Waspadai Infeksi Jamur Pada Kulit Bayi Dimusim Hujan

Rabu, 01 Desember 2021 | 13:26 WIB Penulis :


Hujan sudah turun terus hampir setiap hari. Cuaca pun terkadang jadi susah ditebak. Bisa saja dari pagi hingga siang matahari terik menyinari, eh...jelang jam 4 sore langsung hujan deras. Hal ini menyebabkan iklim menjadi lembap. Iklim seperti inilah yang membuat kulit kita rentan terhadap infeksi jamur. Terutama kulit bayi yang masih sensitif.
Infeksi jamur sangat mungkin menyerang bayi selama musim hujan. Jamur membutuhkan panas sekaligus iklim lembap untuk tumbuh dan bertahan hidup.

Infeksi Ringworm (Kurap)

Infeksi jamur ringworm atau kurap adalah salah satu infeksi jamur yang bisa tumbuh di kulit bayi. Bentuknya seperti cincin dan biasanya dimulai dari lingkaran kecil yang kemudian melebar. Jamur ini menyebabkan gatal dan mudah menyebar ke bagian tubuh lain.

Kurap biasanya ditularkan dari orang yang sudah terkena. Hewan peliharaan pun sangat mungkin menularkan infeksi yang termasuk berbahaya ini. Selain itu bila bayi berkeringat secara berlebihan atau keadaan kulit yang lembap mendukung untuk timbulnya kurap.

Cara mengatasi kurap adalah dengan mengonsultasikannya pada dokter spesialis kulit. Namun untuk mencegah infeksi kurap, Anda bisa terlebih dahulu melakukan hal-hal berikut:

  1. Mencuci pakaian bayi dengan deterjen, jemur sampai kering lalu disetrika agar dapat menghilangkan jamur yang mungkin menempel pada pakaian.
  2. Jaga kulit bayi tetap kering dan bersih setiap saat.
  3. Gunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap kelembapan. Katun adalah pilihan yang terbaik.

Infeksi Jamur Kuku

Infeksi jamur pada kuku (terutama kuku kaki) dapat terjadi bila kondisi lembap (tertutup sepatu), jarang mengganti kaos kaki, atau tidak membersihkan area sela-sela jari dan kuku dengan baik.   Jika terkena infeksi kuku, dalam beberapa waktu kuku si kecil berubah warna dan pada kasus tertentu kuku bisa menjadi rapuh dan kasar. Ada pula kemungkinan kulit di sekitar kuku menjadi bengkak.

Anda perlu segera berkonsultasi pada dokter spesialis kulit bila menemukan gejala infeksi kuku pada si kecil. Dokter mungkin akan meresepkan obat anti jamur untuk mengatasi dan menyembuhkan infeksi kuku pada bayi.

 

Source: https://perdoski.id/

Artikel Lainnya

Dari masih newborn Yura selalu pakai diaper, karena aku ambil praktisnya saja dan sejak baru lahir juga Yura sudah pakai produk dari PureBB. Awalnya pakai PureBB Diaper Cream, t...

Kulit bayi memang sangat sensitif dan rentan terkena berbagai masalah kulit bayi yang mengganggu. Kulit bayi lebih mudah terkena iritasi dan rentan terhadap kondisi tertentu, salah satunya leher merah...

Penyebab Sleep Regression pada Bayi Melansir Nature and Science of Sleep, tidak ada alasan pasti yang menjadi penyebab sleep regression pada bayi dan ini akan membuat Moms lebih frus...

Dalam membesarkan anak, terkadang Moms merasa seperti berada dalam sebuah kompetisi dengan para ibu lainnya. Tak jarang kompetisi ini malah berujung membuat Moms saling mempermalukan antar ibu-ibu....

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................