5 Perubahan Fisik Setelah Masa Melahirkan, Jangan Kaget!

Jumat, 30 September 2016 | 16:59 WIB Penulis : Erni Wulandari


Bukan hanya permasalahan berat badan yang akan dilami ibu dari sejak awal hingga sesudah proses melahirkan berlangsung. Memang setelah melahirkan si Kecil. Awalnya pasti ibu akan cuek karena lebih mengutamakan keselamatan cabang bayi dari pada memikirkan kondisi fisik yang akan berubah nantinya.

Namun lambat laun, Ibu pasti akan merasa risih dengan perubahan berat badan atau perut yang dialami. Tenang untuk perubahan perut yang mengendur atau membesar akan kembali normal setelah hitungan bulan saja. Hal itu di ungkapkan oleh dokter spesialis obstetric kebidanan dan kandungan, Alyssa Dweck. Selain adanya perubahan perut, Ibu yang baru melahirkan juga akan mengalami perubahan fisik yang tak biasa seperti di bawah ini.

1. Otot-Otot Akan Menjadi Lemah

Usai melahirkan bayi, otot-otot Ibu yang ada disekitar dasar panggul bisa menjadi lemah. Hal ini memang wajar terjadi. Tapi ibu jangan khawatir kalau ibu sulit menahan kentut ya.

2. Ukuran Vagina Lebih Besar dari Tampon

Tak perlu heran jika usai melahirkan vagina akan lebih besar dari pada Tampon atau alat yang menampung darah haid atau mestruasi setelah melahirkan. Tampon akan mudah lepas sebab vagina masih meregang usai melahirkan.

3. Otot Panggul pun melemah

Setelah melahirkan pun otot-otot panggul akan melemah dan menyebabkan sulit untuk menahan pipis. Jadi jangan kaget ya bu kalau setelah melahirkan ibu akan hilir mudik ke kamar mandi karena sulit menahan pipis. Tapi seiring berjalannya waktu dan jika ibu sering berolahraga kagel bisa membuat kondisi ini seperti sebelumnya.

4. Kaki Lebih Membesar

Selain itu, kaki juga akan lebih besar dari pada biasanya. Untuk itu perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar kaki bisa kembali seperti semula karena tidak semua akan kembali seperti semula sehingga badan anda akan terlihat besar.

5. Rambut banyak yang rontok

Adanya perubahan tingkat hormone pada saat hamil dan usai melahirkan membuat rambut Ibu akan mudah rontok parah. Jangan takut ya bu kalau botak karena hal ini akan terjadi sekitar tujuh bulan saja setelah melahirkan.

 

Sumber : parents.co.id

Artikel Lainnya

Bagaimana cara memilih sabun baju bayi yang benar. Kesalahan memilih deterjen untuk baju bayi akan berdampak pada kesehatan bayi Bunda, baik kesehatan kulit maupun kesehatan fisik. Baju yang tidak ber...

Banyak orangtua muda yang masih bingung mengenai sleep training untuk buah hati. Dilansir Health Essentials, menurut dokter anak Noah Schwartz, MD, sleep training merupakan pr...

Jarak yang terlalu dekat antara melahirkan dengan kehamilan berikutnya atau yang lebih dikenal dengan istilah hamil kesundulan ini, bukan hal yang jarang terjadi. Masih ASI dan belum haid lagi, kok...

Faktor usia menjadi salah satu pertimbangan ketika wanita berniat untuk memiliki momongan lagi. Terlebih ketika usia sudah menginjak kepala 4 dan masih ingin memiliki anak, apakah masih bisa dikatakan...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................