Mengapa Ubi Ungu Tepat Dijadikan Sebagai Makanan Pendamping ASI

Senin, 03 Oktober 2016 | 16:26 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ubi ungu dikatakan pakar merupakan bahan yang tepat bagi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Apa perannya bagi tumbuh kembang anak ?

dr Julistio Djais, SpA(K), MKes, pakar nutrisi anak dari RS Hasan Sadikin Bandung, mengatakan ubi ungu merupakan salah satu makanan tepat bagi bahan MPASI karena mengandung antosianin, zat antioksidan yang baik bagi tumbuh kembang anak. Dikatakan dr Julistio, peran antosianin bagi tumbuh kembang anak penting sebagai bagian dari sistem imun.

"Antioksidan penting karena merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh. Sekitar 70-80 persen sel imun dibentuk dalam saluran pencernaan. Jika anak memiliki pertahanan tubuh yang baik, tumbuh kembangnya pun dapat optimal.

Dijelaskan dr Julistio, pemberian MPASI bagi anak setelah menjalani ASI ekslusif sangat penting karena anak usia di atas 6 bulan tak bisa dipenuhi kebutuhan gizinya hanya dengan ASI. Pemberian MPASI yang tepat dapat mengembangkan sistem kekebalan dan membentuk kolonisasi usus di awal kehidupan dengan bakteri baik.

Pemberian MPASI tinggi antioksidan juga bermanfaat bagi sistem pencernaan secara keseluruhan. Sistem pencernaan yang baik memungkinkan seluruh zat dan nutrisi diserap dengan sempurna sehingga anak tidak mengalami kekurangan.

Prof Ali Khomsan, MS, Guru Besar Departemen Gizi, Institut Pertanian Bogor, menyebut ubi ungu merupakan pilihan MPASI yang tepat karena selain mengandung karbohidrat, ubi ungu juga mengandung mikro nutrien seperti vitamin dan mineral. Sehingga konsumsi ubi ungu sebagai MPASI anak sangat dianjurkan.

"Tapi ingat jangan hanya diberi ubi ungu terus-terusan saja. Divariasikan juga dengan yang lain seperti kacang hijau, pisang, atau susu.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Bayi Anda baru saja selesai menyusu, tidak lama kemudian ia mengeluarkan susu tersebut dari mulutnya. Apakah ia muntah? Atau ia sedang mengalami gumoh? Apa bedanya gumoh dan muntah? Apa itu gumoh? ...

Penyakit diabetes tidak hanya sebatas tipe 1 dan 2, tapi ada juga diabetes yang terjadi saat hamil dan bisa memicu komplikasi. Untuk itu kenali gejala apa saja yang muncul jika seorang ibu hamil terke...

Selama kehamilan, tubuh wanita mengalami beberapa perubahan fisik. Perubahan ini terkadang termasuk perubahan kulit juga. Selain masalah kulit ringan seperti kulit kering, jerawat, dan lain lain, bebe...

Menyusui merupakan proses pemberian nutrisi pada bayi yang dilakukan oleh ibu melalui air susu ibu atau yang biasa disebut dengan ASI. ASI ini merupakan makanan yang sangat baik dan memiliki kandungan...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................