Ini Caranya Agar Anak Tak Mengganggu Gadget Anda

Jumat, 25 November 2016 | 15:17 WIB Penulis : Erni Wulandari


Harus diakui Anda pasti susah lepas dari gadget, terutama smartphone. Hampir setiap saat—terutama yang berhubungan dengan pekerjaan—Anda harus melakukan berbagai kegiatan melalui benda ini. Seperti mengecek email pekerjaan bahkan menggantikan fungsi laptop Anda sementara. Masalahnya, pengguna smartphone Anda kadang bukan Anda sendiri, tapi anak pun ikut memainkannya. Agar anak tak menjadi ketagihan bermain smartphone Anda, simak cara ini.
 
1. Simpan smartphone di tempat yang tak bisa dijangkau (bahkan dilihat) anak. Sebagai gantinya berikan mainan edukatif yang membuat anak menjadi sibuk, misalnya buku mewarnai, atau membuat berbagai benda dengan PlayDoh. 

2. Batasi waktu penggunaan smartphone untuk Anda sendiri. Misalnya, ketika bersama anak, Anda tidak menggunakannya sehingga Anda lebih fokus mengurusnya. Ingat, perilaku anak cenderung meniru orangtua, melihat Anda selalu sibuk dengan ponsel, ia pun akan sulit terlepas dari benda itu. 

3. Jika anak terlanjur memegang smartphone Anda, berikan benda lain untuk mengalihkannya. Ambil mainan lainnya yang selalu menarik perhatiannya, misalnya boneka atau miniatur mobil koleksinya. Libatkan diri Anda untuk bermain dengannya sehingga anak tak merasa tak diacuhkan. 

4. Matikan smartphone untuk momen-momen tertentu, misalnya saat berada di tempat ibadah, ketika akan tidur, atau saat pertemuan keluarga. Gunanya agar si kecil juga belajar jika smartphone adalah alat yang digunakan sesuai keperluan. 

5. Ketika Anda harus menjawab telepon yang masuk sementara Anda sedang bersama anak, jelaskan kepadanya jika Anda harus menjawab teleponnya dan ia harus bermain sendiri sementara. Jangan lupa janjikan jika setelahnya Anda akan menemaninya lagi. 

Sumber : ayahbunda

Artikel Lainnya

Musim hujan, ditambah lagi genangan air atau banjir, membuat bakteri mudah berkembang biak dan menyebar. Ini dia 4 penyakit langganan yang kerap menyerang anak di musim hujan: 1. DIARE Diare menye...

Banyak penelitian menyebutkan, hampir 100% penyakit kanker serviks disebabkan humman papillomavirus (HPV) yang menyebar lewat hubungan seksual. Namun menurut dr. med. Ferdhy Suryadi Suwandinata, SpOG....

Untuk menjauhkan anak dari berbagai risiko yang disebutkan di atas, hal pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah memangkas konsumsi gula harian. Tapi jangan senang dulu, karena biasanya hal ini le...

Meski terlihat halus dan kenyal, kulit bayi sangat tipis sehingga kelembapannya mudah hilang dan harus diberi lapisan pelindung. Kulit adalah organ manusia yang melindungi organ tubuh dan terletak pal...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................