Kapan vernix caseosa akan hilang?

Rabu, 02 Maret 2022 | 16:26 WIB Penulis :


Manfaat vernix caseosa

Manfaat utama cairan lemak vernix caseosa adalah untuk melindungi dan menghidrasi kulit bayi.Apalagi, lapisan ini juga bermanfaat bagi bayi saat dalam kandungan dan setelah ia lahir.Penelitian menunjukkan bahwa mungkin ada beberapa manfaat lainnya, seperti:

1. Melumasi jalan lahir

Tak jarang, ibu mengalami kesulitan saat proses persalinan. Ketika bayi memiliki lapisan vernix caseosa yang cukup, ini berfungsi sebagai pelumas alami.Verniks kaseosa mempunyai konsistensi yang berminyak dan licin seperti lilin. Dalam kandunga, ini bermanfaat sebagai pelindung untuk cairan di dalam rahim.Selain itu, cairan atau gumpalan ini juga bermanfaat sebagai pelumas alami. Ini bertujuan untuk meminimalisasi gesekan saat bayi melewati jalan lahir.

2. Mencegah terjadinya infeksi

Sistem imun bayi baru lahir tergolong rendah, sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit. Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imunnya adalah menyusui.Selain itu, ternyata vernix caseosa juga dapat melindungi bayi terhadap infeksi setelah lahir. Caranya, verniks dapat menjadi penghalang bakteri masuk ke kulit bayi.Lalu, lapisan tersebut mengandung antioksidan, sifat anti infeksi, dan anti inflamasi.

3. Menjaga suhu tubuh bayi

Setelah lahir, bayi membutuhkan waktu untuk mengatur suhu tubuhnya sendiri. Maka dari itu, penting untuk memberikan selimut serta menjaga suhu ruangan yang tepat.Perlu Anda ketahui, membiarkan lapisan vernix caseosa selama mungkin, juga menjadi cara alami menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Salah satu studi menunjukkan bahwa cairan vernix mengurangi risiko hipotermia.

4. Melembapkan kulit bayi

Manfaat lainnya dari vernix caseosa atau lemak putih pada bayi baru lahir ini adalah membantu melembapkan kulitnya. Zat yang satu ini adalah pelembap alami yang dapat melindungi kulit dari kekeringan serta pecah-pecah, sehingga membuat kulit bayi menjadi lebih lembut dan halus.

 

Kapan vernix caseosa hilang?

Tidak perlu repot mencari cara menghilangkan vernix caseosa pada bayi. Gumpalan putih seperti lemak atau krim keju ini lama kelamaan akan menyerap ke dalam kulit, layaknya pelembap.Jadi, setelah terserap ke dalam kulit, perawat bisa langsung membersihkan sisanya terlebih dahulu, lalu memandikannya. Terlepas dari seberapa banyak atau sedikit verniks kaseosa yang tersisa pada bayi baru lahir, pertimbangkan untuk menjaga lapisan tersebut selama mungkin.Belum ada rekomendasi mengenai waktu maksimum verniks caseosa tetap berada di kulit bayi.Namun, penelitian menujukkan bahwa manfaatnya akan lebih terasa antara 24 dan 48 jam setelah lahir. Sedangkan WHO, merekomendasikan untuk menunda minimal 6 jam sebelum memandikannya atau menunggu setidaknya 24 jam.

 

Source: www.sehatq.com/

Artikel Lainnya

Bagi mama baru, memiliki newborn merupakan momen yang sangat istimewa sekaligus momen untuk ia belajar mengenal bayi barunya. Hari-hari pertama Mamas bersama Si Newborn menjadi penuh kegembiraan, s...

Bayi Moms mungkin belum sampai berusia satu tahun, tapi tentunya ia telah banyak mengalami perubahan fisik, mental, sosial dan emosional. Tidak hanya ia menjadi lebih tertarik dengan dunia yang ada di...

Perubahan hormon tidak hanya berpengaruh pada kondisi fisik dan emosional ibu hamil, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit dan masalah kulit. Tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, penyakit ku...

Ibu mungkin berpikir bahwa memberikan air putih untuk bayi bisa menjadi selingan selain ASI eksklusif. Sebagi contoh, saat bayi terbangun tengah malam tetapi persediaan ASI perah sedang kosong dan ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................