Berikut Tanda-Tanda si Kecil Tumbuh Gigi Pertama

Kamis, 16 Februari 2023 | 14:13 WIB Penulis :


Kemunculan gigi pertama atau gigi susu merupakan tahap penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Saat gigi pertamanya muncul, bayi akan merasa tidak nyaman, rewel, dan sering menangis tanpa alasan yang jelas.

Waktu kemunculan gigi pertama bayi bisa berbeda-beda. Namun, gigi susu biasanya muncul pertama kali saat bayi berusia 6-8 bulan. Pertumbuhan gigi susu umumnya berlangsung hingga usia 3 tahun. Pada usia tersebut, biasanya gigi susu sudah lengkap berjumlah 20.

Tanda-Tanda Kemunculan Gigi Susu pada Anak

Proses pertumbuhan gigi pertama bayi dikenal dengan istilah teething syndrome. Saat gigi susu mulai tumbuh, bayi akan menunjukkan beberapa tanda yang biasanya berlangsung sekitar 8 hari. Tanda-tanda munculnya gigi pertama bayi meliputi:

1. Dorongan untuk menggigit

Pada fase inibayi selalu ingin menggigit benda-benda di sekitarnya. Hal ini terjadi karena bayi merasa sakit di gusinya. Dia memerlukan sesuatu untuk digigit guna mengurangi rasa nyeri tersebut.

2. Susah makan

Tumbuhnya gigi susu akan menyebabkan gusi sobek sehingga terasa sakit, dan mengonsumsi makanan akan membuat gigi dan gusinya semakin terasa sakit. Inilah alasan bayi jadi susah makan ketika tumbuh gigi.

3. Jumlah air liur meningkat

Iritasi pada gusi saat gigi pertama tumbuh membuat produksi air liur meningkat, sehingga bayi jadi ngecesNah, saat Si Kecil sering ngeces karena gigi pertamanya mau tumbuh, Bunda harus rajin membersihkan air liur yang menetes dari mulutnya, agar tidak menyebabkan iritasi atau ruam kulit di sekitar mulut.

4. Menangis dan tidur terganggu

Rasa sakit akibat pertumbuhan gigi bisa membuat bayi merasa tidak nyaman, sehingga ia jadi rewel dan menangis. Rasa sakit tersebut juga dapat menyebabkan tidurnya terganggu.

5. Demam, diare, pilek, dan batuk

Banyak orang tua menganggap bahwa teething bisa menyebabkan bayi mengalami demam, diare, pilek, atau batuk. Menurut penelitian, demam, pilek, dan pilek timbul bukan karena teething, tetapi karena adanya infeksi.

Selain demam, bayi juga dapat mengalami batuk karena pengingkatan produksi air liur di mulutnya, dan diare karena sering menggigit benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Source : https://www.alodokter.com/

Artikel Lainnya

Kok Balita Tidak Bosan-bosan Bertanya yah ?   Selalu ingin tahu. Bunda kerap frustrasi dan kesal dengan pertanyaan "mengapa". Memang begitu. Tuhan menciptanya juga sudah begitu. ...

Proses Makan Makan adalah sebuah proses yang melibatkan dua pihak, yaitu pemberi makan (orangtua atau pengasuh lainnya) dan yang diberi makan (anak). Interaksi dalam proses makan dipengaruhi oleh k...

Bagi si Kecil, hari pertama sekolah bisa menjadi saat-saat yang mendebarkan. Sebagian anak menyambut hari pertama sekolah dengan riang namun ada juga yang merasa cemas. Sebagai orang tua, pasti Mom&nb...

Moms, sebentar lagi sikecil akan menjadi Pemuda dan Pemudi Indonesia Loh! Tetapi mulai sekarang harus mulai ditanamkan makna dari Sumpah Pemuda sendiri. Simak artikel dibawah ini ! Belajar Berbagai...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................