Cara mengatasi diabetes saat hamil

Kamis, 18 Maret 2021 | 11:15 WIB Penulis :


Ibu hamil dengan diabetes gestasional biasanya tidak memiliki gejala khas yang terlihat. Kondisi baru diketahui setelah melakukan tes skrining kehamilan rutin, di mana salah satunya ada tes gula darah.

Tetapi apabila kadar gula darah sudah terlalu tinggi (hiperglikemia), Mama mungkin akan mengalami keluhan seperti:

  • merasa lebih cepat haus dan lapar
  • makan lebih banyak daripada biasanya
  • frekuensi buang air kecil meningkat
  • mulut terasa kering dan mudah lelah

Tetapi beberapa gejala ini umum terjadi selama kehamilan juga. Jadi, sebaiknya tetap lakukan konsultasi dengan dokter atau bidan apabila Mama mengalaminya. Jika perlu lakukan juga tes gula darah untuk memastikan penyebab tanda dan gejala tersebut.

 

Apakah boleh suntik insulin saat hamil?

Suntik insulin menjadi salah satu metode perawatan diabetes. Tetapi bagaimana dengan ibu hamil, apakah boleh suntik insulin?

Jika Mama memiliki diabetes gestasional, mengendalikan kadar gula darah menjadi faktor penting untuk selalu diterapkan. Biasanya oleh dokter Mama akan dianjurkan untuk memiliki alat tes gula darah supaya memantau secara rutin.

Sebenarnya kadar gula darah dapat dikurangi dengan mengubah diet dan olahraga rutin. Namun, jika perubahan ini tidak menurunkan kadar gula darah, Mama mungkin perlu minum obat berupa tablet atau melakukan suntikan insulin. Intinya, semua tetap dilakukan berdasarkan anjuran dokter.

Mama juga akan dimonitor lebih rutin selama kehamilan, terutama menjelang waktunya persalinan, untuk memeriksa kemungkinan adanya masalah.

Memiliki diabetes gestasional juga membuat ibu hamil sebaiknya melahirkan sebelum usia kehamilan mencapai 41 minggu. Induksi persalinan atau operasi caesar dapat direkomendasikan jika persalinan tidak bisa dimulai secara alami pada waktu tersebut.

 

Cara mengatasi diabetes saat hamil

Selain dengan konsumsi obat dari dokter (jika memang diperlukan dan diberikan), kontrol gula darah juga penting dilakukan ibu hamil dengan diabetes gestasional. Mama sebaiknya tak lupa untuk memeriksa kadar gula darah sendiri setidaknya 3-4 kali sehari.

Dokter juga secara berkala akan memeriksa berat badan Mama untuk mempertimbangkan apakah perlu penggunaan insulin atau obat lain.

Beberapa langkah-langkah sederhana untuk mengatasi diabetes saat hamil:

  • Diet rendah gula

Makan makanan sehat dan rendah gula menjadi hal yang tak bisa ditawar lagi pada ibu hamil dengan diabetes. Ikuti rencana makan yang biasanya dibuat dokter atau ahli gizi khusus untuk pengidap diabetes. Hindari juga camilan manis seperti kue, permen, dan es krim. Sebaliknya, pilihlah camilan dengan gula alami seperti buah-buahan dan kismis. Untuk makanan sehari-hari, jangan lupa tambahkan sayuran dan serealia utuh, serta perhatikan ukuran porsi.

  • Turunkan berat badan sebelum hamil

Jika saat ini Mama masih berencana untuk hamil, perhatikan berat badan. Dokter biasanya tidak akan menyarankan Mama untuk turun berat badan saat hamil, jadi sebaiknya lakukan penurunan sebelum hamil. Apabila sudah terlanjur hamil, kontrol asupan makanan dan olahraga supaya berat badan tetap naik secara terkendali.

  • Rutin olahraga

Hamil bukan berarti Mama tidak bisa berolahraga, lho. Justru tubuh tetap harus aktif bergerak supaya berat badan dan diabetes bisa lebih mudah dikendalikan.

Lakukan aktivitas moderat selama 30 menit per hari, setidaknya 3-4 kali dalam seminggu. Beberapa contoh olahraga yang bisa Mama pilih yakni berjalan, berenang, yoga atau senam hamil.

Nah, demikian informasi penting tentang diabetes saat hamil yang penting Mama ketahui. Jangan ragu untuk rutin diskusi dengan dokter juga ya, Mom. 

 

Source: popmama.com

Artikel Lainnya

Selain stimulasi, nutrisi memegang peranan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Sehingga, penting bagi orang tua memberi asupan dengan gizi seimbang pada si kecil. Hanya saja, dalam ke...

Musim hujan merupakan kabar baik bagi kuman, pembawa bibit penyakit. Sebab, perubahan suhu menyebabkan bibit penyakit mudah berkembang biak, sehingga dapat  menyerang setiap saat, utamanya anak y...

1. mete Cita rasa : Creamy, agak manis, dan sangat gurih, dengan rasa dan aroma kacang yang kuat. Pilih ini karena: Rasanya lebih lezat daripada susu sapi, kaya protein, dan tinggi kalsium, dilengkapi...

Artikel ini berisi informasi tentang bahaya memanjakan anak dengan banyak mainan. Yuk kenali bahayanya, dan pahami cara mencegahnya” Mainan merupakan salah satu benda yang tidak bisa lepa...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................