Waspada Anak Alami Dry Drowning

Senin, 17 Oktober 2016 | 10:42 WIB Penulis : Erni Wulandari


Dry drowning berarti tenggelam dalam kering atau tenggelam tanpa air. Saat ajak si kecil selesai berenang mungkin Bunda mengira tugas menjaganya sudah selesai ya Bunda. Tapi tahukah Bunda si kecil bisa terkena 'dry drowning'.

Dalam kasus Dry Drowning bisa dengan sedikit air atau bahkan tanpa air yang masuk kesaluran napas bisa menyebabkan spasme atau kekakuan laring (tenggorokan) secara mendadak. Itu terjadi karena laring menutup, sehingga respons untuk melindungi agar air tidak masuk, begitu pula udara. Akibatnya anak pun kesulitan bernapas karena laring butuh waktu lama untuk meregang atau santai, sehingga semakin lama tubuh kekurangan oksigen. Dry drowning biasanya mulai terjadi setelah anak keluar dari air.

Kenali Gejalanya
Oleh karena itu, meski sudah selesai bermain di kolam renang atau laut, Bunda harus tetap waspada gejala berikut :

  • Insiden kolam renang

Saat si kecil berenang dan di tolong oleh pengawas kolam/laut karena mengalami masalah. Setiap anak yang di tarik keluar dari air, meski tampak baik-baik saja tetap harus menjalani pemeriksaan medis. Minimal telpon dokter anak langganan Bunda.

  •  Batuk

Awasi jika muncul batuk-batuk yang membandel, apalagi jika anak tampak sesak karena hal tersebut.

  • Ritme napas tidak normal

Perhatikan napasnya apakah jadi cepat dan pendek-pendek, lubang hidung kembang-kempis dan tulang iganya terlihat saat bernapas. Semua itu merupakan gejala kesulitan bernapas segeralah bawa si kecil ke rumah sakit.

  • Mengantuk

Ketika anak tampak mengantuk setelah bermain di kolam, biasanya orang tua memaklumi. Kelelahan karena terlalu asyik bermain. Hati-tahi kantuk berlebihan bisa diakibatkan kurangnya asupan oksigen dalam darah. Jangan biarkan anak tertidur sebelum pemeriksaan medis.

  • Tidak konsentrasi dan terjadi perubahan prilaku

Turunnya kadar oksigen dalam tubuh anak juga bisa menggejala dalam rupa prilaku agak ling-lung dan tampak kurang bugar.

  • Muntah

Muntah adalah pertanda tubuh anak mengalami tekanan akibat inflamasi dan kekurangan oksigen. Ia juga bisa timbul dari gejala dry drowning lainnya, seperti batuk berkepanjangan dan tercekik.

Artikel Lainnya

Bolehkah bayi dimandikan setelah imunisasi? Menurut kids childrens health, Moms atau Dads bisa memandikan sebelum atau sesudah Si Kecil diimunisasi. Tapi, mungkin bisa menunggu selama 24 jam. Ka...

Seberapa Penting Konsumsi Suplemen Vitamin untuk Anak? Pada dasarnya, pemberian suplemen hanya wajib diberikan pada anak yang kurang mendapatkan nutrisi dari asupan makanan sehari-hari. Makanan yan...

Banyak penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi dapat berakibat terkena penyakit serius. Hal ini disebabkan karena gigi merupakan salah satu bagian yang ...

Orang tua yang memiliki anak dengan alergi biasanya harus ekstra selektif dalam memilih bahan makanan. Dan sebagian besar dari Bunda berharap Bisa di hilangkan, berikut menurut doker. Menurut dr Vera...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................