Cara Alami Membantu Menyamarkan Bekas Cacar Air!

Selasa, 08 September 2020 | 10:05 WIB Penulis :


Cacar air dapat menyerang siapa saja, anak-anak, orang tua, remaja, dan semua orang yang tidak mendapatkan vaksin cacar. Penyakit ini disebabkan oleh varicella-zoster virus (VZV), yang menimbulkan rasa gatal, demam, muncul ruam, dan lelah. Ruam bisa muncul pertama kali di perut, punggung dan muka, lalu menyebar pada seluruh tubuh. Penyakit ini memang bisa disembuhkan, namun yang menyebalkan bagi orang yang baru sembuh dari cacar adalah bekas dari cacar air tersebut. Bekas ini akan sulit dihilangkan bagi orang yang memiliki kulit sensitif. Anda bisa menghilangkannya dengan teknik dermabrasi dan laser. Namun, adakah cara alaminya?

 

1. Lidah buaya atau aloe vera

Tanaman lidah buaya ini memiliki zat antioksidan yang sangat bagus untuk kulit. Sehingga dipercaya dan telah terbukti dapat mengeringkan luka serta menghilangkan bopeng termasuk salah satunya bekas cacar dalam waktu yang relatif cepat.

Caranya sangat mudah, kupas lidah buaya maka akan keluar gelnya. Kemudian dengan gel tersebut, anda dapat mengoleskannya pada bekas cacar di kulit tubuh. Jangan langsung membilasnya tetapi tunggulah sampai beberapa menit atau sampai gel tanaman lidah buaya tersebut mengering. Kemudian segeralah berbilas dengan menggunakan air hangat. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan agar cepat sembuh, maka lakukan pengobatan ini secara teratur yaitu dua kali sehari setelah mandi.

 

2. Tomat

Buah yang manis serta kaya akan vitamin C ini juga bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan bekas cacar. Seperti lidah buaya, tomat juga memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi sehingga akan membantu proses penyembuhan bekas cacar secara cepat dan aman.

Cara menghilangkan bekas cacar dengan buah tomat yaitu pilihlah buah tomat yang telah matang, cucilah hingga bersih, lalu belahlah tomat tersebut kemudian gosokan bagian dalam tomat ke bekas cacar pada kulit. Tunggulah sampai kering sekitar 20 sampai 30 menit kemudian basuhlah kulit tersebut dengan air bersih dan juga sabun. Lakukan perawatan ini dua kali sebelum mandi rutin setiap hari sampai bekas cacar tersebut benar-benar hilang.

 

3. Kacang hijau

Kacang hijau juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas cacar. Caranya adalah kacang hijau direndam dulu ke dalam air, tunggulah sampai kacang hijau tersebut mengembang kemudian tiriskan lalu haluskan, boleh dengan ditumbuk maupun diblender. Apabila telah halus maka oleskan pada bekas cacar air di permukaan kulit.

 

4. Madu

Madu dapat digunakan untuk menghilangkan cacar yang menahun. Madu tersebut terdapat kandungan anti inflamasi serta anti bakteri yang dapat berguna dalam mengobati jerawat serta dapat mengurangi bekas luka cacar baik bekas cacar yang baru maupun yang sudah menahun. Cara menghilangkan bekas cacar menggunakan madu yaitu dengan mengoleskan madu pada bekas bopeng tersebut. Usahakan menggunakan madu pada malam hari agar kandungan madu dapat terserat kedalam sela sela kulit. Gunakan madu secara rutin agar bopeng semakin menghilang.

 

5. Pepaya

Buah pepaya yang telah matang kaya akan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk kulit. Cara menghilangkan bekas cacar dengan buah pepaya ini pun sangatlah mudah. Pepaya yang telah matang dihaluskan dengan cara diblender kemudian untuk masker wajah atau untuk dioleskan ke bagian kulit yang terdapat bekas cacarnya. Tunggulah sampai kering kemudian bilaslah dengan air bersih.

 

6. Buah mengkudu

Buah mengkudu atau biasa orang jawa menyebutnya ‘ pace ‘ memiliki khasiat yang sangat terbukti mujarab bagi kesehatan tubuh dan kulit. Para pakar kesehatan sepakat menjadikan buah mengkudu sebagai salah satu bahan obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah menghilangkan bekas cacar.

Cara menghilangkan bekas cacar dengan alami menggunakan buah mengkudu ini adalah pilihlah buah mengkudu yang telah matang namun masih segar, kemudian parutlah buah mengkudu tersebut. Jangan lupa tambahkan air secukupnya. Parutan buah mengkudu yang telah bercampur dengan air selanjutnya disaring. Untuk mendapatkan rasa manis, tambahkan sedikit gula atau madu kemudian aduk sampai rata lalu diminum. Perawatan ini berfungsi untuk menyembuhkan luka bekas cacar dari dalam tubuh

 

7. Kayu cendana dan air mawar

Kayu cendana dan air mawar merupakan cara tradisional dalam menghilangkan bekas luka. Ramuan tersebut terbukti dapat mengilangkan bekas cacar dalam waktu yang cukup singkat. Kayu Cendana serta air mawar tersebut dapat mengurangi peradangan pada kulit dan dapat digunakan sebagai pendingin pada kulit.

 

8. Oatmeal masker

Oatmeal masker merupakan ramuan masker kulit yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cacar. Oatmeal masker berbahan dasar ramuan alami yang sering kita temui. Oateal masker dapat dicampurkan dengan jus lemon atau bahan bahan lain. Gunakan Oatmeal masker dalam waktu 15 menit sehari sekali secara rutin.

 

9. Toner alami dari cuka sari apel

Menghilangkan bekas cacar yang menahun dapat dilakukan dirumah. Kita dapat menggunakan cuka sari apel dalam pembuatan toner alami tersebut. Cara membuat toner alami dari cuka sari apel tersebut sangat mudah. Berikut caranya adalah dengan mengencerkan cuka sari apel kedalam air. Kemudian basuh muka menggunakan toner ini setelah wajah dibersihkan terlebuh dahulu. Lakukan cara tersebut secara rutin agar mnedapatkan wajah yang mulus tanpa bekas cacar maupun jerawat serta dapat mengencangkan pori pori kulit.

Itulah 9 cara menghilangkan bopeng bekas cacar. Lakukan langkah diatas secara rutin untuk mendapatkan kulit yang mulus tanpa bekas cacar.

 

Source : www.idntimes.com

Artikel Lainnya

Seiring bertambahnya usia, anak-anak mulai menunjukkan keinginannya untuk makan sendiri. Jika anak terus disuapi, hal tersebut dinilai tidak baik. Maka dari itu, Anda dapat mengajarkan si kecil kemamp...

Anak usia 3-4 tahun takut gelap, wajar saja. Sebab menurut Jenn Berman, PhD, terapis keluarga di Beverly Hill, Amerika Serikat, takut gelap biasa dialami oleh balita usia ini, yang imajinasinya memang...

Si kecil seringkali merasa marah saat keinginan mereka tidak terpenuhi. Merasa marah bukanlah hal yang salah, apabila Si Kecil tidak mampu mengontrolemosi mereka kini saatnya Moms harus turun ...

Toilet training merupakan suatu tantangan baru, baik bagi anak maupun bagi orangtua. Bagi anak, hal ini menjadi salah satu momen penting dalam tumbuh kembangnya, di mana ia belajar untuk menahan pipis...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................