Cara Mengatasi Bisul Pada Bayi

Kamis, 14 Juli 2022 | 16:39 WIB Penulis :


Bagi wanita yang baru pertama kali mempunyai bayi pasti terasa cukup berat dan terkadang melelahkan. Bayi yang baru lahir memang tidak bisa dikatakan mudah untuk mengurusnya. Salah sedikit bayi malah bisa rewel dan membuat ibu stres. Hal terpenting yang harus ibu lakukan adalah selalu memastikan asupan nutrisi dan kebersihan bayi.

Salah satu masalah yang sebetulnya tidak terlalu serius tapi dapat membuat bayi rewel adalah bisul. Bisul memang dapat menyerang siapa saja termasuk bayi. Biasanya, bisul akan muncul seperti benjolan merah pada kulit yang disebabkan oleh bakteri atau alergi.

Area yang umumnya terkena bisul antara lain wajah, leher, dahi, bahu, ketiak, bokong, dan paha. Pada bagian bisul biasanya akan muncul titik putih atau kuning yang bisa disebut sebagai mata bisul. Mata bisul ini bisa saja pecah atau tidak, tetapi jika pecah ibu wajib segera membersihkannya agar tidak menyebabkan masalah lainnya.

Cara Mengatasi Bisul pada Bayi

Apabila ibu menemukan gejala benjolan kemerahan pada bayi dan disertai titik putih atau kuning pada tengahnya, ibu wajib melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi nya:

  1. Kompres dengan Air Hangat

Cara mudah untuk mengatasi bisul pada bayi adalah dengan merendam handuk ke dalam air hangat, kemudian meletakkannya pada bisul selama beberapa saat. Kompres dengan air hangat ini akan meredakan rasa sakit sekaligus mendorong keluarnya nanah. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Hindari Memencet Bisul

Ibu juga dilarang keras untuk memaksa mengeluarkan nanah di dalam bisul dengan cara memencetnya. Sebab, apabila ternyata bisul belum cukup matang, infeksi bakteri ini dapat melebar ke permukaan kulit lainnya dan membuat nyeri semakin parah. Akibatnya, bayi akan semakin rewel.

  1. Gunakan Bahan Alami

Bahan alami yang memiliki fungsi sebagai antiseptik adalah gel lidah buaya. Oleskan sebanyak 3 kali sehari ke permukaan kulit yang terkena bisul. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan madu untuk mengatasi bisul pada bayi. Madu sendiri dikenal memiliki sifat antiseptik yang ampuh mengatasi infeksi bakteri seperti bisul.

 

Source: https://www.halodoc.com/

Artikel Lainnya

Seperti yang diketahui air kelapa memiliki segudang manfaat lho Bun. Selain dapat menangkal rasa dahaga, air kelapa juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk kesehatan bayi. Berdas...

Baby-led weaning merupakan salah satu metode yang kerap digunakan untuk memperkenalkan makanan pendamping ASI kepada bayi. Namun, sebelum Bunda menerapkan metode ini kepada Si Kecil, yuk, ke...

Dalam membesarkan anak, terkadang Moms merasa seperti berada dalam sebuah kompetisi dengan para ibu lainnya. Tak jarang kompetisi ini malah berujung membuat Moms saling mempermalukan antar ibu-ibu....

Di Indonesia, jumlah pasien yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 terus bertambah. Agar tingkat penyebarannya tidak semakin parah, pemerintah menyarankan masyakarat untuk tetap berada di rumah da...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................