Mengapa Ubi Ungu Tepat Dijadikan Sebagai Makanan Pendamping ASI

Senin, 03 Oktober 2016 | 16:26 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ubi ungu dikatakan pakar merupakan bahan yang tepat bagi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Apa perannya bagi tumbuh kembang anak ?

dr Julistio Djais, SpA(K), MKes, pakar nutrisi anak dari RS Hasan Sadikin Bandung, mengatakan ubi ungu merupakan salah satu makanan tepat bagi bahan MPASI karena mengandung antosianin, zat antioksidan yang baik bagi tumbuh kembang anak. Dikatakan dr Julistio, peran antosianin bagi tumbuh kembang anak penting sebagai bagian dari sistem imun.

"Antioksidan penting karena merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh. Sekitar 70-80 persen sel imun dibentuk dalam saluran pencernaan. Jika anak memiliki pertahanan tubuh yang baik, tumbuh kembangnya pun dapat optimal.

Dijelaskan dr Julistio, pemberian MPASI bagi anak setelah menjalani ASI ekslusif sangat penting karena anak usia di atas 6 bulan tak bisa dipenuhi kebutuhan gizinya hanya dengan ASI. Pemberian MPASI yang tepat dapat mengembangkan sistem kekebalan dan membentuk kolonisasi usus di awal kehidupan dengan bakteri baik.

Pemberian MPASI tinggi antioksidan juga bermanfaat bagi sistem pencernaan secara keseluruhan. Sistem pencernaan yang baik memungkinkan seluruh zat dan nutrisi diserap dengan sempurna sehingga anak tidak mengalami kekurangan.

Prof Ali Khomsan, MS, Guru Besar Departemen Gizi, Institut Pertanian Bogor, menyebut ubi ungu merupakan pilihan MPASI yang tepat karena selain mengandung karbohidrat, ubi ungu juga mengandung mikro nutrien seperti vitamin dan mineral. Sehingga konsumsi ubi ungu sebagai MPASI anak sangat dianjurkan.

"Tapi ingat jangan hanya diberi ubi ungu terus-terusan saja. Divariasikan juga dengan yang lain seperti kacang hijau, pisang, atau susu.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Mandi adalah salah satu kegiatan yang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bayi. Walaupun belum banyak berkegiatan, tetapi bayi memproduksi keringat yang jika menumpuk dapat menimbulkan peny...

Bayi di bawah 6 bulan, hanya membutuhkan asupan garam dari ASI. Ketika memasuki fase MPASI hingga usia 12 bulan, mereka membutuhkan 200 mg sodium/hari yang juga bisa didapat dari makanan.   J...

Baby-led weaning merupakan salah satu metode yang kerap digunakan untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI kepada bayi. Namun, sebelum Bunda menerapkan metode ini kepada Si Kecil, yuk, ke...

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Pemberian Makanan pada Bayi dan Anak (PMBA) yang direkomendasikan oleh WHO, yaitu (1) IMD (Iniasiasi Menyusui Dini), (2) pemberian ASI saja selama usia 0-6 bul...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................