Si Kecil Terserang Flu? Lakukan Hal Ini untuk Mencegahnya ya Moms!

Rabu, 03 November 2021 | 15:15 WIB Penulis :


JAKARTA - Memasuki musim penghujan, tentunya membuat Moms khawatir pada kesehatan si kecil. Sebab, pada masa sekarang ini, sangat rentan bagi si kecil terserang flu. Bahkan, tidak jarang kurangnya pemahaman tentang sebenarnya apa yang harus dilakukan Moms dapat menambah kepanikan sehingga solusi paling cepat adalah membawa si kecil ke dokter saat itu juga.

Namun, sebetulnya Moms tak perlu khawatir berlebih. Karena penyebaran virus dan bakteri penyebab flu ini tergolong mudah. Ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan guna mencegah si kecil terkena penyakit ini. Yuk, simak cara berikut ini.

• Rajin Mencuci Tangan

Moms, membiasakan si kecil rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara melindungi buah hati supaya tidak mudah terserang virus dan bakteri penyebab flu. Maka dari itu, terapkan kebiasaan mencuci tangan setiap hari sebelum atau sesudah si kecil beraktivitas.

Namun perlu diketahui juga ya Moms, mencuci tangan yang baik dan bersih yakni mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Jangan lupa juga untuk menggosok tangan dengan sabun selama 30 detik lalu bilas. Setelah itu, keringkan dengan cara mengelapnya menggunakan handuk bersih.

• Konsumsi Makanan Bergizi

Cara kedua supaya si kecil tetap terlindungi adalah dengan memperhatikan asupan makanan si kecil. Jika si kecil masih menyusu, Moms wajib memberikan air susu Ibu (ASI) secara rutin guna meningkatkan kekebalan tubuh. Namun jika si kecil sudah mengonsumsi makanan padat, Moms juga harus memberikan makanan dengan gizi seimbang, sebab makanan bergizi bisa membantu pembentukan sistem imun si kecil sehingga bisa melindungi si kecil dari berbagai virus penyebab flu dan batuk.

• Hindari Tempat Ramai

Di masa pandemi Covid-19 dan musim pancaroba seperti sekarang ini, usahakan untuk tidak membawa si kecil ke tempat ramai seperti mall atau pasar ya Moms. Sebab, berada di lingkungan ramai seperti itu bisa membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan si kecil sehingga membuatnya rentan terserang virus.

• Jangan Lupa Berikan Vaksin
 

Sampai dengan saat ini, Vaksin anak masih memiliki peran penting dalam pencegahan penularan influenza. Maka dari itu, guna mencegah si kecil terserang flu, Moms bisa memberikan Vaksin influenza saat si kecil sudah berusia 6 bulan hingga anak usia 8 tahun, dan diulang setiap tahunnya. Hal ini dilakukan karena virus flu selalu berubah, bahkan tiap tahunnya selalu muncul virus baru. Maka dari itu, pemberian Vaksin flu juga diperbaharui tiap tahun supaya tubuh bisa kebal terhadap kemunculan virus-virus baru.

• Terapi Uap untuk Anak

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah sekaligus meredakan pernapasan saat si kecil terserang flu adalah dengan melakukan terapi uap. Moms harus tahu, jika terapi uap merupakan salah satu cara untuk meredakan keluhan pada pernapasan akibat menyempitnya saluran napas. Uap hangat yang terhirup berfungsi untuk mengencerkan dahak dan membantu melegakan pernapasan si kecil.

Moms tak perlu bingung harus dengan apa terapi uap dilakukan, Nah, Moms bisa menggunakan Pure Kids Inhalant Decongestant Oil sebagai obat uap untuk anak saat terserang flu. Cara ini terbukti ampuh dan terpercaya karena diproduksi oleh pabrik farmasi khusus anak berstandar internasional.

Pure Kids Inhalant Decongestant Oil merupakan aromaterapi untuk flu pilek yang dapat melegakan hidung tersumbat di saluran pernapasan, meningkatkan system imun sehingga dapat mencegah sakit di musim pandemi dan pancaroba , serta membantu relaksasi. Selain itu, Pure Kids Inhalant Decongestant Oil juga bisa digunakan dengan tungku aromaterapi dan dihirup uap-nya atau dengan cara dioles pada sapu tangan untuk dihirup.

Tak hanya itu saja, Pure Kids Inhalant Decongestant Oil dibuat dari bahan alami seperti, Eucalyptus, Cajuput oil, Juniper berry oil, minyak cengkeh, Dementolized mint oil dan Metil salisilat, sehingga aman untuk digunakan.

Cara Menggunakan Pure kids Decongestant Inhalant Oil

Cara menggunakan produk ini sangat mudah, Moms hanya perlu memiliki tungku aromaterapi kemudian cukup teteskan Pure Kids Inhalant Decongestant Oil kedalamnya maka aromanya akan tersebar di seluruh ruangan. Anjuran pemakaian pada anak usia 3 bulan hingga 2 tahun, sebaiknya berikan 3-7 tetesan oil. Namun, jika usianya di atas 2 tahun, jumlah tetesan dianjurkan 8-12 kali. Perlu diingat ya Moms, jika produk ini tidak ditujukan untuk diteteskan langsung pada mulut atau hidung.

 

Source : https://lifestyle.sindonews.com

Artikel Lainnya

Usia anak-anak menjadi momen di mana mereka belajar untuk mengenal banyak hal. Mulai dari benda-benda baru hingga pengalaman baru. Seringkali mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi akan satu hal....

Banyak Bunda yang merasa takut jika kekurangan kalori. Padahal faktanya banyak orang tua yang tidak mengatur asupan makanan sehingga menyebabkan anak obesitas. Hal ini disebabkan oleh asupan makanan y...

Hampir sebagian besar balita memiliki kebiasaan tertentu saat umurnya mulai bertambah. Beberapa suka memasukan benda ke dalam mulutnya, sedangkan yang lain senang menghisap jempol kapanpun ada kesempa...

Anak Anda selalu makan dengan lahap saat menu makanannya mengandung rasa pedas. Apakah makanan pedas aman untuk dikonsumsi oleh anak? Simak penjelasannya berikut ini. Tidak pedas, tidak berselera...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................