajar. 

Namun tetap saja Mama perlu memperhatikan camilan apa yang anak mama makan. Jauhkanlah si Kecil dari camilan yang tidak sehat, seperti; camilannya mengandung banyak zat kimia, pengawet, pewarna, atau memiliki kandungan gula yang sangat banyak. 

Mama dapat memilih camilan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil namun tetap enak ketika dimakan. Mama dapat memilih kacang sebagai camilan sehat. Karena kacang mengandung lemak sehat dan nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. 

Kalau Mama penasaran apa saja pilihan kacang yang bisa jadi camilan sehat untuk anak, berikut ini kami  telah merangkum informasinya untuk Mama ketahui.

1. Kacang Mete (Cashew)

ahukah Mama kalau kacang yang berebentuk besar dan lebih melengkung ini merupakan makanan sehat? Kacang mete atau yang disebut juga cashew mengandung mineral yang baik bagi tubuh seperti; fosfor, magnesium, tembaga, dan mangan. 

Disamping itu, kacang mete memiliki kandungan zat besi yang terbilang lebih tinggi dari kacang-kacang lainnya. Menurut sebuah studi, dengan mengonsumsi kacang mete secara rutin dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh. 

Selain sehat, kacang ini juga memiliki rasa gurih dan pastinya disukai si Kecil. Oh ya, Mama juga bisa menaruh kacang mete ke dalam varian makanan, sebut saja; salad, oatmeal, juga masakan tumis. Rasanya sudah pasti terjamin.

2. Kacang tanah

Kacang tanah memiliki gurih dan legit. Dengan harganya yang juga bersahabat membuatnya disukai banyak orang. Mama dapat menemukan olahan kacang ini sebagai bumbu pecel dan gado-gado, atau bisa juga diolah sebagai selai untuk topping makanan manis.

Kacang tanah tak kalah bermanfaatnya dari jenis kacang yang lain. Kacang satu ini merupakan sumber protein, magnesium, dan fosfor yang baik bagi kesehatan tubuh si Kecil. 

Mama dapat mencoba menyajikannya sebagai selai agar lebih disukai oleh si Kecil.

3. Kacang almon

Mama pastinya kenal dengan jenis kacang yang satu ini karena dapat ditemukan di berbagai varian kue maupun roti. Di sisi lain, kacang almon punya banyak manfaat. 

Kacang ini dikenal sebagai sumber vitamin E, kalsium, magnesium, dan folat. Dengan kandungannya itu, kacang almon juga dapat membantu mengurangi berat badan dan mengurangi inflamasi dalam tubuh. Selain itu, almon juga bermanfaat bagi para penderiita diabetes karena membantu mengontrol glukosa dalam darah.

4. Kacang kenari (walnut)

Kacang kenari memiliki kandungan omega-3 yang lebih tinggi dari jenis kacang lainnya. Kandungan omega-3 dalam kacang kenari sekitar 2,5 gram per 1 onsnya. Terpenuhinya kebutuhan tubuh akan omega-3 mampu membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

Kacang kenari juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dapat membantu melawan kerusakan oksidatif dalam tubuh si Kecil, juga kerusakan lainnya yang diakibatkan akibat kolesterol jahat.

Satu hal lagi, kacang kenari mengandung beberapa nutrisi nabati antioksidan untuk melawan kanker. Anak mama dapat menikmati kacang kenari secara langsung atau menambahkannya pada oatmeal. 

5. Kacang Brazil

Kacang yang berasal dari hutan hujan Amazon di Brazil ini dapat dikenali dengan ukurannya yang besar, memiliki tekstur yang lembut, bermentega dan rasa pedas ketika dimakan. 

Kacang Brazil ini mimiliki banyak gizi, dan merupakan salah satu makanan sumber mineral selenuim, yaitu mineral yang ikut membantu produksi hormon pada kelenjar tiroid. Selenium ini penting dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Konsumsi kacang Braziil juga dapat menjaga keseimbangan kolesterol dalam darah, mengurangi peradangan, mendukung otak, jantung, dan sistem kekebalan tubuh si Kecil.

6. Kacang macadamia

Kacang macadamia meruapakn kacang pohon dengan rasa halus seperti mentega, dan teksturnya lembut. Kacang yang asli dari Autralia ini kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Kacang macademia mengandung thiamin atau vitamin B1, mangan, dan tembaga. Kacang ini juga memiliki kandungan lemak tak jenuh sehat yang seringkali ditemukan pada alpukat atau minyak zaitun.

Para peneliti juga mengatakan bahwa dengan mengonsumsi kacang macademia juga membantu meningkatkan kerja pencernaan, juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Kacang pistachio

Dan jenis kacang terakhir dalam daftar ini ialah kacang pistachio. Faktanya, orang-orang telah mulai mengonsumsi kacang jenis ini sejak ribuan tahun yang lalu. Orang-orang kini mengonsumsinya sebagai makanan tambahan pada salad maupun es krim. 

Kacang pistachio ini memiliki kandungan serat, antioksidan, dan protein yang baik. Disamping itu, ia mengandung resveratrol.

Resveratrol ini merupakan antioksidan yang dapat menyeimbangkan kadar gula pada penderita diabetes. Ada pula kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang bagus untuk menjaga kesehatan mata.

Bagaimana Ma, ada banyak jenis kacang yang sehat dan enak bukan? Semuanya memang memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh.

Itulah jenis kacang yang bisa jadi camilan sehat untuk anak. Yuk mulai hidup sehat dengan merubah pola makan dan camilan. Khusunya camilan si Kecil.

 

Source: popmama.com

 

Artikel Lainnya

Tidak masalah membawa bayi mudik, yang penting persiapkan jauh-jauh hari. Dengan begitu, mudik dengan bayi bisa nyaman. Bila ingin naik angkutan umum, jauh-jauh hari sebelum hari H, alangkah bijakn...

Puluhan orang di kota Wuhan, Cina tengah diidentifikasi terkena pneumonia secara misterius.  Komisi Kesehatan Kota Wuhan pun mengatakan bahwa semua pasien dirawat di karantina dan tidak...

Manfaat madu untuk Si Kecil Manfaat yang bisa anak dapatkan dengan mengonsumsi madu secara rutin seperti berikut ini:   1. Meredakan Batuk dan Flu Saat Si Kecil terserang batuk, Moms ...

Rasanya setiap Ayah ‘tidak rela’ bayi perempuannya tumbuh menjadi gadis kecil, yang suatu hari nanti akan beranjak remaja. Tetapi, pertumbuhan anak tidak akan bisa dielakkan. Dan bagaimana...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................