Apa Yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Penularan Hepatitis Misterius?

Kamis, 09 Juni 2022 | 17:55 WIB Penulis :


Cara Menghindari Penularan Hepatitis Misterius

 

Selain melakukan deteksi dini, Anda juga dapat menghindari penularan hepatitis misterius pada anak dengan langkah-langkah pencegahan seperti:

Mencuci tangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan kuman atau virus penyebab hepatitis. Tangan sering kali menjadi sarana transportasi berbagai kuman penyakit. Melalui tangan, kuman bisa berpindah ke mata, hidung, mulut. Maka dari itu penting untuk mencuci tangan sesering mungkin, misalnya setelah dari toilet dan sehabis memegang benda asing di tempat umum.
 

Minum air bersih dan matang. Umumnya virus penyebab hepatitis E ditemukan pada air yang terkontaminasi. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi air matang (air sudah dimasak sampai mendidih sehingga kuman dalam air mati). Dengan begitu, air pun jadi aman dikonsumsi.
 

Konsumsi makanan yang bersih dan matang. Virus hepatitis A kebanyakan ditularkan lewat mulut saat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi virus. Orang yang mengonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi akan rentan tertular Oleh karena itu, pastikan makanan yang akan dikonsumsi dalam keadaan bersih dan matang seutuhnya.
 

Membuang tinja atau popok sekali pakai pada tempatnya. Langkah ini dilakukan demi menjaga agar lingkungan tidak tercemar feses dan urine. Beberapa virus penyebab hepatitis menular lewat kontak dengan feses dan urine orang yang
 

Menggunakan alat makan Sebaiknya alat makan anak dipisah dari orang dewasa. Virus penyebab hepatitis bisa menular lewat mulut di mana orang yang terinfeksi lupa mencuci tangan setelah dari toilet lalu makan menggunakan alat makan orang lain.
 

Memakai masker dan menjaga Sempat dicurigai bahwa hepatitis akut ini berkaitan dengan COVID-19. Meski belum sepenuhnya terbukti, sangat dianjurkan bagi orang tua dan anak-anak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran berbagai macam virus dan bakteri penyebab penyakit.  
 

Apabila ada anak, keluarga, dan kerabat yang mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, pastikan untuk segera mendapatkan penanganan di Siloam Hospitals terdekat di kota Anda. Penanganan yang tepat membuka peluang kesembuhan lebih besar.

 

Untuk memastikan kondisi kesehatan, kini Anda dan keluarga dapat melakukan pemeriksaan kesehatan liver, termasuk skrining hepatitis di Siloam Hospitals. Akses aplikasi MySiloam atau https://www.siloamhospitals.com/mcu atau atau Siloam Hospitals terdekat di kota Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai paket pemeriksaan kesehatan yang diinginkan.

 

Oleh:

Sumardi Fransiskus S, Sp.A(K), M.Biomed

Dokter Spesialis Anak Konsultan Pencernaan dan Hati

Siloam Hospitals Bogor

 

Source : https://www.siloamhospitals.com/

Artikel Lainnya

Sampai usia 10 tahun Anak pada usia ini memerlukan pengawasan dan pemantauan untuk memastikan mereka tidak terpapar pada materi yang tidak sesuai. Orangtua sebaiknya menggunakan piranti-pirant...

Anak dengan self-esteem atau harga diri yang baik akan merasa nyaman dengan dirinya sendiri dan lebih percaya diri. Ia akan tumbuh menjadi pribadi yang mau mencoba hal-hal baru, mampu menghadapi kegag...

Berikut 10 cara merawat rambut anak mulai dari bayi hingga usia batita: Hindari mencuci rambutnya setiap hari ya Bu apalagi pada bayi yang baru lahir. Hanya gunakan shampo dua kali saja dalam se...

Golden age adalah usia anak pada masa-masa awal hidupnya di dunia dimana usia anak ketika mereka berumur 0 sampai dengan 5 tahun. Golden Age pada anak adalah masa emas anak ya...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................