Cara Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Sang Anak

Rabu, 21 September 2016 | 15:11 WIB Penulis : Erni Wulandari


Sebagai orangtua, sudah menjadi kewajiban kita untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita. Apalagi yang menyangkut tumbuh kembang anak. Kita pasti akan lebih protektif dan selektif dalam memberikan apa saja yang menjadi kebutuhan anak.

Masa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah masa paling tepat bagi setiap bunda dalam memberikan asupan gizi dan nutrisi yang terbaik bagi putra-putri bunda. untuk mendukung pertumbuhannya.

Ketika anak baru lahir, ASI adalah asupan atau makanan terbaik yang wajib diberikan pada bayi. Pemberian ASI eksklusif dianjurkan pada bayi usia 0 sampai 6 bulan. Menginjak usia 6 bulan ke atas, bayi sudah membutuhkan asupan nutrisi tambahan. Itu sebabnya, susu formula dan MPASI adalah pilihan yang tepat sebagai makanan pendamping ASI.

Banyaknya jenis dan merk susu formula yang dijual dipasaran, seringkali membuat para bunda bingung dalam memutuskan susu formula mana yang terbaik untuk anak bunda. Bunda tentu tidak ingin salah pilih bukan? Sebelum memilih susu formula yang cocok dan baik untuk anak bunda, bunda harus mengetahui hal-hal di bawah ini, agar pemahaman tentang pemilihan susu formula tepat sasaran sesuai kebutuhan anak dan bunda.

1. Pilih susu yang sesuai dengan usia anak

Yang pasti, pilih susu formula yang sesuai usia bayi atau anak. Biasanya pada bagian depan kotak susu atau kaleng susu, tertulis usia anak yang bisa mengonsumsi susu tersebut. Setiap merk susu biasanya ada tahap-tahapannya. Misalnya, usia bayi bunda 8 bulan, bunda memilih susu formula untuk usia 6 – 12 bulan. Karena usia bayi bunda berada di antara usia 6 – 12 bulan. Jangan sampai bunda salah memilih karena kandungan gizi pada masing-masing susu sudah disesuaikan dengan usia bayi.

2. Pilih susu sesuai kondisi anak

Tidak semua anak cocok mengonsumsi satu jenis atau merk susu formula. Setiap anak memiliki pertahanan yang berbeda-beda. Itu sebabnya pilih susu yang benar-benar sesuai kondisi anak. Bunda bisa memperhatikan reaksi anak setelah mengonsumsi susu tersebut. Bila setelah mengonsumsi susu tersebut, anak mengalami diare, muntah, gangguan pencernaan atau kondisi tubuhnya menurun, bisa jadi susu tersebut tidak cocok dengan kebutuhan anak bunda. Segera ganti susu tersebut dengan merk yang lain.

3. Perhatikan kandungan gizinya yang terdapat dalam susu

Pada dasarnya komposisi kandungan gizi yang terdapat pada setiap susu formula bayi dan anak hampir sama. Bunda bisa melihatnya pada label nutrisi yang terdapat pada susu. Dengan melihat kandungan gizi pada setiap label susu,tentu bunda mengetahui kelebihan atau manfaat lebih pada satu jenis susu sehingga bunda dapat menjadikannya sebagai pertimbangan dalam pemilihan susu yang baik.

4. Sesuaikan harga susu dengan keuangan bunda

Susu formula terbaik karena harganya yang mahal atau merknya yang terkenal. Hal tersebut tidak menjamin bahwa susu tersebut terbaik untuk anak bunda. Walaupun mungkin selama ini, pandangan setiap bunda bahwa susu yang mahal itu pasti bagus. Tapi, sebaiknya harga susu juga menjadi pertimbangan bunda. Susu yang murah bukan berarti susu dengan kualitas rendah. Ada juga beberapa anak, tumbuh sehat dan gemuk dengan bantuan susu yang murah. Itu artinya susu mahal bukan jaminan mutlak anak dapat tumbuh sesuai harapan bunda. Harus dipikirkan juga, sebaiknya pilih susu formula dengan harga yang sesuai dengan kondisi keuangan bunda.

5. Pastikan susu yang bunda pilih mudah dibeli di pasaran

Sebaiknya pilih susu formula yang mudah didapatkan di toko, pasar atau supermarket terdekat agar bunda tidak kesulitan mendapatkan susu tersebut ketika tiba-tiba bunda kehabisan susu. Dan pastikan susu tersebut sudah terdaftar di BPOM RI, agar bunda yakin bahwa susu tersebut aman, memenuhi standar dan layak dikonsumsi oleh anak.

Bila bunda masih kesulitan dalam memilih susu formula yang tepat, bunda bisa berkonsultasi pada dokter anak atau dokter ahli gizi.

 

Sumber : Parents.co.id

Artikel Lainnya

Hubungan intim sebaiknya dilakukan pada saat Bunda dalam masa subur atau masa dimana sel-sel telur di dalam indung telur (ovarium) sudah matang dan siap dibuahi Inilah beberapa cara mengetahui ma...

Seiring dengan bertambahnya usia anak, ia akan semakin cerdas. Ia juga rentan bersikap sangat manja dan bahkan bikin orang tua merasa kesal. Ada banyak tingkah laku anak yang tak jarang membuat orang ...

Pergantian musim atau pancaroba sedang berlangsung. Mungkin belum waktunya, karena hujan juga masih terus turun.  Wabah influenza di Indonesia sedang tinggi. Jika mom pergi ke rumah sakit saat...

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami beberapa perubahan fisik. Perubahan ini terkadang termasuk perubahan kulit juga. Selain masalah kulit ringan seperti kulit kering, jerawat, dan lain lain, bebe...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................