Tips Mengatasi Lazy Eye Syndrome Pada Anak

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:04 WIB Penulis :


Perawatan yang dilakukan untuk mengurangi atau menyembuhkan kondisi mata malas pada anak

Sangat penting untuk memulai pengobatan mata malas atau ambliopia sesegera mungkin. Bergantung pada penyebabnya, ini mungkin melibatkan:

Memperbaiki masalah penglihatan yang mendasari, seperti rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme. Kebanyakan anak penderita ambliopia juga membutuhkan kacamata untuk membantu mata mereka fokus.

Pembedahan, jika katarak menghalangi cahaya dari mata mereka atau jika strabismus membuat mata mereka tidak bergerak bersama sebagaimana mestinya.

Mengenakan penutup mata yang kuat untuk memaksa otak mereka menggunakan mata yang lemah. Pada awalnya, anak mungkin akan kesulitan melihat. Namun, penglihatan mereka akan menjadi lebih baik, meskipun mungkin membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Setelah itu, mereka tidak perlu lagi memakai penutup mata. Namun terkadang, ketika anak-anak kembali menggunakan kedua matanya, mereka kehilangan penglihatan pada mata yang lemah. Jika itu terjadi, mereka mungkin harus memakai penutup lagi.

Obat tetes mata, yaitu dengan obat yang disebut atropin, yang mengaburkan mata secara kuat sehingga anak tidak perlu memakai penutup mata. Ini juga memaksa otak mereka untuk menggunakan mata yang lemah.

Filter Bangerter yang dikenakan di atas lensa kacamata mata yang lebih kuat untuk mengaburkan penglihatan mereka sehingga mereka harus menggunakan mata yang lemah.

Dengan diagnosis dan pengobatan dini, kebanyakan anak dapat sembuh dari kondisi mata malas. Pastikan anak mendapatkan pemeriksaan mata sejak dini. Ikuti nasihat dokter mata anak tentang perawatan, bahkan ketika itu sulit untuk membuat anak melakukan kegiatan sehari-hari.

Namun hal tersebut dapat membantu mengembalikan kesehatan mata anak.

 

Source: https://www.popmama.com/

Artikel Lainnya

Sebentar lagi, tahun baru Imlek akan tiba, dan tahun ini orang Tionghoa akan merayakan tahun anjing bumi. Bagi Bunda yang akan melahirkan setelah tahun baru Imlek, tentunya penasaran seperti apa karak...

Meski sekilas tampak sama, tapi kedua “pengganggu” organ reproduksi perempuan yakni kista dan miom ini ternyata berbeda. Walau belum ada data pasti jumlah penderita kista dan miom, namu...

Memiliki tulang yang kuat di masa kanak-kanak adalah awal yang baik untuk kesehatan tulang sepanjang hidup. Yuk, bangun tulang anak kuat dengan minimal 3 cara ini. Beri anak makanan tinggi kalsi...

Jika anak ibu sering bersin, pilek, dan hidung gatal pada pagi hari, mungkin saja ia mengidap rinitis alergi. Alergi tersebut adalah salah satu penyakit alergi yang biasanya diidap oleh anak-anak...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................