Cara Mengetahui Cita - cita Anak

Kamis, 16 Juni 2016 | 15:31 WIB Penulis : Erni Wulandari


Setiap anak pasti punya banyak khayalan dan mimpi mengenai apa yang menjadi cita-cita mereka. Sudah menjadi tugas orangtua untuk membantu si kecil mengetahui cita-citanya. Apa yang menjadi cita-cita mereka turut dipengaruhi oleh peran orangtua. Untuk membantunya, Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut sebagai cara mengetahui cita-cita anak.

Mona Sugianto, seorang psikolog mengatakan hal pertama yang perlu orangtua lakukan adalah rajin bertanya. “Perkembangan setiap anak berbeda-beda. Kita tidak pernah tahu kalau ada jeda waktu tiba-tiba sudah banyak perubahan.

Rajin berkomunikasi dengan si kecil tidak hanya mempererat hubungan yang baik tetapi  Bunda juga bisa menggali potensi, bakat serta cita-cita anak sejak dini. Menurut Mona, tidak hanya bertanya saja, orangtua pun harus mengetahui alasan apa yang ada di balik cita-cita tersebut. Jangan sampai cita-cita yang ia miliki disebabkan oleh hal-hal buruk seperti mau jadi dokter untuk punya banyak uang.

"Orangtua harus mengetahui anak melihat apa dan melihat darimana sehingga ia memiliki cita-cita tersebut. Jika ada yang tidak pas, orangtua bisa membenarkan sejak awal,” ujarnya. Salah satu prinsip menentukan cita-cita adalah bukan soal enak tetapi benar. Cita-cita yang benar juga harus didasari oleh apa yang anak suka dan bakat yang ia miliki.

Bunda4 juga jangan sampai terjebak pada kondisi cita-cita yang berbentuk profesi umum seperti dokter. Ada banyak hal yang bisa dilakukan si kecil seperti menyanyi, melukis hingga kemampuan komunikasi yang baik. Bakat tersebut kini sudah bisa menjadi pekerjaan. Jadi, jangan sampai anak tidak menemukan cita-cita sesuai dengan apa yang ia sukai.

Lingkungan sekitar menjadi faktor penting dalam mengetahui cita-cita anak. Bunda tak perlu menyalahkan sekolah atau film yang ia tonton jika ia memandang sebuah cita-cita dengan salah kaprah. Orangtua dan lingkungan keluarga menjadi filter dan pendukung anak untuk menemukan cita-citanya. Tak hanya itu, keluarga harus membantu anak dapat mencapai cita-cita tersebut dengan disiplin dan kesabaran.

 

Sumber : Nakita

Artikel Lainnya

Banyak orang tua yang panik saat terkena flu, apalagi biasanya flu pada anak di sertai dengan batuk dan demam. Ada banyak mitos-mitos yang di percaya masyarakat selama ini tentang flu pada anak. ...

Fluoride umum ditemukan dalam kandungan odol. Namun, apakah ada bahaya fluoride yang perlu diwaspadai jika ada di dalam pasta gigi Si Kecil?   Kesehatan gigi anak perlu diper...

Ikan teri merupakan salah satu jenis dari keluarga ikan anchovy. Ukurannya tergolong mini, hanya berkisar antara 2-4 cm, tapi ikan teri memiliki karakteristik cita rasa yang unik. Yang paling terkenal...

Pada dasarnya, tangisan bayi merupakan caranya berkomunikasi untuk mengatakan kalau ia sakit, lapar, atau mengantuk. Tetapi, bagaimana jika bayi Anda sering menangis saat ditinggal oleh Moms walau han...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................