Prosedur Persalinan Yang Wajib Diketahui Saat Pandemi

Kamis, 24 Desember 2020 | 11:16 WIB Penulis :


Sejak pertama kali virus corona (COVID-19) masuk ke Indonesia hingga masa new normal sekarang, rasa cemas tetap menghantui banyak orang. Terutama para ibu hamil yang sebentar lagi akan melahirkan.

Ketakutan akan infeksi COVID-19 dan beredarnya sejumlah informasi kurang tepat di masyarakat terkait persalinan, tak dipungkiri semakin menimbulkan rasa cemas dan khawatir di antara para ibu hamil. Mungkin Moms salah satunya.

Cemas apakah aman melahirkan di rumah sakit, apakah janin akan baik-baik saja, adakah kemungkinan tertular COVID-19, dan lain sebagainya.

Jangan khawatir Moms, menjawab rasa cemas tentang proses persalinan para ibu hamil, pihak rumah sakit telah menerapkan prosedur persalinan saat pandemi ini. Seperti apa prosedur yang diterapkan? Yuk, kita simak penjelasan berikut.

 

Memilih Tempat Persalinan saat Pandemi

Sebelum melahirkan, langkah pertama yang harus Moms pahami adalah memilih tempat melahirkan yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Selain itu, ada beberapa hal lain yang patut Moms pertimbangkan, seperti berikut ini.

1. Cek Prosedur Persalinan di Rumah Sakit

Moms yang sebentar lagi akan melalui proses persalinan, disarankan untuk memilih rumah sakit yang melakukan prosedur persalinan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat. Tanyakan dengan dokter bagaimana proses persalinan akan dilakukan. Semakin ketat, maka akan semakin aman tentunya.

2. Periksa Kelengkapan Tim Dokter

Moms harus teliti mengecek kelengkapan tim dokter saat melakukan prosedur persalinan. Dokter yang membantu persalinan harus multi disiplin dan subspesialisasi. Hal ini penting untu menjaga keamanan di tengah situasi pandemi Covid-19 ini.

3. Pilih Bidan yang Tepat

Pilihlah rumah sakit yang maternity counsellor atau bidannya dapat dihubungi setiap saat diperlukan. Hal ini penting, terlebih lagi saat Moms berada di minggu-minggu terakhir kehamilan. Mungkin ada beberapa kondisi yang mengharuskan Moms untuk menghubungi bidan untuk keadaan tertentu.

4. Fasilitas untuk Kehamilan Harus Lengkap

Moms harus memilih rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap untuk kehamilan berisiko (NICU). Hal ini diperlukan agar ketika persalinan berjalan kurang lancar, Moms bisa segera melakukan perawatan dilakukan atau tindakan lanjutan.

 

 

Prosedur Persalinan saat Pandemi

Dipaparkan oleh dr. Eric Kasmara, Dokter Spesialis Kebidanan & Kandungan Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah, bahwa rumah sakit tempatnya bekerja sudah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk ibu yang akan melakukan persalinan saat pandemiini.

 

1. Memisahkan Pasien Suspek Infeksi COVID-19

Prosedur persalinan saat pandemi yang pertama adalah memisahkan pasien suspek infeksi COVID-19 dengan pasien lainnya, termasuk bumil yang akan melahirkan. Ini jadi sangat penting untuk melindungi pasien lain terpapar COVID-19.

Terlebih lagi jika Moms melahirkan di rumah sakit umum dan bukan rumah sakit khusus ibu dan anak, maka pemisahan pasien umum dan ibu yang melahirkan akan dilakukan.

“Akan dilakukan pemisahan antara pengunjung atau pasien dengan gejala suspek infeksi COVID-19 dan yang tidak," ujar dr. Eric.

2. Screening sebelum Persalinan

Bukan hanya itu saja, juga akan dilakukan screening sebelum proses persalinan.

Menurut Centers for Disease Control (CDC) menyebutkan, ibu hamil yang positif Covid-19 harus diisolasi sebelum dan setelah persalinan.

Jika ibu hamil dinyatakan positif corona, maka prosedur perawatan yang dilakukan akan berbeda lagi, persalinan akan dilakukan melalui Sectio-Cesarean.

Selain itu, ibu yang positif corona juga tidak dianjurkan untuk menjalani inisiasi menyusui dini (IMD), dan disarankan untuk memerah ASI untuk diberikan pada bayi melalui botol. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19 pada bayi.

3. Petugas Medis dengan APD

Dikarenakan kita memasuki masa new normal sekaligus memasuki masa pandemi COVID-19 yang masih terjadi, para dokter dan perawat juga selalu mengutamakan untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Jadi Moms tidak perlu khawatir ya.

4. Kamar Bersalin dan Ruang Perawatan di Lantai Khusus

Bukan hanya itu saja, di RS Pondok Indah misalnya, kamar untuk bersalin, ruang perawatan ibu, serta kamar bayi diberi tempat khusus yaitu di lantai 7. Jadi di lantai tersebut tidak akan menerima pasien umum.

Penting sekali bagi rumah sakit memisahkan lantai untuk perawatan ibu dengan perawatan pasien lainnya, untuk mencegah terjadinya infeksi COVID-19.

5. Pembersihan Ruang Bersalin secara Berkala

Bukan hanya itu saja, di RS Pondok Indah misalnya, kamar untuk bersalin, ruang perawatan ibu, serta kamar bayi diberi tempat khusus yaitu di lantai 7. Jadi di lantai tersebut tidak akan menerima pasien umum.

Penting sekali bagi rumah sakit memisahkan lantai untuk perawatan ibu dengan perawatan pasien lainnya, untuk mencegah terjadinya infeksi COVID-19.

6. Pembatasan Jumlah Pengunjung

Tidak seperti dulu, di masa pandemi COVID-19 dan new normal ini, ibu yang bersalin tidak bisa ditemani oleh banyak orang. Akan diberlakukan pembatasan jumlah pengunjung untuk pasien yang bersalin.

Yang artinya, Moms tidak diperkenankan untuk menerima kunjungan dari siapapun juga selama masa isolasi. Namun bukan berarti ayah tidak bisa mendampingi Moms selama persalinan ya.

 

Itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang persalinan saat pandemi. Tentu semua hal ini dilakukan agar pasien tidak terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain. Sekarang setelah mengetahui semua informasi ini, Moms sudah tidak terlalu khawatir untuk melahirkan di rumah sakit umum kan?

 

Source: www.orami.co.id/

Artikel Lainnya

Sebagai orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Salah satunya adalah dengan mengajak anak untuk bermain di luar. Meskipun permainan di luar ruangan seringkali membuat anak kotor, tap...

Fakta medis di balik mitos 40 hari Menurut dokter kebidanan dan kandungan dr. Benny Johan Marpaung, Sp. OG., secara medis tidak ada kondisi khusus yang melarang ibu untuk keluar rumah setelah melah...

Mendengarkan terkadang bisa menjadi hal yang sulit terutama jika jadwal Moms sangat padat. Namun, penelitian mengatakan bahwa mendengarkan anak membuat si kecil cenderung mendengarkan o...

Permainan ABC 5 Dasar Dalam rangka mengembangkan kemampuan bahasa anak mama tercinta, Mama bisa mengenalkan sebuah permainan ABC 5 Dasar yang tentu saja tidak asing lagi untuk Mama Milenial yang su...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................