4 Cara Menyikat Gigi Bayi Tanpa Membuatnya Menangis

Selasa, 29 Maret 2022 | 11:45 WIB Penulis :


Perawatan gigi pada bayi sering diabadikan para Bunda. Padahal merawat gigi bayi perlu dilakukan sejak tumbuh pertama kali.

Hal itu dapat mencegah gigi bayi jadi rusak akibat sisa susu di dalam mulutnya. Menyikat gigi bayi juga akan membuat Bunda paham kapan periode anak tumbuh gigi nih.

Melansir buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun, disebutkan bahwa bayi akan tumbuh gigi setiap empat bulan sekali sejak gigi pertamanya muncul. Gigi bayi akan tumbuh empat buah setiap satu periode.

Misalnya nih, Bun, gigi pertama muncul pada usia 7 bulan, maka pada usia 11 bulan dia akan memiliki 4 gigi. Lalu, pada usia 15 bulan bayi akan memiliki 8 gigi, dan begitu seterusnya.

Saat bayi tumbuh gigi, Bunda harus lebih sabar dibanding biasanya. Nyeri pada gusi akan membuat bayi rewel dan mogok makan.

"Bayi yang tumbuh gigi cenderung lebih sering menangis, mereka tidak banyak makan, dan pola tidur mereka akan berubah," jelas dokter gigi anak, Jonathan Shenkin, DDS, MPH.

"Bunda juga akan melihat gusinya bengkak dan meneteskan air liur sebagai tanda sedang tumbuh gigi," imbuhnya, dikutip dari Parents.

Membuat bayi mau disikat giginya memang hal yang susah-susah gampang dilakukan, Bun. Agar membuat mereka tetap nyaman, sebaiknya perhatikan bentuk sikat sesuai usia bayi.

Buat suasana mandi jadi menyenangkan agar mereka tidak merasa aktivitas sikat gigi jadi menakutkan. Misalnya dengan memberikan mainan atau benda-benda aman untuk mereka mainkan. Bunda bisa juga sambil menyanyikan lagu dan mengungkapkan rasa sayang ke anak.

Bunda juga bisa memilih rasa pasta gigi yang disukai, supaya anak happy setiap kali menyikat gigi, seperti menggunakan PUREKIDS Toothpaste. Pasta gigi ini tidak mengandung detergent SLS dan Food grade, sehingga aman kalau tidak sengaja tertelan. Khususnya untuk Si Kecil yang belum bisa berkumur.

PUREKIDS Toothpaste juga mengandung Xylitol yang berasal dari Beech Trees di Finlandia sebagai pemanis alami, sekaligus mencegah terjadinya caries pada gigi. Adapun body gel pada pastanya terbuat dari rumput laut, tanpa pewarna dan pemanis buatan, Bun. PUREKIDS Toothpaste memiliki 2 varian rasa buah, strawberry dan pisang yang disukai anak. Rasa manisnya pas, tidak terlalu manis dan tidak pahit.

Selain itu untuk bayi di bawah satu tahun, gunakan sikat gigi karet lembut. Sikat ini juga berfungsi untuk membersihkan bagian lidahnya. Sehingga, napas bayi tetap fresh, Bun.

Pada bayi di bawah satu tahun, gunakan sikat gigi karet lembut. Sikat ini juga berfungsi untuk membersihkan bagian lidahnya. Sehingga, napas bayi tetap fresh, Bun.

Saat mereka sudah berusia 12 bulan ke atas, Bunda bisa mengganti sikat gigi berbahan bulu halus. Pilih bentuknya yang sangat kecil. Sedangkan di atas usia 2 tahun, baru ganti dengan sikat gigi balita.

Melansir dari Rising Children, untuk mencegah kerusakan gigi bayi, pastikan untuk tidak terlalu banyak memberikan makanan dan minuman yang mengandung gula. Hal penting lainnya, usahakan agar tidak membuat bayi tidur dalam posisi minum susu dari botol.

Banyak Bunda yang mengeluh sulit menyikat gigi bayinya. Nah, simak yuk beberapa saran di bawah ini agar lebih mudah merawat gigi bayi.

1. Posisikan bayi menghadap Bunda, agar lebih gampang melihat mulutnya. Hal itu juga akan membuat bayi merasa aman. Bunda bisa duduk di tempat tidur atau lantai, dan baringkan bayi sampai kepala mereka ada di pangkuan Bunda.

2. Rapatkan dagu bayi ke tangan Bunda. Sedangkan posisi kepalanya bersandar di tubuh Bunda.

 

Source: haibunda.com/Ratih Wulan Pinandu

Artikel Lainnya

Menyapih buah hati dari ASI tak selamanya terasa sulit terutama jika anda tahu bagaimana tips dan trik cara menyapih anak. Meskipun pada awalnya akan sedikit sulit, namun lama-kelamaan dengan mudah an...

Sebagai orang tua, Ayah dan Bunda pasti menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati, terutama dalam aspek pendidikan. Tak jarang, masih banyak yang kebingungan ketika memilih metode belajar yang co...

Nilai Antioksidan Cengkeh Menempati posisi kedua setelah sumac bran, bubuk cengkeh memiliki nilai ORAC sebesar 290.283 unit! Nilai itu berarti per gram bubuk cengkeh mengandung 30x le...

Wanita mana yang tidak mengenal catok rambut, dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai yang sudah tua sangat familiar dengan alat yang satu ini. Sama dengan belajar bahasa Inggris yang sudah f...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................