Pentingnya Tidur Siang Untuk Anak

Jumat, 19 Agustus 2016 | 09:34 WIB Penulis : Erni Wulandari


Biasanya kita hanya berbicara sekitar tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk anak. tahukah Bunda pentingnya tidur siang untuk si kecil.

Bobok siang, misal, diyakini dapat memulihkan kondisi anak. Ini tak sekadar kondisi fisik namun juga psikologis dan kewaspadaannya setelah lelah beraktivitas. Dengan beristirahat sejenak, anak juga jadi enggak rewel dan lebih bisa berkegiatan dengan ceria di sore dan malam hari.

Jumlah waktu tidur siang anak-anak di usia batita sebenarnya lebih sedikit dibanding kala bayi. Pada saat baru lahir hingga bulan kedua, jumlah tidur siang dan malam buah hati hampir sama yaitu 8 jam tidur siang dan 8 jam tidur malam. Dengan bertambahnya usia, jumlah tidur siang berkurang. Pada usia 1 tahun anak cukup tidur siang selama 2,5 jam, sedangkan usia 3 tahun hanya sekitar 1 jam tidur siang. Nah, di atas 3 tahun, tidur siang tidak diharuskan lagi.

Lalu, kapan waktu tidur siang yang dianjurkan? Di usia batita, sebaiknya si kecil sudah bangun dari tidur siang sebelum pukul 16.00. Tidur siang juga jangan sampai kelamaan, baru bangun setelah pukul 18.00, misalnya. Hal ini tentu akan membuat si kecil sulit untuk tidur malam.

Bagaimana kalau si batita enggak mau tidur siang? Dengan melihat segala manfaat tidur siang untuk anak tadi, tidur siang tetap dibiasakan ya, Bunda. Bagi anak yang belum terbiasa tidur siang, membujuknya memang terkadang tidak mudah.

Namun tak perlu patah semangat, pada usia ini anak sudah dapat berkomunikasi meski secara sederhana. Beri ia pengertian yang mudah dicerna. “Tidur dapat membuat badan Adek sehat dan kuat seperti Power Ranger”.

Nah, karena tidur siang bermanfaat untuk anak, upayakan agar si batita selalu tidur siang. Tapi jangan lupa, jangan sampai tidurnya kesorean ya Bunda.

Sumber : Nakita

Artikel Lainnya

Tahun lalu, pemerintah telah menggelar vaksinasi MR untuk anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di seluruh Pulau Jawa. Kini giliran Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Bali, Maluku dan P...

Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Anak 1. Bila mengalami infeksi jamur tinea capitis, sebagai pengobatan awal bisa dengan menggunakan obat antijamur yang diminum selama sekitar delapan minggu. Kemu...

Bullying pada anak adalah masalah besar karena para korbannya masih sangat muda. Selain itu, bullying pada anak juga menjadi masalah nyata yang membutuhkan perhatian untuk mengelolanya ...

Seiring berjalannya waktu, jumlah pekerjaan rumah akan meningkat. Hal ini disebabkan karena jumlah atau usia anggota keluarga bertambah sehingga keperluan dan kebutuhannya juga meningkat. Beberapa ...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................