Agar Anak Cepat Bicara

Selasa, 20 September 2016 | 08:35 WIB Penulis : Erni Wulandari


Apa yang biasanya Bunda lakukan untuk melatih perkembangan bahasa anak? Mengajak anak berbincang-bincang merupakan salah satu cara paling mudah untuk menstimulasi kemampuan bahasanya. Dikutip dari The Piri-piri Lexicon inilah tujuh cara yang dapat Bunda lakukan untuk menstimulasi kemampuan bicara balita.

1. Penjelasan
Saat bicara, berikan penjelasan dan gambaran yang dapat anak mengerti tentang apa yang sedang Bunda lakukan, kemana akan pergi, apa yang bisa Bunda lihat. Jelaskan kehidupan di sekitar yang dapat dilihat oleh anak Bunda. Jelaskan hal-hal yang disukai anak.

2. Bertanya
Walaupun balita Bunda belum menjawab seeprti orang besar, berikan mereka pertanyaan. Berikan banyak intonasi saat Bunda bertanya sehingga mereka mengerti bahwa itu adalah sebuah pertanyaan yang memerlukan jawaban.

3. Bacakan Cerita
Ciptakan imajinasi untuk anak melalui cerita tentang benda-benda di sederhana atau orang yang ada di sekitar Bunda.

4. Tetap Positif
Bicara dan mengatakan sesuatu tidak hanya sekadar menyuruh atau meminta anak melakukan sesuatu. Jadikan saat Bunda bicara dengan balita menjadi waktu yang menyenangkan dan positif.

5. Hindari Bahasa Bayi
Anak dapat mengerti lebih dari apa yang kita pikirkan sejak ia masih kecil. Sehingga, sebenarnya Bunda tidak perlu berbicara dengan menggunakan bahasa bayi. Gunakan bahasa yang benar dan mudah dipahami anak.

6. Bahasa Tubuh
Faktanya, tak melulu melalui kata-kata, bahasa tubuh yang Anda tunjukkan dapat membuat anak memahami lebih banyak.

7. Belajar Mendengarkan
Menstimulasi anak berbicara, berarti Bunda pun harus belajar menahan diri saat bicara dan memberikan kesempatan pada mereka untuk merespon dan menjawab.

 

Sumber : Ayahbunda

Artikel Lainnya

Para orang tua tentu kesulitan menghadapi perilaku anaknya yang berlari kesana kemari, tidak bisa diam. Lepas dari pengawasan sedikit saja, sang anak tiba-tiba bisa menghilang, tidak diketahui pergi k...

Mengingat banyaknya kebutuhan yang membutuhkan uang, kita perlu mengatur uang dengan baik. Dan cara mengolah uang terbaik adalah dengan menabung.  Menabung berarti menyimpan sejumlah uang yang...

Ada gangguan yang membuat Moms khawatir, yaitu kejang demam pada anak.  Penyebabnya, kejang demam pada anak kalau tak tepat ditangani dikhawatirkan dapat merusak sel-sel syara...

1. Perlukah hadiah berupa pujian? Memuji anak merupakan bentuk rasa cinta orang tua kepada balita. Pujian ini dapat membentuk anak memiliki rasa percaya diri. Anak merasa bahwa orang-orang di sekitar...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................