Kenapa Rasa Gatal Malah Semakin Parah Jika Digaruk?

Kamis, 15 Juni 2023 | 15:44 WIB Penulis :


Melawan keinginan untuk menggaruk di saat gatal bisa jadi perkara yang menyulitkan, apalagi jika gatal yang dialami sangat terasa. Namun, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan ini. Sebab, jika gatal-gatal semakin digaruk malah bisa semakin banyak dan parah.

Masalah ini bisa terjadi pada apa pun penyebab terjadinya gatal tersebut, baik karena gigitan serangga atau penyakit kulit tertentu.

Selain itu, menggaruk bagian gatal juga berpotensi mengundang berbagai masalah kulit lainnya yang lebih berat karena kulit yang digaruk menjadi mudah lecet, merah, atau iritasi.

Untuk mengetahui penyebab mengapa menggaruk kulit yang gatal malah bisa memperparah kondisinya sekaligus cara menghilangkan rasa gatal yang bisa dilakukan, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Alasan gatal-gatal semakin digaruk semakin banyak

Cara menghilangkan rasa gatal dengan digaruk memang dapat menjadi solusi jangka pendek. Akan tetapi, rasa gatal akan kembali setelahnya, bahkan bisa jadi lebih kuat dari sebelumnya. Kondisi gatal-gatal semakin digaruk semakin banyak dan parah dinilai berkaitan dengan senyawa kimia atau neurotransmitter yang dinamakan serotonin.

Menggaruk gatal dapat menyebabkan rasa sakit ringan sehingga neuron di sumsum tulang belakang mentransfer sinyal rasa sakit, alih-alih sinyal gatal ke otak. Oleh karena itu, rasa gatal bisa terasa lega untuk sementara.

Namun, otak kemudian melepaskan serotonin untuk meredam rasa sakit. Dilansir dari Live Science, para ahli menemukan bahwa pelepasan serotonin ini juga mengaktifkan neuron tertentu di sumsum tulang belakang sehingga menciptakan lebih banyak sensasi gatal.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika menggaruk bagian tubuh yang gatal bisa menyebabkan perasaan tersebut semakin kuat dan parah.

Penyebab dan jenis-jenis gatal

Beda penyebab, beda pula sensasi gatal yang dirasakan. Berikut adalah beberapa pemicu gatal dan sensasi yang diciptakannya.

  • Salah satu penyebab gatal yang paling utama adalah alergi. Kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh mengeluarkan histamin ketika terpapar alergen penyebab gatal. Cara menghilangkan rasa gatal akibat alergi bisa dilakukan dengan menghindari pemicu alergi dan pemberian obat antihistamin.
  • Selain itu, ada juga rasa gatal yang berasal dari masalah sistem saraf, seperti herpes zoster atau stroke. Saat mengalaminya, Anda mungkin merasa mati rasa dan kesemutan bersamaan dengan gatal.
  • Lain halnya jika Anda menderita psoriasis. Sensasi gatal yang diciptakan oleh penyakit ini lebih terasa seperti terbakar atau panas di kulit.
  • Ada juga gatal yang disebabkan oleh beberapa jenis obat. Salah satu contohnya adalah obat malaria yang dapat menyebabkan rasa gatal di seluruh tubuh.

Apa pun alasannya, penting untuk tidak menggaruk terlalu sering dan kasar karena dapat menyebabkan sejumlah komplikasi.

Komplikasi yang bisa terjadi jika sering menggaruk gatal

Selain gatal-gatal semakin digaruk semakin banyak, berikut adalah sejumlah kondisi kulit lainnya yang bisa terjadi jika Anda sering menggaruk.

  • Kulit mengalami penebalan
  • Kulit yang digaruk menjadi mudah lecet
  • Kulit mudah merah saat digaruk dan mengalami perubahan warna
  • Kulit menjadi kasar

Selain itu, infeksi dan jaringan parut juga bisa terjadi jika Anda sering menggaruk gatal. Meski jarang terjadi, ada pula kemungkinan gatal digaruk menjadi memar. Hubungi dokter jika kulit gatal terasa lembek saat disentuh, mulai berbau, atau mengeluarkan nanah.

 

Source : https://www.sehatq.com/

Artikel Lainnya

Pernahkah si anak tak mau lepas dari anda? Saat punya balita, sekedar untuk makan saja anda pasti tergesa-gesa, mandi tergesa-gesa karena sikecil ingin selalu bersama anda. Bahkan, saat anda buang air...

“B-u bu, d-i di. Budi”. Masih ingatkah Ibu saat dulu belajar membaca? Kini giliran Ibu yang mengajari anak untuk membaca. Meski di sekolah ia sudah diajari, tapi ia juga membutuhkan ajaran...

1. mete Cita rasa : Creamy, agak manis, dan sangat gurih, dengan rasa dan aroma kacang yang kuat. Pilih ini karena: Rasanya lebih lezat daripada susu sapi, kaya protein, dan tinggi kalsium, dilengkapi...

Menghadapi tantrum Si Kecil memang bukan perkara mudah, terkadang Mamas bisa jadi panik atau bahkan ikut emosi. Tantrum merupakan suatu keadaan ketika Si Kecil meluapkan emosinya dengan cara menang...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................