Mengenal Preeklampsia Pada Ibu Hamil

Jumat, 07 Januari 2022 | 12:42 WIB Penulis :


Keracunan kehamilan adalah istilah yang tadinya digunakan untuk menyebut preeklampsia pada ibu hamil, atau juga bisa disebut eklampsia.

Kondisi ini dialami oleh sebagian besar ibu hamil, bersalin, dan dalam masa nifas, dan biasanya dimulai pada sekitar dua bulan kehamilan.

Sejauh ini berbagai penelitian belum menemukan penyebab preeklampsia pada ibu hamil secara pasti dan gejalanya sering kali juga tidak terasa. Bahayanya, kondisi ini lebih berisiko terjadi pada sebagian ibu hamil.

Berikut ini adalah rangkuman seputar informasi mengenai preeklampsia pada ibu hamil. 

 

Pengertian Preeklampsia pada Ibu Hamil

Melansir National Health Service, keracunan kehamilan (preeklampsia dan eklampsia) adalah suatu kondisi yang berpotensi berbahaya dan dapat berkembang dengan sendirinya pada wanita hamil.

Preeklampsia pada ibu hamil terdiri dari tiga tanda:

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Protein urine (proteinuria)
  • Pembengkakan cairan dalam tubuh (edema)

Preeklampsia pada ibu hamil sering kali disertai komplikasi kehamilan dan tanda-tanda kerusakan pada sistem organ lain. Preeklampsia biasanya berkembang setelah 20 minggu (trimester kedua) kehamilan, dimana justru pada ibu hamil dengan tekanan darah telah normal.

Terkadang beberapa dari mereka tidak menunjukkan tanda-tanda kelainan vaskular atau hipertensi sebelumnya. Bahkan sedikit saja kenaikan tekanan darah pada ibu hamil bisa menjadi salah satu ciri-ciri preeklampsia.

Jika tidak diobati, preeklampsia pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan fatal selama kehamilan.

Jika Moms didiagnosis dengan preeklampsia terlalu dini, sebaiknya hindari risiko tersebut dengan tindakan pencegahan sebagaimana mestinya.

 

Source: https://www.orami.co.id/

Artikel Lainnya

Berat badan merupakan salah satu faktor yang harus benar – benar Bunda perhatikanketika dalam masa kehamilan. Pasalnya ideal atau tidaknya berat badan Bunda tersebut sedikit banyak dapat berpeng...

Menghukum anak dengan cara memukul dan menjewer, memang sangat ampuh untuk membuat anak yang berulah untuk diam dan nurut. Namun, hati-hati untuk orangtua yang menerapkan pukulan sebagai metode pol...

Rotavirus adalah salah satu virus yang bisa membahayakan Si Kecil. Jadi, cobalah untuk selalu menjaga kebersihan Si Kecil, ya! Dilansir dari Centers of Disease Control and Prevention, Rotaviru...

Setelah si Kecil memasuki usia satu tahun, jenis minuman yang sudah dapat dikonsumsi bertambah jenisnya. Salah satunya adalah susu sapi full cream , baik dalam bentuk susu segar, susu bubuk,...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................