Si Kecil Berusia 2 Tahun? Kenali Yuk Keistimewaannya

Senin, 25 Juli 2016 | 17:27 WIB Penulis : Erni Wulandari


Terkadang pertumbuhan dan perkembangan si kecil terasa begitu cepat. Tidak terasa si kecil sudah berusia dua tahun. Apa saja keistimewaan anak 2 tahun?

Dituturkan dr Alinda Rubiati Wibowo SpA (K), dua tahun pertama kehidupan adalah masa yang sangat penting. Dalam kurun waktu itu sistem pencernaan mengalami pematangan. Selain itu kognitif semakin berkembang dan sistem imun pun mengalami pematangan.

Nah, di usia dua tahun, umumnya berat anak adalah 20 persen dewasa. Sedangkan tingginya 50 persen dewasa.Pertumbuhan otak 70-80 persen dewasa

Terkait perkembangan kecerdasan, pada saat lahir, bayi baru memiliki refleks. Sementara hingga usia dua tahun, merupakan periode sensori motor. Bagi anak periode ini penting sebagai bekalnya menjalani hidup.

Di usia dua tahun, kosakata anak pun semakin banyak. Karena itu anak bisa berkomunikasi lebih baik. Sampai dengan sekitar usia 3,5 tahun, mereka suka sekali melompat, berlari atau mencoba menjaga keseimbangan.

Bagi Bunda yang memiliki anak usia dua tahun, mungkin penah berpikir 'kok anak saya keras kepala ya, sering kali anak usia dua tahun tampak keras kepala atau tidak mau mendengar, ini karena kemampuan konsentrasi mereka terpusat. Di usia 2-3 tahun, kemampuan konsentrasinya pun masih fleksibel. Nah, baru di usia 3-4 tahun perhatiannya sudah mulai terkontrol.

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), di usia dua tahun, muncul keinginan anak untuk mandiri. Ini karena mereka sudah mulai bisa melakukan banyak hal dan mulai bisa berbicara dengan lebih baik. Karena punya banyak keinginan dan ingin mendapatkannya segera lantaran belum memahami konsep menunggu, sering kali anak-anak menjadi kesal dan rewel. Tahap ini sering disebut sebagai 'terrible twos'.

Mulai usia anak dua tahun, anak juga bisa diajak belajar memisahkan benda berdasarkan bentuk dan warna. Mereka juga suka bermain peran dengan menirukan yang dilakukan orang dewasa ataupun temannya. 2-3 Perintah lisan pun bisa dilakukannya.

Di masa ini anak akan mendapat pengalaman besar dalam berpikir, belajar, bersosial, juga terkait perubahan emosi. Ini semua akan menjadi bekal penting untuk menjelajahi dunia barunya lebih luas lagi.

Selamat bereksplorasi lebih jauh, balita dua tahun!

 

Sumber : health.detik.com

Artikel Lainnya

Bukan hanya remaja dan orang dewasa, bayi juga bisa berjerawat. Penyebab munculnya jerawat pada bayi bisa bermacam-macam. Untuk mengatasi dan mencegah jerawat bayi bertambah parah, penanganannya perlu...

American Academy of Pediatrics menyarankan para mama untuk menunda anak menonton televisi hingga usianya dua tahun.  Karena hingga usia ini, bayi membutuhkan interaksi antarmanusia, baik den...

Konsisten adalah kunci sukses menyapih Si Kecil dari botol dotnya Moms Sebagian besar orang tua memberikan ASI perah melalui botol dot. Hal tersebut bukan tindakan yang salah, tetapi apakah Moms ta...

Ketika Ibu masuk minimarket, pasti ada satu rak khusus produk bayi lengkap mulai dari kepala hingga ujung kaki. Ada berbagai merk produk yang menawarkan keunggulan berupa aroma, kemasan, serta komposi...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................