Tes Psikologi Bagi Anak Pengidap Autis

Selasa, 11 Juni 2024 | 14:14 WIB Penulis :


Tes Psikologi Anak Autis

Autisme adalah gangguan pada saraf yang dapat mempengaruhi perkembangan seseorang. Tes psikologi anak autis perlu dilakukan sebelum dokter memberikan diagnosis. Diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Skrining Perkembangan

Pada tes ini bisa dikatakan sebagai tes autisme singkat. Tujuannya untuk menguji apakah anak benar mengalami keterlambatan perkembangan? Lalu, dokter akan bebicara pada orang tua terkait perkembangan anak dan tak jarang ia juga akan mengajak anak bermain. Hal ini dilakukan untuk mengetahui cara bereaksi, belajar, berbicara, bergerak, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain.

2. Penilaian Fisik

Penilaian fisik dilakukan untuk memastikan semua perkembangan dalam keadaan normal. Mulai dari tinggi, berat badan, dan lingkar kepala menjadi penilaian dokter. Selain itu tes pendengaran juga tidak luput dari pemeriksaan. Dokter juga akan memriksa terkait dengan masalah pendengaran dan keterlambatan perkembangan termasuk kemampuan bahasa.

3. Penilaian Perilaku

Dokter akan mengulas riwayat kesehatan anak. Lalu, dokter akan memberikan pertanyaan terkait perkembangan anak. Misalnya bagaimana anak tersebut meminta sesuatu apakah menunjuk atau diam saja? Biasanya seorang anak autisme akan diam saja dan tak menunjuk apapun saat menginginkan sesuatu. Lalu dokter akan melakukan penilaian perilaku dengan panduan diagnostik yang mungkinsesuai dengan gejala autisme.

4. Tes Laboratorium

Selanjutnya tes autisme lewat laboratorium digunakan untuk menentukan masalah fisik yang menyebabkan anak autisme. Nantinya akan dilakukan tes DNA (genetik). Lalu, tes timbal (logam beracun) untuk mengukur jumlah timbal dalam darah anak. Jadi, logam beracun ini dapat menyebabkan kerusakan otak. Pindai (scan) MRI bisa dilakukan untuk menunjukkan gambar detail otak. Analisis kromosom dilakukan jika dicurigai memiliki kelinan mental di bawah rata-rata. Diagnosis autisme setiap orang bermacam-macam dari satu orang ke orang lainnya. Oleh karena itu, konsultasikan kepada dokter untuk mendeteksi apa yang dialami anak benar autisme atau bukan.

Persiapan Konsultasi Psikologi Anak

Sebelum melakukan konsultasi pada psikolog, ada baiknya orang tua memerlukan persiapan terlebih dahulu. Pastikan permasalahan yang ditemui pada anak. Misalnya, kapan masalah psikologis anak muncul, faktor pemicu, bahkan riwayat tumbuh kembang anak dan riwayat kehamilan. Jika diperlukan orang di luar keluarga seperti, pengasuh, guru, tetangga bisa dilibatkan saat sesi konsultasi psikologi anak untuk memberikan informasi terkait kondisi psikologis anak.

Prosedur Konsultasi Psikologi Anak

Saat memutuskan untuk konsultasi seputar kesehatan mental anak ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan. Hal utama yang dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung pada anak. Selain orang tua dan anak, orang di luar keluarga juga dilibatkan untuk memberikan informasi terkait psikologi anak. Prosedur wawancara yang dilakukan antara lain sebagai berikut.

  • Wawancara terkait perkembangan anak sejak lahir.
  • Riwayat pertumbuhan anak, seperti tinggi badan, berat badan, lingkar kepala sesuai dengan usianya.
  • Gejala gangguan mental pada anak.
  • Masalah psikis yang diderita pada anak.
  • Kondisi psikis orang tua, keluarga dekat.
  • Riwayat medis dan pengobatan yang pernah dijalani.
  • Hubungan anak dengan keluarga dan lingkungan.

Itulah serba-serbi terkait tes psikologi anak. Sebagai orang tua perlu mengetahui karakter dan perkembangan setiap anak. Dengan demikian, Anda lebih mudah mengetahui minat dan bakat, serta membantu dalam pola asuh anak.

Telah direview oleh dr. Edwin Halim

 

Source : https://www.ciputramedicalcenter.com/

Artikel Lainnya

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya di jauhkan dari balita agar tidak mengalami peristiwa peristiwa seperti tersedak. kejadian yang di alami anak usia 2 tahun yang meninggal karna tersedak popcorn, ...

Tidak mudah untuk mengakhiri rengekannya ketika Moms akan pergi. Belum lagi ketika di perjalanan atau sedang bekerja, Moms akan selalu memikirkan ia sedang mencari-cari Moms. Ketika anak sudah besa...

Menanamkan citra diri atau body image positif pada anak penting banget, Moms. Dengan begitu, anak bisa menerima dirinya, tidak minder dan percaya diri. Nah, ada lho empat cara yang bisa Momm...

Tengok cara mengobati gatal-gatal pada anak sesuai penyebabnya, yuk mom! Gatal-gatal adalah gejala dermatologis umum yang bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Penyebab gatal-gatal pada anak...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................