Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak yang Tidak Bisa Diulang

Jumat, 03 Juni 2022 | 11:07 WIB Penulis :


Apa yang dimaksud 1000 hari pertama kehidupan?

Masa 1000 hari pertama kehidupan dimulai sejak masa kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari).

Ini adalah masa kritis di mana anak bertumbuh dan berkembang dengan sangat cepat dan signifikan. Masa ini tidak bisa terulang dan tidak terjadi pada kelompok usia lain.

Pada masa ini, kesehatan ibu sejak kehamilan sangat berpengaruh pada kehidupan anak.

Begitu anak lahir, faktor lingkungan, nutrisi, serta hubungan antara anak dan orangtua juga memengaruhi kesehatan dan kesejahteraannya.

Selain disebut masa kritis, Kementerian Kesehatan mendefinisikan 1000 HPK sebagai window of opportunities atau periode emas.

Artinya, masa 1000 HPK ini merupakan kesempatan bagi orangtua untuk membangun dan menetapkan fondasi kesehatan dan perkembangan anak yang optimal.

Menurut Unicef, memberi dukungan yang tepat pada masa ini membantu anak bertahan hidup serta meningkatkan kemampuannya untuk tumbuh, belajar, dan bangkit dari kemiskinan.

Bahkan, mengingat pentingnya masa ini, pemerintah terus menggalakkan program 1000 HPK sejak 2010.

Program ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan banyak pihak guna memberi perhatian khusus kepada ibu hamil hingga anak berusia 2 tahun, terutama kebutuhan pangan, kesehatan, dan gizinya.

Pentingnya 1000 hari pertama untuk kehidupan anak

Ada beberapa alasan mengapa 1000 HPK sangat penting untuk keberlangsungan hidup anak hingga ia dewasa. Berikut adalah beberapa alasan tersebut.

1. Otak anak berkembang secara signifikan

Masa 1000 hari pertama kehidupan merupakan masa kritis bagi perkembangan otak anak.

Pada masa ini, otak anak berkembang lebih pesat dan plastisitas otak anak pun berada pada tingkat tertinggi dibandingkan waktu lain dalam kehidupannya.

Perkembangan otak yang pesat ini dimulai sejak akhir trimester kehamilan hingga dua tahun kehidupan awal seorang anak.

Perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir sudah mempunyai sekitar 100 miliar sel otak yang terus berkembang dengan sangat pesat pada awal-awal kehidupan.

Dalam 1000 hari pertama kehidupan, lebih dari 1 juta koneksi saraf baru pada otak anak pun terbentuk setiap detik.

Jalur sensorik, seperti penglihatan dan pendengaran, merupakan hal pertama yang berkembang di otak. Selanjutnya, diikuti dengan perkembangan kemampuan bahasa dan fungsi kognitif.

Dalam proses perkembangannya tersebut, otak terbentuk dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Ini termasuk kecukupan nutrisi pada ibu hamil dan anak, kondisi lingkungan rumah, kesehatan mental ibu, serta stimulasi untuk perkembangan otak anak.

Lingkungan yang mendukung dapat memberi dampak positif pada perkembangan bahasa anak dan fungsi kognitif lainnya hingga memengaruhi perilaku dan kecerdasan.

Sementara lingkungan yang tidak mendukung dapat mengganggu perkembangan otak anak secara permanen, seperti menyebabkan kemampuan kognitif anak yang rendah atau gangguan perilaku pada anak.

Tak hanya itu, hal ini juga dapat memengaruhi kekebalan tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada anak di kemudian hari, seperti:

2. Tinggi badan anak bertambah dengan cepat

Tak hanya perkembangan otak, perkembangan fisik anak pun melaju dengan cepat pada periode ini.

Anda bisa membandingkan sendiri, berapa sentimeter tinggi badan anak yang sudah bertambah dari lahir sampai usia 2 tahun.

Bahkan, menurut Kids Health, tinggi anak usia 2 tahun sudah mencapai sekitar setengah dari tinggi mereka saat dewasa nantinya.

Oleh karena itu, pada 1000 hari pertama kehidupan ini, berat dan panjang atau tinggi badan anak Anda akan selalu dipantau selama pemeriksaan kesehatan.

Namun, faktor lingkungan yang tidak mendukung pun dapat menyebabkan kenaikan tinggi badan anak yang tak optimal.

Badan anak mungkin tidak setinggi teman seusianya karena tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Anak pun dikhawatirkan memiliki tubuh pendek atau stunting hingga dewasa kelak.

Pada anak bertubuh pendek, Anda mungkin tidak perlu khawatir karena ia masih bisa bertumbuh tinggi seperti teman-teman seusianya saat faktor lingkungannya diperbaiki.

Misalnya, dengan memberikan nutrisi yang lebih baik. Namun, bila terjadi stunting, kondisi ini bisa dialami anak hingga ia dewasa nantinya.

Bahkan, anak perempuan yang stunting berisiko melahirkan seorang anak yang stunting pula saat ia dewasa nanti.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk memikirkan berat dan tinggi badan anak pada 1000 hari pertama kehidupannya ini.

Hal yang harus dilakukan pada 1000 hari pertama kehidupan anak

Untuk mendukung periode emas anak ini, banyak yang perlu orangtua lakukan sejak anak di dalam kandungan sampai ia bertumbuh dan berkembang setelah dilahirkan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu orangtua lakukan dalam masa 1000 hari pertama kehidupan anak.

  • Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang selama kehamilan.
  • Hindari merokok, konsumsi alkohol, dan penyalahgunaan obat-obatan.
  • Mengontrol stres saat hamil hingga ketika merawat anak.
  • Cari bantuan jika mengalami trauma atau kekerasan rumah tangga yang bisa memengaruhi mental anak.
  • Pemberian ASI eksklusif, termasuk inisiasi menyusui dini (IMD) begitu bayi dilahirkan.
  • Memberi makanan sehat untuk anak dengan gizi yang seimbang sejak makan pertama atau MPASI.
  • Menjaga hubungan antara orangtua dan anak, misal dengan melakukan aktivitas bersama anak yang menyenangkan dan menstimulasi otaknya (bermain, bernyanyi, atau membaca buku).
  • Buat anak Anda merasa aman dan dicintai.
  • Buat lingkungan rumah yang menyenangkan dan hindari pertengkaran atau kekerasan dalam rumah tangga.

Itulah pentingnya mengoptimalkan segala aspek di 1000 hari pertama kehidupan si kecil. Jika ada pertanyaan terkait hal ini, Anda bisa langsung mengonsultasikannya dengan dokter anak.

Source: hellosehat.com

 

Artikel Lainnya

Sudah menjadi hal wajib bagi orang tua untuk mengetahui bagaimana cara merawat bayi baru lahir. Tidak hanya mengetahui bagaimana mengatasi bayi menangis, Anda juga perlu mengetahui takaran air puti...

Ukuran perut ibu hamil pada setiap Ibu sering dibanding-bandingkan satu sama lain. Apalagi bila usia kehamilan sudah semakin bertambah, namun perut Ibu masih juga kecil. Padahal itu tidak bisa dijadik...

Preeklampsia merupakan penyebab kematian kedua terbesar pada kehamilan di dunia. Kematian pada umumnya terjadi akibat keterlambatan penanganan serta ketidaktahuan ibu mengenai Preeklampsia. Dan di neg...

Setelah seharian di kantor, tak jarang setibanya di rumah anak malah rewel. Bagaimana mengatasinya ? Simak 6 langkah berikut : 1. Beri makan lebih cepat. Sebelum tiba di rumah, orangtua bisa menug...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................