Peran Ayah Dalam Tumbuh Kembang

Selasa, 21 Juni 2016 | 11:56 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ikatan batin dengan anak memang diperlukan untuk orangtua. Tidak hanya dengan  Bunda saja, si kecil juga butuh memiliki ikatan batin dengan Ayah. Ada banyak dampak buruk jika tidak ada peran ayah dalam tumbuh kembang anak. Selain menghambat tumbuh kembangnya, akan banyak hal negatif yang mungkin menyerang seorang anak jika tidak ada hubungan antara si kecil dan ayah.
1.Melindungi
Sosok Ayah dikenal sebagai sosok yang melindungi. Jika anak memiliki sosok Ayah di sampingnya mereka akan merasa telindungi dari bahaya. Peran melindungi ini dapat membuat si kecil jadi jauh lebih pemberani. Tidak hanya itu, memiliki perasaan dilindungi akan membuat anak melindungi orang lain. Anak laki-laki misalnya akan melindungi perempuan dan tidak membuat mereka jadi pelaku kejahatan seksual. Anak akan memahami bahwa ia perlu melindungi orang lain dan menghormati seorang perempuan.

2.Disiplin
Meski banyak Ayah yang terlihat lebih galak, namun Ayah memang berperan dalam mengajarkan kedisplinan pada anak. Ketegasan yang diterapkan akan membentuk anak menjadi disiplin. Kedisiplinan ini akan membantu anak menjadi orang sukses. Anak akan menjadi orang yang bertanggung jawab dan tidak menyepelekan apa yang sudah menjadi tugasnya sebagai seorang anak.

3. Percaya diri
Saat bersama seorang ayah, anak cenderung melakukan berbagai hal yang mungkin belum pernah ia lakukan. Rasa keberanian yang ditularkan oleh Ayah membuat si kecil akan jauh lebih percaya diri. Anak yang percaya diri akan memiliki keterampilan sosial yang baik. Salah satu kunci kesuksesan anak adalah bagaimana anak mampu beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.

4.Kecerdasan emosi
Beda dengan seorang Bunda, Ayah punya kestabilan emosi. Bunda sering kali memiliki emosi yang tidak stabil karena disebabkan oleh perubahan hormon. Sementara seorang Ayah punya kestabilan emosi sehingga anak belajar untuk mengontrol emosi. Kecerdasan emosi sangat penting bagi seorang anak dalam menghadapi kehidupan sosial.

5.Mandiri
Seorang ayah bisa mengatasi ketakutan seseorang anak sehingga anak tidak terbiasa dengan rasa manja. Dengan begitu, peran ayah dalam tumbuh kembang anak dapat membuat anak jadi jauh lebih mandiri. Interaksi yang dibuat oleh Ayah akan membuat anak tidak memiliki rasa takut dan ketergantungan oleh orang lain. Si kecil dapat menjadi sosok mandiri dengan bantuan ayah.

Sumber : Nakita

Artikel Lainnya

Amelia Hirawan seorang psikolog anak dalam satu kesempatan menegaskan, ada dua faktor yang memengaruhi perilaku anak, yaitu faktor internal (pembawaan) dan eksternal (lingkungan, orang tua dan keluarg...

Tak terasa libur sekolah sudah hampir usai. Si kecil pun kini harus siap-siap untuk kembali ke sekolah. Masuk sekolah lagi bisa jadi momen yang membuat si kecil gelisah. Setelah liburan panjan...

Gadget, mempunyai pengaruh yang besar pada perkembangan anak-anak zaman sekarang. Bagi Bunda yang menerapkan aturan bijak pada anak dapat berpengaruh positif sebagai media pembelajaran yang menyenangk...

Tengok cara mengobati gatal-gatal pada anak sesuai penyebabnya, yuk mom! Gatal-gatal adalah gejala dermatologis umum yang bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Penyebab gatal-gatal pada anak...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................