Cara MenghindariCegukan Pada Bayi

Kamis, 24 Desember 2020 | 11:06 WIB Penulis :


Cegukan seringkali tidak dapat dicegah, tetapi ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menghindari cegukan pada bayi.

9. Memberi Makan sebelum Bayi Kelaparan

Cara mencegah cegukan pada bayi yang pertama adalah memberi makan sebelum bayi kelaparan. Moms sebaiknya memberi makan bayi sebelum mereka menjadi sangat lapar, agar mereka tetap tenang.

Kondisi mereka tidak tenang dan menangis akan memicu bayi bersendawa. Jadi, sebaiknya hindari ya Moms.

10. Menyusui dalam Jumlah Sedikit Tapi Sering

Cara mencegah cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah menyusui dalam jumlah sedikit tapi sering. Menyusu dengan jumlah yang terlalu banyak bisa membuat bayi tersedak dan akhirnya cegukan. Nah, Moms lebih baik menyusui dalam jumlah sedikit tapi dibuat lebih sering.

11. Menegakkan Bayi setelah Menyusu

Cara mencegah cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah menegakkan bayi setelah menyusu. Biasanya, sehabis menyusu dan sendawa, bayi akan ditempatkan dalam posisi tidur.

Nah, seringnya, posisi tidur ini memicu bayi sendawa. Ada baiknya, Moms mendudukkan bayi dalam posisi tegak selama setengah jam setelah setiap menyusui.

12. Mengubah Posisi Botol Susu

Cara mencegah cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah mengubah posisi botol susu. Posisi botol juga perlu Moms sesuaikan agar tidak memicu bayi cegukan. Caranya dengan mengubah posisi botol sehingga tidak ada udara di dekat dot.

13. Memastikan Perlekatan Benar

Cara mencegah cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah memastikan perlekatan benar. Perlekatan saat menyusu jadi hal yang perlu Moms perhatikan agar bayi tidak cegukan. Pastikan mulut bayi menempel pada seluruh puting untuk menghindari adanya udara masuk yang bisa memicu bayi cegukan.

 

Itulah beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi dan cara mencegahnya yang bisa Moms lakukan di rumah.

Kondisi cegukan ini sebenarnya bukan sesuatu yang perlu kita khawatirkan, selama tidak mengganggu Si Kecil, tidak membuat rewel, tidak menyebabkan muntah, dan tidak membuatnya tidak mau menyusu.

Kecuali, jika cegukan berlangsung lama, ia tidak nyaman dan terganggu, maka kita perlu khawatir dan berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi kondisi ini menunjukkan masaah yang serius. Moms juga bisa meminta saran cara mengatasi cegukan pada bayi untuk berjaga-jaga jika hal ini terjadi lagi.

 

Source: www.orami.co.id

Artikel Lainnya

Sudah bukan rahasia lagi bila berebut mainan adalah salah satu pencetus konflik saat balita sedang main bersama. Sebagai orang tua, Moms tentu menginginkan balita Moms dapat bermain dan berb...

Montessori merupakan metode pendidikan anak yang dikembangkan oleh Maria Montessori, tokoh pendidik asal Italia. Menurutnya, semua anak dilahirkan dengan potensi luar biasa. Potensi ini hanya akan ber...

Jakarta -  Sejak anak lahir, mereka sangat luar biasa di mata Bunda. Setiap kemampuan barunya semakin membuat Bunda yakin bahwa Si Kecil pasti cerdas. Ternyata, hal tersebut tidak se...

Seiring bertambahnya usia Si Kecil, kemampuannya untuk bersosial pun tentu semakin baik. Di usia sekolah, Si Kecil diharapkan sudah mampu untuk mudah berteman, tanpa perlu ditemani orang tua lagi.Agar...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................