Cara Mengatasi Bisul Pada Bayi

Kamis, 14 Juli 2022 | 16:39 WIB Penulis :


Bagi wanita yang baru pertama kali mempunyai bayi pasti terasa cukup berat dan terkadang melelahkan. Bayi yang baru lahir memang tidak bisa dikatakan mudah untuk mengurusnya. Salah sedikit bayi malah bisa rewel dan membuat ibu stres. Hal terpenting yang harus ibu lakukan adalah selalu memastikan asupan nutrisi dan kebersihan bayi.

Salah satu masalah yang sebetulnya tidak terlalu serius tapi dapat membuat bayi rewel adalah bisul. Bisul memang dapat menyerang siapa saja termasuk bayi. Biasanya, bisul akan muncul seperti benjolan merah pada kulit yang disebabkan oleh bakteri atau alergi.

Area yang umumnya terkena bisul antara lain wajah, leher, dahi, bahu, ketiak, bokong, dan paha. Pada bagian bisul biasanya akan muncul titik putih atau kuning yang bisa disebut sebagai mata bisul. Mata bisul ini bisa saja pecah atau tidak, tetapi jika pecah ibu wajib segera membersihkannya agar tidak menyebabkan masalah lainnya.

Cara Mengatasi Bisul pada Bayi

Apabila ibu menemukan gejala benjolan kemerahan pada bayi dan disertai titik putih atau kuning pada tengahnya, ibu wajib melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi nya:

  1. Kompres dengan Air Hangat

Cara mudah untuk mengatasi bisul pada bayi adalah dengan merendam handuk ke dalam air hangat, kemudian meletakkannya pada bisul selama beberapa saat. Kompres dengan air hangat ini akan meredakan rasa sakit sekaligus mendorong keluarnya nanah. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Hindari Memencet Bisul

Ibu juga dilarang keras untuk memaksa mengeluarkan nanah di dalam bisul dengan cara memencetnya. Sebab, apabila ternyata bisul belum cukup matang, infeksi bakteri ini dapat melebar ke permukaan kulit lainnya dan membuat nyeri semakin parah. Akibatnya, bayi akan semakin rewel.

  1. Gunakan Bahan Alami

Bahan alami yang memiliki fungsi sebagai antiseptik adalah gel lidah buaya. Oleskan sebanyak 3 kali sehari ke permukaan kulit yang terkena bisul. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan madu untuk mengatasi bisul pada bayi. Madu sendiri dikenal memiliki sifat antiseptik yang ampuh mengatasi infeksi bakteri seperti bisul.

 

Source: https://www.halodoc.com/

Artikel Lainnya

a. Pilih bedak bayi yang tidak mengandung talc atau free talc, sebaiknya cari yang berbahan utama alami dan organik, sebab cenderung lebih aman seperti Cornstarch. b. Pada bedak bertekstur bubuk, tua...

Jakarta – Bagi orang tua yang baru pertama kali mempunyai anak, kegiatan memandikan bayi merupakan pengalaman baru yang bikin deg-degan.  Melihat bayi yang begitu kecil dan lemah, tidak sed...

Kalau mendengar kata ‘stimulasi’, kebanyakan orang tua akan langsung mengaitkannya dengan memberikan rangsangan untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif anak. Padahal sebenarnya, stimula...

Dalam memberikan segala yang terbaik untuk si Kecil, banyak Mama yang berusaha menjaga bayinya selalu bersih, steril, dan jauh dari kuman. Menjaga kebersihan bayi memang penting, Ma, terlebih daya tah...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................