Yuk Kenali, Hal-hal Ini Juga Bisa Bikin si Kecil Tantrum

Selasa, 31 Mei 2016 | 16:11 WIB Penulis : Erni Wulandari


Menangis kejer, berguling-guling di lantai, hingga memukuli diri sendiri atau orang lain umum dilakukan anak saat tantrum. Untuk lebih memahami si kecil saat tantrum, yuk kenali apa saja penyebabnya.

Dituturkan psikolog keluarga, Anna Surti Ariani, MPsi, ada berbagai macam hal yang bisa memicu tantrum pada anak. Untuk itu orang tua perlu sensitif terhadap penyebabnya.

"Bisa jadi anak tantrum karena kebutuhan mereka seperti anak bosan, ngantuk, lapar, atau badannya nggak enak.
Jika anak mulai rewel di jelang-jelang jam makan atau tidurnya, maka orang tua perlu segera memenuhi kebutuhan anak. Misalnya jika anak lapar, tentu orang tua perlu segera memberinya makan. Jika anak bosan, bisa diajak ke tempat lain atau menjajal suatu hal yang berbeda.

Namun bisa juga anak tantrum karena menginginkan sesuatu. Contohnya karena ingin naik sepeda atau karena ingin dibelikan mainan tertentu. Jika permintaan anak lebih pada keinginan dan bukan karena kebutuhan.

Umumnya anak akan mengalami tantrum ketika bersama dengan orang tua atau orang yang dikenalnya cukup dekat. Ini karena orang tualah yang biasanya membuat anak merasa nyaman, termasuk pula nyaman untuk melepaskan emosinya.

Saat bersama orang tuanya, anak bisa jadi memiliki power yang lebih banyak. Inilah antara lain yang bisa menjelaskan kenapa anak lebih sering tantrum saat bersama orang tuanya ketimbang di sekolah.

"Biasanya yang sering terjadi saat mereka lagi dengan orang tua mungkin powernya lebih banyak daripada saat di sekolah yang mereka mungkin pahami jika tantrum bisa membuat mereka dihukum.

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Belakangan ini, Ibumin sering menemukan mata si kecil seringkali berkedip tidak hanya sekali dua kali. Kondisi ini juga ia lakukan secara tidak sadar. Ibumin langsung curiga, jangan-jangan karena t...

Memiliki anak yang cerdas tentu menjadi harapan semua orangtua ya, Ma. Tak heran kalau sejak masih di dalam kandungan, Mama sudah memberinya stimulasi dan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembangnya. Hal ...

Menjadi sumber nutrisi bagi Si Kecil, ASI terdiri dari komposisi umum sebagai berikut: 87% air 3,8% lemak 1,0% protein 7% laktosa Namun, komposisi ASI manusia bersifat dinamis dan berubah dari ...

Tidak ada pemandangan yang lebih indah bagi orangtua selain melihat bayinya tidur dengan nyaman. Terlebih ketika si kecil sesekali tersenyum saat tidur, rasanya ingin sekali mengetahui apa yang sedang...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................