CDC: Infeksi Covid-19 pada Anak Tingkatkan Risiko Diabetes

Selasa, 11 Januari 2022 | 16:53 WIB Penulis :


Studi terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menunjukkan anak yang terinfeksi Covid-19 berisiko lebih tinggi mengalami diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun tipe 2.
Studi ini menganalisis data medis IQVIA dan HealthVerity yang mencakup hampir 2,6 juta anak dalam rentang waktu Maret 2020 hingga Juni 2021.

Menurut data IQVIA, anak-anak yang terinfeksi Covid-19 memiliki risiko 2,66 kali atau 166% lebih mungkin didiagnosis dengan diabetes setelah 30 hari, dibandingkan anak yang tidak terinfeksi Covid-19. Sedangkan jika dibandingkan dengan anak yang mengalami infeksi pernapasan non-Covid, anak yang terinfeksi Covid-19 memiliki risiko 2,16 kali lebih mungkin mengalami diabetes.

Tidak hanya pada anak-anak, studi sebelumnya juga menunjukkan ada kemungkinan hubungan antara Covid-19 dan diabetes. Studi lain juga mendapati hampir setengah pasien Covid-19 mengalami kadar gula darah tinggi, salah satu implikasi diabetes.

Temuan ini membuat CDC semakin menyerukan vaksinasi Covid-19 pada anak-anak. Vaksin Covid-19 dapat mengurangi risiko penularan dan mencegah penyakit parah.

 

Source : https://www.cnnindonesia.com/

Artikel Lainnya

Kementerian Kesehatan menerbitkan surat edaran langkah-langkah vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil. Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan yang berisiko terpapar Covid-19 dengan gejala bera...

Ketika anak sudah asyik bermain, beberapa ibu merasa kesulitan mengajak si kecil makan atau mandi terutama bila usianya masih di bawah lima tahun. Tak sedikit anak yang menjadi rewel serta tak berhent...

tes ...

...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................