Memiliki Hewan Peliharaan Dapat Menciptakan Rasa Peduli & Tanggung Jawab Pada Anak

Kamis, 19 November 2020 | 11:01 WIB Penulis :


Kata siapa memiliki hewan peliharaan hanya bikin kita repot? Jangan salah, ternyata ada banyak manfaat merawat dan memiliki hewan peliharaan, lho.

Memiliki hewan peliharaan di rumah ternyata ada banyak sekali manfaatnya. Di awal memang akan terasa merepotkan. Harus memandikannya, membeli makanan khusus, membersihkan kandang, apalagi urusan membersihkan kotorannya. Pasti repot, deh. Namun, di balik semua itu sebenarnya memberikan dampak positif bagi psikologis anak kita, lho.

Mungkin Mama Papa heran, bagaimana bisa hewan peliharaan memengaruhi psikologis anak. Hal ini telah dijabarkan oleh Psikolog Alan Beck dan psikiater Aaron Katcher yang menyebutkan; memelihara anjing dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Penelitian lain yang dilakukan David Cliff sebagai pengembangan pribadi juga mengatakan bahwa hewan dapat memberikan ketenangan bagi orang-orang di sekitarnya.

Nah, agar tahu lebih detail, Berkeluarga telah merangkum 4 manfaat memiliki hewan peliharaan bagi psikologis anak. Jadi, saat anak meminta hewan peliharaan Mama Papa tidak perlu ragu lagi.

Menciptakan rasa peduli pada anak

Ada banyak cara yang dapat Mama Papa lakukan untuk menumbuhkan rasa peduli pada anak. Salah satu dengan memelihara hewan peliharaan kesukaannya. Saat mereka memiliki hewan peliharaan, sebut saja kucing, akan memunculkan rasa peduli dari dirinya. Misalnya, dengan memberi makan agar kucing tetap sehat. Cara ini akan membantu anak di masa depan, yang tumbuh menjadi sosok peduli.

Membantunya untuk menjadi sosok yang bertanggung jawab

Sebuah studi yang dilakukan pakar perilaku manusia, parenting, dan pendidikan Dr. Gail Gross menyebutkan; bahwa anak akan merasa percaya diri saat mereka memiliki hewan peliharaannya. Saat merawat hewan peliharaan, anak akan melakukan dengan sepenuh hatinya, salah satunya dengan memberinya makan secara teratur. Dari kebiasaan yang mungkin sepele ini akan menjadikan anak bertanggung jawab atas apa yang mereka miliki.

Anak tidak merasa kesepian

Sadarkah Mama Papa, saat anak menyukai suatu barang, ia akan memperlakukannya dengan sepenuh hati? Nah, ini juga berlaku saat mereka memiliki hewan peliharaan. Mereka akan memperlakukan hewan peliharaan seperti adik atau bahkan teman baiknya. Jadi, mereka akan selalu merasa punya sahabat dan tidak akan merasa kesepian.

Menghindari risiko stres pada anak

Rasa stres tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa terkena risiko stres. Tenang, Mama Papa tidak perlu khawatir. Adanya hewan peliharaan di rumah dapat mengurangi risiko ini. Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa hewan peliharaan akan membantu anak menjadi remaja yang bahagia dan sehat.

Jadi, masih ragu untuk memiliki hewan peliharaan? Mama Papa bisa memilih hewan peliharaan yang tidak memerlukan perawatan yang rumit, kok. Selamat menyambut anggota baru di rumah, ya!

 

Source : berkeluarga.id

Artikel Lainnya

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang belajar berjalan menggunakan baby walker lebih lama bisa berjalan dibanding bayi yang tidak menggunakan baby walker. “Penggunaan baby walker membu...

Melihat Si Kecil selalu aktif dan ceria adalah kebahagiaan bagi semua orang tua. Namun, tidak jarang aktivitas anak membuat Moms khawatir dengan kesehatannya. Ya Moms, pada masa balita, Si Kecil serin...

Anak suka makan daging ayam? Hati-hati memilih daging ayam untuk anak, Bunda. Banyak ayam potong di pasar, bahkan supermarket, yang telah disuntik dengan hormon estrogen untuk mempercepat pertumbuhan....

Menjauhkan anak dari beragam resiko dari konsumsi gula berlebih. Hal pertama yang harus di lakukan adalah memangkas konsumsi gula harian. hal ini tidak mudah loh Bunda. Karena tidak hanya mengurangi j...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................