Orang Tua Wajib Tahu, Ini Gejala-gejala Bayi Terserang Infeksi Virus

Senin, 24 Oktober 2016 | 15:27 WIB Penulis : Erni Wulandari


Jika bayi atau anak balita menunjukkan kondisi tak biasa seperti diare, mual dan demam tinggi, perhatikan apakah ada kemungkinan anak terinfeksi virus. Dengan begitu, anak bisa segera dibawa ke dokter dan mendapatkan pengobatan segera.

Seperti disampaikan oleh dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya. Baru-baru ini ia menjelaskan bahwa infeksi virus seperti rotavirus dan adenovirus, serta bakteri salmonella seringkali menunjukkan gejala khas.

Untuk rotavirus, gejala yang muncul biasanya berupa demam, diare, mual serta muntah-muntah. Sedangkan gejala yang muncul untuk adenovirus biasanya bergantung pada lokasi di mana infeksi tersebut terjadi.

"Kalau yang diserang sistem pencernaan misalnya, gejala yang muncul bisa serupa dengan infeksi rotavirus.

Sementara itu, kontaminasi salmonella pada produk makanan dapat mengakibatkan demam tinggi, diare, nyeri perut, serta pusing dan sakit kepala.

"Infeksi salmonella juga sering menimbulkan gejala pada kulit seperti kulit terasa gatal dan timbul bercak-bercak kemerahan. Bahkan pasien bisa juga sampai kehilangan kesadaran.

Saat bayi sudah menunjukkan gejala diare, jika anak tak mau minum perlu diwaspadai karena risiko berikutnya anak bisa lemas karena dehidrasi. Pada bayi, kondisi ini seringkali membuatnya lemas dan menjadi malas menyusu.

Baru-baru ini di Queensland, Australia terjadi kasus di mana seorang bayi bernama Logan (10 bulan) terinfeksi oleh rotavirus, adenovirus dan salmonella.

Menurut dokter setempat, virus ini diduga datang dari pegangan troli tempat Logan duduk saat menemani ibunya, Vivienne Wardrop, berbelanja. Gejala yang ia alami yakni muntah-muntah, demam tinggi dan dehidrasi.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Virus Zika, layaknya virus penyakit lainnya bisa dihindari. Ini yang dapat dilakukan agar anak terhindar dari infeksi virus Zika.   1. Hindarkan anak dari gigitan nyamuk dengan mengoleskan kri...

Anak-anak biasanya belajar perawatan diri fisik (misalnya, istirahat, makan sehat, dll.) terlebih dahulu sebelum perawatan diri mental (misalnya, memahami ketika mereka perlu istirahat untuk menenangk...

Merawat bayi merupakan kewajiban utama seorang ibu, tak terkecuali bagi ibu yang bekerja. Hal ini kadang membuat seorang ibu stres karena menjalankan kedua peran sekaligus dirasa begitu sulit. Lalu, b...

16 Refleks Pada Bayi Yang Harus Dikenali Sejak Lahir 1. Refleks menghisap ( suckling reflex ) Bayi akan melakukan gerakan menghisap ketika anda menyentuhkan puting susu ke ujung mulut bayi. Refleks...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................