Minum Susu Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak?

Jumat, 04 November 2016 | 17:43 WIB Penulis : Erni Wulandari


Coba ingat-ingat, mengapa si kecil jadi rewel dan sulit ditenangkan? Apakah dia kurang tidur, atau tidurnya gelisah sehingga tidak nyenyak? Bagaimana pun, setiap orang membutuhkan kuantitas dan kualitas tidur yang baik, terutama si kecil. 

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics mendapati bahwa anak usia di bawah 7 tahun yang memiliki kualitas tidur yang buruk bisa memicu terjadinya masalah berat badan dan memberikan efek negatif pada fisik, emosi, serta kesehatan sosialnya.

Karena itu, orangtua sebaiknya mencari cara terbaik untuk memastikan buah hati mereka mendapatkan jam tidur dengan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Salah satunya dengan memberikan susu sebelum tidur. Berikut beberapa hal yang menunjukkan bahwa minum susu membuat bayi tidur lebih nyenyak:

•  Bayi lebih banyak minum susu pada malam hari. Sebuah studi menunjukkan bahwa 20 persen dari asupan susu bayi dalam sehari dibutuhkan pada malam hari. Mayoritas bayi dalam studi ini minum susu pada malam hari (64 persen), dan mereka diberi susu antara satu hingga tiga kali selama periode tidur mereka. Untuk bayi yang pertambahan berat badannya masih lambat, minum susu pada malam hari memberikan perbedaan besar karena makin banyak minum susu makin banyak kalori yang didapatkan untuk pertumbuhan.

• Susu yang hangat akan menenangkan perut. Kebanyakan orang akan tidur lebih nyenyak ketika perut mereka tidak kosong. Begitu juga dengan bayi; mereka akan tertidur setelah minum susu karena perut mereka sudah kenyang. Jadi, wajar kan, mengapa minum susu membuat bayi tidur lebih nyenyak?

• ASI mengandung tryptophan, asam amino pendorong tidur, terutama di malam hari. Tryptophan juga merupakan pendorong  serotonin (hormon yang mengatur mood dan siklus tidur), serta meningkatkan perkembangan otak dan fungsinya. Selain itu, pemberian ASI memungkinkan bayi melakukan kontak kulit dengan sang ibu, sehingga menurunkan stres dan membuat bayi lebih mudah tertidur.

• Selain susu, segala produk olahan susu seperti keju dan yogurt juga bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak. Kandungan kalsium dalam susu akan membantu otak menggunakan tryptophan untuk memproduksi hormon "rileks", melatonin. Plus, kalsium juga bisa membantu pengatur pergerakan otot.

•  Susu yang hangat tentunya juga akan memberi rasa nyaman. Orang akan tidur lebih nyenyak ketika tubuh mereka hangat, karena otot-otot menjadi lebih rileks. Ketika suhu tubuh meningkat, tubuh juga memperlambat responsnya. Lambatnya respons tubuh itulah yang akan mendorong kita untuk tidur.

Ternyata, sederhana saja kan alasan minum susu bikin bayi tidur lebih nyenyak?

 

Sumber : tabloid-nakita.com

Artikel Lainnya

Para ibu pasti pernah mengalami si Kecil rewel saat ditinggal. Maunya digendong ibunya, dan saat ibunya jauh sedikit saja anak langsung menangis atau rewel. Di satu sisi, rasanya terharu karena anak i...

Cara memasak ternyata berperan menentukan kualitas nutrisi masakan!   Dalam mengolah masakan, biasanya kita hanya fokus memerhatikan bahan bakunya saja. Pastikan Bunda juga memerhatikan proses ...

Kalau sudah digendong, bayi Bunda pasti menangis begitu diturunkan. Meski sudah mengantuk, ia pun tak akan bisa langsung terlelap di boksnya, sebelum digendong sambil diayun. Apakah itu karena ia tela...

Anda mungkin penasaran tentang berapa lama bayi perlu tidur atau tahapan tidur apa saja yang dialami bayi. Yuk pahami siklus tidur bayi agar bisa membantu Anda mengatasi masalah tidur yang dialaminya....

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................