Mengenal Metode Montessori Untuk Belajar Sikecil

Selasa, 01 Agustus 2023 | 13:59 WIB Penulis :


Sebagai orang tua, Ayah dan Bunda pasti menginginkan yang terbaik untuk sang buah hati, terutama dalam aspek pendidikan. Tak jarang, masih banyak yang kebingungan ketika memilih metode belajar yang cocok dengan karakter anak. Penggunaan metode atau kurikulum yang tepat akan membantu tumbuh kembang si kecil menjadi lebih optimal.

Salah satu metode pembelajaran yang terkenal adalah Montessori. Apakah Ayah Bunda pernah mendengar istilah ini? Jika belum, kita bahas bersama ya!

 

Pengertian dan Sejarah Metode Montessori

Montessori adalah metode pembelajaran yang menitikberatkan pada pengembangan potensi individu dengan memberikan kebebasan belajar dan menggunakan peralatan belajar yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Sesuai dengan namanya, metode ini dikembangkan dan diaplikasikan oleh Dr. Maria Montessori pada tahun 1907 di sebuah sekolah untuk anak usia 3-6 tahun di Italia. Seiring berjalannya waktu, Metode Montessori dievaluasi, disempurnakan, dan diaplikasikan ke sekolah-sekolah lain di luar Italia, tak terkecuali Indonesia.

 

Tujuan Metode Montessori

  1. Membantu anak untuk menemukan minat dan bakatnya

  2. Mengembangkan potensi kognitif, emosional, sosial, dan motorik anak secara menyeluruh

  3. Meningkatkan kepercayaan diri, kreatifitas, rasa empati, dan ketertarikan dalam mempelajari hal-hal baru

 

Prinsip Dasar Montessori

1. Menghormati Pilihan Anak

Dalam metode Montessori, guru dan orang tua memberi kebebasan pada anak untuk menentukan pilihan sendiri dan berkonsentrasi pada aktivitas yang ia sukai. Anak dibiarkan untuk menggali minat dan bakatnya masing-masing. Sebagai orang tua atau guru, tugas Anda adalah mendampingi, memberi fasilitas, dan mendukung anak untuk mencapai tujuannya.

 

2. Anak Menyerap Apapun yang Ada Di Sekitar

Prinsip Montessori yang kedua adalah membiarkan anak belajar dari lingkungan sekitar secara spontan. Di usia 0 sampai 6 tahun, anak menyerap semua informasi layaknya spons. Mereka mempelajari kosakata, cara bersikap, dan motorik dasar. Fase enam tahun pertama tadi menjadi dasar pembentukan karakter anak. Menurut Dr. Maria Montessori, fase ini dibagi menjadi 2, yaitu:

a. Tahap Bawah Sadar (0 – 3 tahun)

Pada tahap bawah sadar, anak belajar bergerak dan berbicara tanpa mengetahui tujuannya. Contoh, seorang bayi yang bisa tengkurap atau telentang dengan sendiri tanpa dibantu oleh orang tua. Di tahap ini, anak juga belajar berkomunikasi lewat apa yang ia dengar sehari-hari.

b. Tahap Sadar (3 – 6 tahun)

Menginjak usia 3 sampai 6 tahun, anak mulai menyadari tujuan dari aktivitas yang ia lakukan. Kemampuan menyerap dan mengingat huruf, angka, serta bunyi semakin tajam. Anak akan memilah apa yang mereka sukai dan tidak mereka sukai. Sebagai orang tua atau guru, Anda harus mengetahui bahwa setiap anak memiliki minat yang berbeda.

 

3. Lingkungan Belajar yang Disesuaikan

Metode Montessori berusaha menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak. Oleh sebab itu, ruang kelas atau ruang belajar di rumah perlu diatur sedemikian rupa guna mendukung proses belajar. Anda bisa mengajak anak untuk menentukan warna cat yang ia sukai atau buku yang mereka ingin baca. Peralatan belajar yang tersedia juga harus sesuai dengan usia dan tingkat perkembangan anak-anak. 

 

4. Pendidikan Mandiri

Seperti yang dijelaskan di awal, peran guru dan orang tua pada metode Montessori adalah sebagai fasilitator. Anak diberi kebebasan untuk belajar apapun yang ia sukai dengan alat-alat yang disediakan. Hal ini mendorong anak tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Tugas guru dan orang tua yaitu menciptakan suasana belajar yang nyaman, memberi dukungan, dan inspirasi agar anak mampu mencapai tujuan yang diinginkan.

 

5. Lima Periode Penting dalam Pembelajaran

Metode Montessori meyakini bahwa anak-anak melewati 5 periode, area, atau tahapan penting untuk tumbuh dan berkembang, yaitu:

a. Keteraturan atau Kecakapan Sehari-hari

Periode ini mencakup kegiatan sehari-hari seperti makan, berpakaian, dan membersihkan diri. Anak-anak belajar melalui pengalaman praktis yang rutin, seperti mencuci tangan, menyisir rambut, memakai sepatu, dan lain sebagainya.

 

b. Bahasa

Periode Bahasa mengacu pada pengembangan bahasa anak, termasuk belajar berbicara, menulis, dan membaca. Anak-anak belajar melalui kegiatan seperti mengobrol, menulis surat, dan membaca buku.

Fase belajar bicara dimulai dari 7 bulan sampai 3 tahun saat anak meniru suara dan gerakan mulut orang lain. Fase menulis dapat diajarkan sejak usia 3 atau 4 tahun, sedangkan keterampilan membaca bisa diasah ketika anak menginjak usia 4 sampai 5 tahun.

 

c. Matematika

Periode atau fase Matematika mencakup pengenalan konsep matematika seperti bilangan, ukuran, dan geometri. Anak-anak belajar melalui mainan dan peralatan yang dirancang khusus untuk membantu mereka memahami konsep-konsep ini.

 

d. Sensorial dan Motorik

Pada area sensorial, anak berusaha memahami dan menyempurnakan fungsi dari 5 panca indera, yaitu melihat, mendengar, meraba, mengecap, dan mencium. 

Sedangkan area motorik dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama saat anak merangkak, berdiri, dan berjalan di usia 0 sampai 2 tahun. Tahap kedua ketika anak mulai memperkuat cengkeramannya dan memegang benda dengan kedua tangannya, seperti bermain ayunan, mendorong kereta mainan, dan sebagainya.

 

e. Sosial dan Emosional

Periode terakhir dari metode pembelajaran Montessori adalah sosial emosional. Anak-anak belajar tentang diri mereka sendiri, perasaan mereka, dan interaksi dengan orang lain melalui kegiatan seperti bermain, berbicara, dan menyelesaikan masalah. Anak juga menyadari pentingnya etika dalam berinteraksi dengan sesama, seperti meminta maaf saat berbuat salah dan mengucapkan terima kasih.

 

Source : https://www.altaschool.id/

Artikel Lainnya

Tidak apa, kok, Bunda, jika memberikan si kecil camilan, ketika ia mengeluh lapar sebelum jam makan siang atau makan malam. Malah, jadwalkan saja pemberian camilan itu, dengan porsi yang tidak berlebi...

Beberapa hal ini jangan sampai luput dari perhatian Bunda dalam memilih sekolah untuk si kecil : 1. Preschool musti memiliki fasilitas penanggulangan bahaya kebakaran:  fire detector, alat pem...

Jakarta -  Virus Corona COVID-19 masih mewabah di seluruh dunia. Hal ini membuat sebagian orang tua bertanya-tanya, kapan vaksin akan tersedia dan kapan anak bisa divaksin? ...

Kesehatan sistem pencernaan anak berkaitan erat dengan tumbuh kembangnya. Hal ini dipengaruhi oleh penyerapan nutrisi yang dibutuhkan untuk daya tahan tubuh dan pertumbuhan Si Kecil. Oleh karena itu, ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................