Kegiatan Sederhana untuk Mengisi Liburan Sekolah

Jumat, 29 April 2022 | 16:48 WIB Penulis :


Beberapa kegiatan di bawah ini bisa jadi opsi. Selain produktif, kegiatan ini juga akan mengasah kreativitas, melatih kemampuan fisik serta kecerdasannya. Tidak usah berpanjang lebar, yuk Mums simak selengkapnya.

Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah tidak akan mengenal hari libur atau masuk sekolah. Saat si Kecil sedang libur sekolah, ada baiknya si Kecil dikenalkan dengan berbagai pekerjaan rumah yang biasanya Mums lakukan. Mungkin Mums memiliki asisten rumah tangga, namun mengenalkan pekerjaan rumah pada si Kecil dapat menjadikan si Kecil pribadi yang lebih terorganisir dan menyukai kebersihan.

Mendalami Hobi

Jika si Kecil memiliki hobi, waktu liburan adalah waktu yang yang tepat untuk mendalami hobinya tersebut. Tersedia waktu yang cukup banyak untuk dialokasikan tanpa harus terpotong waktu sekolah. Mendalami hobi seperti misalnya menggambar, atau berolahraga, atau yang lain, menjadi salah satu kegiatan produktif yang bisa dilakukan pada masa liburan sekolah.

Membaca

Meski bukan kegiatan populer untuk mengisi waktu liburan, membaca memiliki banyak manfaat untuk si Kecil. Membaca akan memberikan si Kecil pengetahuan baru dan ilmu baru yang mungkin belum diketahuinya. Kebiasaan membaca yang ditanamkan sejak dini juga akan terbawa hingga si Kecil dewasa dan menjadikan si Kecil pribadi yang kritis.

Outbond atau Kemah

Kegiatan ini juga bisa jadi pilihan dan dilakukan bersama dengan keluarga. Selain dapat melatih kekuatan fisik si Kecil, kedua kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk mengeratkan hubungan emosional anggota keluarga. Mums bisa menggunakan jasa penyedia area outbond atau bumi perkemahan untuk melakukan kegiatan ini.

Memasak

Memasak akan selalu masuk dalam berbagai daftar kegiatan bersama si Kecil. Mengapa? Karena memasak dapat menjadi tempat belajar yang sangat baik. Si Kecil bisa mempraktekkan kemampuan matematisnya, kemampuan mengidentifikasi bahan makanan dan rasa serta kreativitasnya dalam membuat masakan. Dengan sedikit usaha dan kreativitas Mums, bahkan si Kecil bisa menyukai sayuran, yang biasanya tidak disukainya.

Bersosialisasi

Untuk Mums yang mungkin tinggal di area perumahan, waktu liburan juga merupakan waktu yang tepat untuk bersosialisasi dengan tetangga. Aktivitas rutin seperti misalnya lari sore atau pagi hari bersama si Kecil, bermain di taman, dan sebagainya dapat menjadi media pengenalan si Kecil pada orang disekitarnya. Si Kecil yang terbiasa bersosialisasi akan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mudah bergaul dengan teman banyak orang.

Berkarya

Bukan berarti bekerja, berkarya bersama si Kecil akan jadi aktivitas menghabiskan waktu liburan yang sangat produktif. Di sini Mums bisa mengasah keterampilan dan imajinasi si Kecil dalam menghasilkan satu karya dari barang-barang yang ada di sekitarnya. Manfaatkan barang bekas untuk melakukan aktivitas ini.
Selain berguna untuk mengasah keterampilan si Kecil, kegiatan ini juga akan dapat membantu mengurangi limbah dari barang yang tidak terpakai. Nantinya hasil karya si Kecil bisa digunakan sebagai hiasan atau peralatan praktis yang berguna untuk kegiatan sehari-hari seperti misalnya tempat koin, tempat mainan, dan lain sebagainya.

Kegiatan produktif semasa liburan yang telah disebutkan di atas bisa jadi opsi agar si Kecil tidak hanya bermalas-malasan saja. Selain menghabiskan waktu dengan lebih bermanfaat, si Kecil juga dapat mengasah berbagai kemampuan dan kreativitasnya. Ketika tiba waktunya sekolah, si Kecil tidak akan kaget untuk kembali belajar karena proses belajar terus terjadi selama liburan berlangsung.

 

Source: https://www.friso.co.id/

Artikel Lainnya

Sebelum menuju rekomendasi produk, kami akan memberikan beberapa cara memilih suplemen vitamin yang sesuai kebutuhan anak. Simak pemaparannya berikut ini! Kenali Jenis Vitamin yang Mendukung Tumbuh...

Menurut dr. Anita Suryani, Sp.K.O, Spesialis Kedokteran OIahraga dari Rumah Sakit EMC Sentul dan Klinik Utama Eminence,  wajar jika orang tua ingin anaknya memiliki tinggi badan ideal. Na...

Jakarta - Membuat anak tumbuh cerdas enggak cuma dengan memberikan asupan yang bergizi, Bun. Mereka juga butuh stimulasi, salah satunya dengan mainan. Nah, ternyata mainan bisa membuat anak tumbuh cer...

Otak merupakan salah satu organ vital untuk manusia. Otak yang sehat juga dapat menjadi salah satu faktor yang baik dalam membantu tumbuh kembang balita, khususnya pada 1000 hari pertama. Makanan apa ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................