Mengapa Ibu Hamil Mendengkur Ketika Tidur??

Selasa, 21 September 2021 | 16:54 WIB Penulis :


Pada dasarnya, mendengkur bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali ibu hamil. Melansir dari laman What to Expect, mendengkur saat hamil relatif umum terjadi. Bahkan, menurut studi, diperkirakan sebanyak 49% wanita mendengkur saat hamil, dan banyak dari mereka yang tidak pernah mendengkur sebelumnya.

Lantas, apa yang menjadi penyebab mendengkur saat hamil? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini, Moms!

Penyebab Mendengkur saat Hamil 

1. Adanya Pembengkakan di Saluran Hidung

Dikutip dari Sleep Foundation, diketahui sekitar 30% wanita mendengkur saat hamil. Hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan di saluran hidung yang dapat menghalangi saluran udara. Pembengkakan di saluran hidung dapat terjadi karena adanya peningkatan kadar hormon kehamilan, yang menyebabkan selaput lendir di hidung Anda membengkak. Alasan inilah yang membuat Anda lebih mudah mendengkur saat masa kehamilan.

2. Penambahan Berat Badan

Mendengkur saat hamil juga bisa disebabkan oleh adanya penambahan berat badan. Menurut studi yang berjudul Sleep Disordered Breathing in Pregnancy, saat rahim Anda membesar, diafragma Anda juga akan ikut terdorong ke atas, sehingga menciptakan volume residu yang lebih rendah di paru-paru yang dapat membuat tenggorokan Anda mengalami obstruksi dan mendengkur.

3. Bernapas untuk Dua Orang

Saat hamil, Anda tidak hanya makan untuk dua orang, tetapi Anda juga bernapas untuk dua orang! Kehamilan memang dapat mengubah beberapa hal, termasuk dalam hal bernapas. Berdasarkan studi tahun 2015, meningkatnya dorongan pernapasan dan jumlah udara yang Anda hirup dalam waktu tertentu bisa menciptakan tekanan negatif yang dapat menyebabkan Anda mendengkur.

 

Haruskah khawatir?

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwawanita hamil yang mendengkur memiliki risiko lebih besar mengalami komplikasi dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak mendengkur. Tapi Anda jangan panik! Melansir dari laman Snorelab, mendengkur saat hamil bukanlah penyebab langsung munculnya masalah kesehatan yang terkait dengan mendengkur.

Dua studi oleh tim ilmuwan AS pada 2012 dan 2013 menemukan bahwa mendengkur saat hamil memiliki risiko lebih besar mengalami pre-eklampsia, komplikasi persalinan, dan bayi memiliki berat badan lahir rendah.

Namun, penting untuk dicatat di sini adalah bahwa studi ini berbicara tentang dengkuran kronis dan merujuk pada wanita yang sudah mendengkur bahkan sebelum masa kehamilan. Jadi, jika Anda baru mengalami dengkuran sejak hamil, Anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi, jika Anda khawatir tentang dengkuran Anda yang disertai dengan kelelahan berlebih pada siang hari dan mengalami sleep apnea, segera periksakan diri ke dokter.

 

Source: https://motherandbeyond.id/

Artikel Lainnya

Meski diperbolehkan untuk tidak berpuasa saat menyusui, nyatanya banyak mom yang rindu ingin menjalankan ibadah puasa di bulan suci. Lalu bagaimana caranya mom menyusui puasa tetapi ASI bisa tetap lan...

Perhatian positif dapat membangun gambaran tentang betapa berharganya seorang anak kelak Perhatian dari orangtua merupakan salah satu hal yang penting bagi bayi dan anak-anak, Ma. Salah satu bentuk...

Menyaksikan tahapan perkembangan bayi pasti sangat menyenangkan untuk Mama dan Papa. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, pemantauan tumbuh kembang anak pada 1.000 hari pertama kehidupan sangat penti...

American Academy of Pediatrics menyarankan para mama untuk menunda anak menonton televisi hingga usianya dua tahun.  Karena hingga usia ini, bayi membutuhkan interaksi antarmanusia, baik den...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................