Begini Cara Tepat Mengolah Buah dan Sayur Agar Vitaminnya Tak Hilang

Selasa, 04 Oktober 2016 | 16:58 WIB Penulis : Erni Wulandari


Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral terbaik. Sayangnya, karena proses pencucian, penyimpanan dan pengolahan yang kurang tepat, nutrisi yang ada menjadi mudah hilang.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara tepat mengolah sayur dan buah, supaya nutrisinya tetap terjaga. Seperti apa? Dikatakan oleh dr Verawati S., SpGK atau dr Vera dari RS Kemang Medical Care (KMC), ada beberapa langkah yang perlu dilakukan saat baru saja membeli sayur dan buah, yang kemudian hendak disimpan.

"Pertama cek, cuci bersih, lalu dipisahkan sesuai penggunaan. Ingat ya, cucinya jangan direndam di baskom, tapi dibilas di air mengalir. Saat memotong-motong, gunakan talenan yang berbeda dengan talenan untuk memotong daging.

Rendam sayur yang sudah dicuci dan dipotong dalam air bersih selama satu jam, dikeringkan, lalu dimasukkan ke dalam lemari es. "Jangan baru beli langsung dimasukkan ke dalam kulkas, lalu dicucinya baru pas mau dimasak. Cuci dulu baru disimpan di dalam kulkas.

Cara membersihkan buah yang dianjurkan oleh pakar gizi lainnya, Jansen Ongko, MSc, RD, Jansen adalah dengan mencucinya menggunakan air mengalir. Boleh juga jika Anda memilih untuk menggunakan sabun khusus untuk membersihkan buah dan sayur. Asalkan setelah itu pastikan Anda membilasnya sampai bersih. Jangan lupa digosok-gosok kulitnya saat mencuci.

Untuk proses pengolahan, dr Vera menuturkan bahwa retensi vitamin berkurang pada proses pemasakan yang terlalu panas dalam jangka waktu lama. Misalnya direbus terlalu lama dan digoreng.

"Lebih baik dikukus. Untuk makanan pendamping ASI (MPASI) juga begitu, dikukus lalu diblender. Semua proses pemasakan memang bikin boros vitamin keluar, tapi saya lebih menganjurkan proses masaknya dikukus.

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Sesaat setelah bayi lahir, umumnya pihak rumah sakit akan langsung memandikannya. Padahal faktanya, semakin lama Anda menunda waktu mandi pertama bayi Anda yang baru saja lahir, semakin baik hal terse...

Mendengar bayi mulai mengoceh di usia 6 sampai 8 bulan menjadi salah satu momen istimewa untuk kebanyakan orang tua. Hal ini merupakan salah satu tonggak penting perkembangan bahasanya. Namun tahukah ...

Jika payudara terasa nyeri, lebih sensitif, bengkak, hingga luka, sebaiknya ibu mempelajari cara merawat payudara agar ASI lancar.   Ya Moms, data dari International Breastfeeding Journal m...

Dari masih newborn Yura selalu pakai diaper, karena aku ambil praktisnya saja dan sejak baru lahir juga Yura sudah pakai produk dari PureBB. Awalnya pakai PureBB Diaper Cream, t...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................