Kebiasaan Yang Menyebabkan Mata Minus

Rabu, 12 Oktober 2016 | 11:02 WIB Penulis : Erni Wulandari


Penyebab Mata Minus Pada Anak

Banyak anak usia di bawah 10 tahun sudah mengenakan kacamata. Mungkin memang sedang trend atau mungkin anak-anak tersebut memang menderita mata minus. Mata minus dalam istilah kedokteran dikenal dengan miopia. Hal ini merupakan kelainan mata dikarenakan bayangan optik jatuh tidak fokus pada retina, melainkan di depan retina sehingga membuat bayangan terlihat kabur. Anak penderita miopi ini biasanya menonton televisi, melihat papan tulis atau membaca buku dari jarak dekat agar terlihat lebih jelas.

Penyebab Mata minus
Yang paling umum adalah kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari, seperti kurang mengkonsumsi makanan sehat. Pola makan dengan gizi seimbang sangat berpengaruh terhadap mata. Anak harus membiasakan makan makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat, sayur mayur dan lengkapi dengan buah-buahan. Mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan, selain tak baik bagi tubuh juga tak baik pada ketajaman mata.
Penyebab mata minus lainnya yang tak terhindarkan adalah faktor keturunan, orang tua dengan mata minus cenderung mewariskan sifat ini pada anak-anak mereka.

Berikut ini beberapa kebiasaan penyebab mata minus pada anak :

1. Kurang mengkonsumsi Zat Karoten.
Salah satu penyebab mata mnus adalah kurangnya zat karoten, sehingga anak diharuskan makan-makanan yang mengandung zat tersebut. Zat penting dalam perkembangan fungsi pengelihatan ini banyak di temukan pada sayur-sayuran seperti wortel, bayam, tomat dan sayur-sayuran berwarna lainnya. Sedangkan buah yang dianjurkan antara lain pisang, pepaya, buah naga, apel dan umbi-umbian. balita yang masih dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan makan makanan tersebut agar perkembangan pengelihatannya sempurna.

2. Tidur dalam kamar dengan cahaya terang.
Mata minus juga bisa di sebabkan karena kebiasaan yang salah. Anak yang tidur dalam keadaan terang memiliki potensi lebih mudah mengalami mata minus. Bayi 0-2 tahun berisiko mengalami mata minus ketika si kecil sering tidur malam dalam kedaan terang. Usahakan lampu kamar dalam keadaan redup untuk meminimalisasi resiko rabun pada anak.

3. Menatap komputer atau televisi dalam dekat.
Penggunaan komputer atau televisi terlalu lama dalam jarak dekat dapat mengakibatkan mata minus pada anak. Sebaiknya kurangi penggunaan komputer tablet atau televisiLebih baik ajak si kecil beraktifitas fisik seperti bermain di outdoor agar kegiatannya seimbang.

4. Menggunakan gadget di ruangan yang gelap.
Seringkali orang tua menggunakan gadget seperti smartphone atau komputer tablet untuk memutar film agar anak cepat tidur. Padahal menatap layar tablet di ruangan yang gelap bisa merusak mata. Karena retina harus bekerja keras saat menyesuaikan antara cahaya terang dari layar gadget dengan minimnya cahaya pada ruangan.

5. Melihat bacaan dengan huruf kecil.
Melihat tulisan-tulisan yang kecil memaksa mata anak bekerja lebih keras. Karena itu pilih buku-buku khusus anak atau balita dengan tulisan besar walaupun si kecil belum bisa membaca sendiri. Pilih gambar dan warna yang menarik sehingga merangsang visualnya.

Artikel Lainnya

Tips agar Balita Tidak Suka Memukul Reaksi Bunda saat melihat Si Kecil memukul adalah kunci perubahan kebiasaannya. Simak beberapa panduan di bawah ini agar Si Kecil yang masih balita berhenti memu...

Moms, tentunya ingin Si Kecil memiliki gigi yang sehat dan kuat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengajarkannya untuk menyikat gigi sejak dini. Namun jangan asal memilih pasta gigi bagi buah hati Anda ya, ...

Makanan peninggi badan anak bukanlah mitos belaka. Sebab, berbagai penelitian telah membuktikan kebenarannya. Para ahli juga percaya, berbagai makanan ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak ...

Masuk angin bukanlah suatu penyakit yang serius bagi Si Kecil dan bisa ditangani dengan cara yang alami Semakin bertambah usia dan perkembangan bayi, maka semakin besar juga rasa ingin tahunya deng...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................