Mengenal Pityriasis Alba

Rabu, 02 Maret 2022 | 16:48 WIB Penulis :


Apa itu pityriasis alba?

Pityriasis alba (pitiriasis alba) adalah penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya bercak bersisik berwarna merah muda atau keputihan. ‘Pityriasis’ sendiri memiliki arti pengerakan kulit, sedangkan ‘alba’ berarti putih.

Nantinya, bercak tersebut akan meninggalkan bekas yang berwarna lebih pucat daripada kulit di sekitarnya. Bekas ini akan lebih terlihat jelas pada orang-orang yang memiliki kulit berwarna lebih gelap.

Anda tak perlu khawatir berada di dekat penderita pityriasis alba, sebab penyakit ini tidak menular kepada orang lain.

Seberapa umum kondisi ini?

Kondisi ini cukup umum terjadi pada banyak orang, baik tua maupun muda. Namun, anak-anak dan remaja dalam rentang usia 3 – 16 tahun lebih sering mengalaminya.

 

Gejala

Apa saja tanda dan gejala pityriasis alba?

Seperti yang sudah disebutkan, gejala yang paling menonjol dari kondisi ini adalah kemunculan bercak-bercak merah terang atau merah muda pucat di kulit.

Bentuknya ada yang oval dan bundar, ada juga yang bentuknya tidak beraturan. Tekstur bercak biasanya membuat kulit kering dan bersisik.

Umumnya bercak ini muncul pada wajah, lengan atas, leher, dan dada. Setelah beberapa minggu, warna bercak bisa makin memudar menjadi lebih pucat. Ada bercak yang hilang total dalam beberapa bulan, tetapi ada juga yang bisa bertahan selama beberapa tahun.

Gejala pityriasis alba cenderung kambuh kala udara panas. Pinggiran bercak bisa berubah warna menjadi kecoklatan saat terkena panas.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Bicarakan dengan dokter jika Anda mengalami:

  • gatal pada kulit atau timbul bercak merah berlangsung terus-menerus sampai membuat Anda sakit dan tidak nyaman,
  • membuat Anda khawatir terhadap penampilan karena banyaknya bercak merah,
  • menimbulkan masalah sendi, seperti nyeri, bengkak atau yang mengganggu aktivitas sehari-hari, serta
  • sulit melakukan rutinitas akibat bercak merah

 

Apa pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pityriasis alba?

Berikut gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi pityriasis alba.

  • Gunakan obat sesuai dengan resep dokter.
  • Beritahu dokter tentang semua obat yang Anda gunakan, termasuk obat-obatan tanpa resep.
  • Hindari kulit terkena sinar matahari secara langsung. Rutin gunakan tabir surya minimal SPF-30 setiap kali akan keluar rumah, dan oles ulang setiap 2 jam sekali.
  • Menjaga kebersihan kulit dengan baik.
  • Rutin menemui dokter untuk memeriksa kondisi kulit Anda.

Jika pada ruam merah ada rasa gatal, gunakan krim hidrokortison 1% yang dapat digunakan tipis-tipis. Pengobatan di rumah harus dilakukan dengan telaten. Untuk sampai ke waktu pemulihan kadang-kadang bisa memakan waktu beberapa bulan.

Jangan lupa juga untuk menghindari cedera kulit dan kulit kering. Kondisi ini dapat memperparah gejalanya.

Selain untuk menekan risiko kekambuhan gejala, tabir surya berfungsi menghindari bercak berubah menggelap kecoklatan dan sulit pudar. Pemakaian tabir surya membantu proses pemudaran warna bercaknya lebih cepat.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

 

Source: hellosehat.com/

Artikel Lainnya

Bayi memiliki berbagai reaksi ketika diletakkan menghadap ke bawah di lantai. Sampai bayi mengembangkan otot-otot yang diperlukan untuk mengangkat kepala sendiri, banyak bayi yang menunjukkan rasa tid...

Diperlukan cara merawat kulit sensitif dan alergi pada bayi yang tepat untuk menjaga kesehatan si kecil. Ya, Moms, bayi mempunyai kulit yang cenderung lebih tipis dibandingkan orang dewasa, sehingga m...

Ibu tentu sudah sering mendengar berbagai macam manfaat musik bagi anak maupun bayi, termasuk ketika ia masih berada dalam kandungan. Walau banyak yang meyakini bahwa musik klasik adalah musik terbaik...

Saat hamil, seorang Ibu benaknya selalu diliputi dengan pertanyaan dan imajinasi. Dari pertanyaan hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika si Kecil sudah lahir hingga bagaimana wajah si Kecil nanti...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................