Penyebab Bayi Mimpi Buruk & Tips Mencegahnya

Selasa, 16 Agustus 2022 | 16:14 WIB Penulis :


 

Penyebab Bayi Mimpi Buruk

 

Baik saat tidur atau terjaga, bayi bisa mengalami berbagai rangsangan. Banyak hal yang menarik untuk bayi dan membuatnya terus bereksplorasi.

Karena sistem saraf pusat (SSP) bayi masih berkembang, semua stimulasi itu dapat menyebabkan SSP menjadi over stimulasi. Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab bayi mengalami mimpi buruk.

Bayi juga mungkin lebih rentan mengalami mimpi buruk jika hal tersebut juga dirasakan oleh anggota keluarga lain.

Riwayat keluarga yang berjalan saat tidur juga dapat meningkatkan resiko mimpi buruk pada bayi.

Hal lain yang dapat menjadi penyebab bayi mengalami mimpi buruk bisa saja karena penyakit bawaan, minum obat tertentu, sedang lelah, lingkungan tidur baru, dan juga memiliki kualitas tidur yang buruk.

 

Mencegah Bayi Mimpi Buruk

Meskipun terdengar tidak memungkinkan, Moms bisa mencegah bayi mengalami mimpi buruk. Sebagai permulaan, Moms perlu mengetahui berapa banyak tidur yang dibutuhkan bayi.

AAP menyarankan bayi berusia 4 hingga 12 bulan memiliki waktu tidur 12 hingga 16 jam sehari, termasuk tidur siang. Untuk anak berusia 1 hingga 2 tahun memiliki waktu tidur 11 hingga 14 jam per hari.

Salah satu cara untuk membantu bayi lebih banyak tidur adalah dengan memperkenalkan rutinitas tidur yang konsisten.

Misalnya dengan membiasakan menyikat gigi atau gusi bayi, atau membacakannya cerita sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar Si Kecil terbiasa.

Biasanya, mimpi buruk pada bayi tidak sering terjadi. Namun, Moms tetap harus waspada dan tetap memperhatikan aktivitas Si Kecil saat tidur ataupun terjaga. Berikan bayi tidur yang berkualitas ya Moms.

 

Source : https://www.orami.co.id/

Artikel Lainnya

Gejala COVID-19 pada Ibu Hamil dan Pengaruhnya pada Janin Hamil di saat pandemi Covid-19 dapat menimbulkan kecemasan, apalagi bagi ibu hamil yang rentan stress da...

Sejak lama, banyak orang tua yang percaya bahwa bayi demam karena sedang atau setiap tumbuh gigi. Namun, benarkah demikian? Pada beberapa anak yang sedang tumbuh gigi, memang ada yang mengalami badan...

Bunda dan Ayah mungkin kerap melihat kejadian berikut ini: anak memukuli ibunya sebagai ekspresi rasa kesalnya. Ibunya pun ketika disakiti justru diam saja. Eh, kok begitu, ya? Kita jadi bertanya-t...

pa Manfaat Daun Katuk untuk Kesuburan? Mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya, daun katuk memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan di dalamnya. Namun, apakah daun katuk dapat membantu meni...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................