Istilah-Istilah MPASI yang Perlu Diketahui

Senin, 15 Januari 2024 | 14:49 WIB Penulis :


Saat memasuki usia 6 bulan, biasanya bayi mulai dikenalkan dengan makanan padat. Pemberian ASI pun diselingi dengan berbagai macam makanan pendamping atau MPASI.

Pemberian MPASI pada Si Kecil juga tidak boleh sembarangan. Makanan yang diberikan harus sesuai dengan usia anak agar mereka dapat memahami rasa dan tekstur dengan baik.

Tak hanya itu, saat Si Kecil mulai MPASI terdapat istilah dan singkatan yang perlu Bunda ketahui. Singkatan-singkatan ini berkaitan erat dengan proses pembuatan makanan hingga kondisi anak saat MPASI.

 

Singkatan dan istilah dalam MPASI

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa singkatan dan istilah dalam MPASI yang perlu Bunda ketahui. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. EVOO

Melihat dari buku Yuk Bunda Kenali MPASI Lebih Dekat karya Seota Katmawanti dkk, EVOO merupakan singkatan dari extra virgin olive oil. Ini merupakan minyak zaitun berkualitas tinggi yang prosesnya dilakukan secara alami dan murni.

Kandungan antioksidan, vitamin, omega-3, omega-6, dan mineral dalam EVOO sangat tinggi sehingga sangat penting untuk tumbuh dan kembang anak. Meski begitu, sebaiknya jangan gunakan EVOO untuk memasak karena kandungan nutrisi di dalamnya dapat berkurang.

2. ELOO

ELOO atau extra light olive oil adalah campuran virgin olive oil dengan refined olive oil. Yang dimaksud refined olive oil adalah minyak zaitun yang telah melalui proses penyaringan sehingga kandungan antioksidannya lebih minim.

ELOO biasanya ditambahkan pula dengan bahan lain untuk menetralkan rasa kuat. Berbeda dengan EVOO, ELOO bisa digunakan untuk menggoreng dan menumis makanan Si Kecil.

3. UB

Unsalted butter (UB) adalah mentega tawar yang bisa dicampurkan dalam makanan bayi sebagai lemak tambahan, Bunda. Sebaiknya gunakan UB untuk membuat makanan di bawah 1 tahun karena pemberian makanan asin pada bayi berisiko berbagai masalah kesehatan.

4. Bumtik

Bumtik merupakan bumbu aromatik atau bumbu tambahan yang bisa memberikan rasa sedap atau aroma wangi saat memasak MPASI, Bunda. Bumtik biasanya terdiri dari berbagai rempah alami mulai dari daun salam, serai, daun jeruk, kunyit, cengkeh, dan sebagainya.

5. GTM

GTM atau gerakan tutup mulut adalah kondisi di mana bayi tidak mau atau menolak untuk makan. GTM sendiri adalah hal wajar yang terjadi pada bayi MPASI.

GTM biasanya terjadi karena berbagai penyebab, Bunda. Misalnya saja seperti anak sedang tumbuh gigi, masalah pencernaan, hingga tekstur dan rasa makanan yang kurang disukai Si Kecil.

 

Source : https://www.haibunda.com/

Artikel Lainnya

Apa Itu Takipnea? Takipnea merupakan sebuah kondisi pernapasan yang begitu cepat atau lebih cepat dari normalnya [1,2,9]. Jika kecepatan pernapasan normal pada anak-anak adalah 44 nafas/menit dan ...

Pertumbuhan gigi anak sebenarnya dimulai dari berkembangnya gigi sulung saat bayi berada di dalam kandungan. Pada usia kehamilan sekitar 5 minggu, tunas pertama gigi sulung sudah muncul di rahang b...

Begini Cara Atasi Hiperemesis Gravidarum Melihat banyaknya bahaya dan efek serius yang bisa terjadi karena hiperemesis gravidarum, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara atasi kondisi ini, di ant...

Eksim atau eczema merupakan salah satu kondisi kulit yang umum menyerang bayi. Jika bayi mengalaminya, kulit akan terasa kering, timbul ruam, kemerahan, dan gatal. Tentunya, bayi akan merasa...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................