Ini Dia 10 Mainan Edukasi Anak 1 Tahun Keatas!

Jumat, 01 September 2023 | 17:00 WIB Penulis :


Mainan Edukasi Anak 1 Tahun – Saat anak sudah memasuki usia 12 bulan atau 1 tahun, ia sudah mulai dengan mudah mengenali beberapa hal. Anak semakin aktif dan juga semakin tinggi rasa ingin tahunya. Sehingga, orang tua perlu memberikan stimulasi juga agar proses belajar anak semakin optimal.

Sebagai salah satu bentuk stimulasi, mainan anak dapat juga digunakan. Namun, Anda juga perlu beberapa pertimbangan dalam memilih mainan untuk anak. Beberapa pertimbangan tersebut dapat berupa keamanan, kesesuaian dengan usia anak, dan lainnya.

Dalam artikel ini, Tania Kids Center akan memberikan rekomendasi mainan edukasi untuk anak sesuai dengan usianya. Secara lebih spesifik, adalah mainan edukasi anak 1 tahun. Jangan sampai salah memilih karena mainan tersebut tidak sesuai dengan usia anak, atau kurang aman untuk dimainkan oleh anak seusianya.

 

Mainan Edukasi untuk Anak Berusia 1 Tahun

Memasuki usia 1 tahun, anak akan mulai memiliki kemampuan untuk melakukan eksperimen terhadap ukuran, bentuk, dan ruang. Ia juga akan mulai melakukan observasi terhadap lingkungan di sekitar mereka dengan menggunakan indra yang dimiliki. 

Proses tersebut dapat dibantu dengan stimulasi yaitu menggunakan mainan. Mainan memungkinkan anak dengan usia 1 tahun untuk mengasah kemampuan persepsi dengan indra, serta kreativitas dari usia yang dini. Mainan-mainan ini dapat melatih motorik kasar maupun motorik halus anak, di antaranya: 

1. Menyusun Ring Donat

Contoh permainan edukasi anak 1 tahun yang bisa dipertimbangkan adalah permainan menyusun ring donat. Objektif dari permainan ini adalah agar anak dapat menyusun ring donat dari ukuran yang terbesar hingga yang terkecil. Mainan ini dapat terbuat dari berbagai macam material seperti kayu. Jika ada produk dengan material plastik atau karet, pastikan itu aman bagi anak. 

Mainan ini juga memberikan kesempatan anak untuk mengidentifikasi berbagai macam warna, memecahkan masalah, dan juga mengasah kemampuan motorik halus. Selain itu, permainan ini juga akan secara natural menarik anak-anak dengan bentuk dan warnannya. 

 

2. Menyusun Lego atau Balok 

Permainan ini cocok untuk mainan edukasi anak laki-laki 1 tahun. Namun, bukan berarti permainan ini tidak dapat dimainkan oleh anak perempuan. Anak berusia 1 tahun suka mengeksplorasi berbagai warna dan bentuk. Dengan lego atau balok, anak bisa menyusun, membongkar, dan bermain dengan bagian-bagian tersebut. 

Bermain menyusun lego atau balok dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak. Selain itu, permainan ini dapat menumbuhkan juga rasa percaya diri anak ketika ia berhasil menyusun sesuai dengan keinginannya. Permainan ini cukup baik karena bisa mengasah keterampilan sambil bermain. 

3. Mencocokkan Bentuk

Mainan ini sebetulnya cukup sederhana. Biasanya terbuat dari material kayu dengan pewarna yang aman. Material kayu dipilih karena ketahanan bentuknya. Objektif dari permainan ini adalah agar anak dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk tertentu, kemudian memasukkan bentuk tersebut ke lubang yang sesuai. 

Misalnya, ada 3 jenis potongan kayu dengan bentuk bintang, lingkaran, dan segitiga. Maka, anak harus mencocokkan dan memasukkan potongan kayu tersebut ke lubang dengan bentuk yang sesuai. Mainan edukasi ini dapat membantu anak 1 tahun untuk mengasah kemampuan memecahkan masalah. 

 

4. Bermain Bola Karet Bertekstur

Rekomendasi mainan edukasi anak 1 tahun selanjutnya adalah bola karet bertekstur. Biasanya bola ini dilengkapi dengan tekstur menyerupai duri yang lembut dan tidak akan membahayakan anak. Karet dibuat bertekstur agar lebih mudah untuk digenggam anak. 

Bermain bola karet ini dapat dilakukan dengan lebih bebas tanpa adanya objektif tertentu. Namun, permainan ini dapat melatih motorik anak dengan fleksibilitasnya. Anak dapat menangkap, melempar, dan bermain bola dengan bebas. 

5. Bermain Bola Warna-warni

Bola dengan berbagai macam warna dapat menjadi alternatif mainan edukasi anak 1 tahun. Anak akan secara natural tertarik dengan objek yang berwarna-warni. Mereka juga akan lebih senang lagi jika dapat bermain dengan mainan yang berwarna-warni. 

Selain bolanya yang dapat dimainkan, warna yang ada juga dapat menjadi stimulasi bagi anak untuk mengidentifikasi dan mengenali warna. Material bola dari plastik atau karet biasanya memiliki warna yang lebih kontras dan mencolok, dan menarik bagi anak. Maka, pastikan juga mainan tersebut mengandung pewarna dan bahan-bahan yang aman bagi anak. 

6. Menyusun Kayu Berbentuk

Salah satu alternatif mainan edukasi lainnya adalah menyusun kayu bentuk. Mainan ini sebenarnya cocok untuk anak dengan usia 1-3 tahun. Biasanya, objektif dari permainan ini adalah menyusun kayu-kayu dengan bentuk tertentu menuju bentuk lainnya. Mainan ini cukup menarik bagi anak, dan juga fleksibel karena biasanya memiliki bentuk dan warna yang sangat beragam. Anda bisa mendampingi anak Anda saat bermain agar permainan lebih menyenangkan dan manfaatnya bisa lebih optimal. 

 

7. Bermain dengan Boardbook Interaktif

Board book adalah sebuah buku, biasanya terbuat dari material yang cukup tebal seperti karton. Buku ini berisikan gambar atau ilustrasi-ilustrasi sederhana yang menarik bagi anak-anak. Buku ini berbagai informasi dan pengetahuan untuk mengenalkan anak pada dunia luar dengan cara yang menarik. Biasanya, buku ini juga bermanfaat untuk membuat anak-anak lebih familiar dengan berbagai objek maupun konsep yang ada di dunia. 

8. Bermain dengan Musik 

Mainan musik sederhana. Permainan yang berhubungan dengan musik merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda pertimbangkan sebagai mainan edukasi anak 1 tahun. Mainan musik yang dimaksudkan mungkin adalah mainan sederhana yang dimainkan dengan cara ditekan atau dipukul seperti xylophone. 

Selain untuk membuat anak familiar dengan musik, permainan itu juga bisa mendorong kemampuan motorik halus dan koordinasi gerak anak. Ajaklah juga anak untuk bernyanyi saat memainkannya agar ia juga melatih kreativitas serta kemampuan berbicaranya. 

9. Bermain Puzzle Sederhana

Rekomendasi permainan edukasi anak berikutnya adalah puzzle. Puzzle yang dimaksud adalah yang bentuknya sederhana dan relatif lebih besar. Potongan-potongan tersebut dibuat lebih besar agar lebih mudah dan tidak membingungkan anak. 

Anda bisa memilih puzzle untuk mainan edukasi anak 1 tahun dengan gambar-gambar yang juga menarik bagi mereka. Misalnya adalah gambar hewan, buah-buahan, dan objek lainnya yang berwarna-warni. Puzzle dapat melatih hand-eye coordination serta melatih kemampuan memori visual anak. 

10. Berkreasi dengan Kitchen Set Mainan

Kitchen set umumnya merupakan mainan yang lebih ditujukan untuk anak perempuan. 

Mainan kitchen set umumnya cocok sebagai mainan anak perempuan 1 tahun. Dengan mainan ini, anak akan bermain masak-masakan atau bermain peran pura-pura berada dalam jamuan makan. Hal ini dapat mengasah kreativitas dan imajinasi anak.

Artikel Lainnya

Ketika Asisten Rumah Tangga (ART) mudik dan Anda kehabian waktu serta tenaga untuk cuci-jemur-setrika pakaian, maka jasa laundry kiloan yang saat ini bertebaran dapat digunakan. Namun perhatikan 7 h...

Dalam buku Tumbling Toddlers,  Jeff Lula, President of Fun & Fit Gymnastics Centers di California, AS,  menjelaskan bahwa jungkir balik atau koprol adalah wujud kesiapan motorik kasar da...

Sebagai makhluk sosial, kita butuh berinteraksi dengan orang lain. Nah, agar hubungan kita dengan orang lain berjalan baik, tentu dibutuhkan sopan santun. Sopan santun harus ditanamkan pada anak sejak...

Siapa pun tahu bahwa kelebihan garam berakibat buruk pada kesehatan. Itu sebabnya, banyak Bunda yang membatasi konsumsi garam pada anaknya, bahkan meniadakannya sama sekali. Padahal, garam merupakan s...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................