Sayur Segar VS Sayur Beku, mana Yang Lebih Baik ?

Jumat, 10 Februari 2017 | 10:34 WIB Penulis : Erni Wulandari


Ada dua jenis sayuran yang kini di jual dipasaran sayur segar dan sayur beku. Di antara kedua jenis sayuran ini, sayuran beku tidak dianjurkan karena dianggap tidak segar dan memiliki bahan pengawet, bernarkan demikian ?

konsultasi nutrisi Jansen Ongko, MSc, RD, menyebutkan saat ini memang banyak orang menganggap kalau buah dan sayur segar lebih menyehatkan daripada yang dibekukan. Namun kenyataannya tidak selalu demikian loh Bunda. Penelitian menunjukan ternyata sayur dan buah beku tak kalah sehat dibandingkan dengan yang masih segar.

Sayuran beku, sayur tersebut langsung dibekukan setelah dipanen sehingga kandungan gizinya tetap terjaga. Makanan beku tetap memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, polyphenol, antocyanin, lutein dan beta karoten.

Sayuran dan buah segar yang akna dibekukan biasanya dipilih dari yang benar-benar bagus dan masak, saat nutrisinya sedang dalam puncak tertinggi. Tahap awal membekukan sayuran adalah memblansir(merebus sebentar dengan air mendidih) atau mengukus untuk membunuh bakteri dan mencegah berkurangnya enzim karena banyak vitamin larut dalam air seperti vitamin C dan vitamin B.

Proses pembekuan tersebut akan membuat nutrisi penting terkunci dengan baik, sehingga tidak sepenuhnya tepat jika dikatakan sayuran beku tidak menyehatkan. Sayuran merupakan makanan sehat yang harus di konsumsi setiap hari.

Selain itu untuk memenuhi serat harian, sayur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Namun karena alasan tertentu, terkadang sulit menemukan sayur segar, sayuran beku bisa dijadikan alternatif.
 

Artikel Lainnya

Sarapan pagi penting sebagai modal energi untuk beraktifitas, namun survei terbaru dari Inggris menyebut menu sarapan pagi anak bisa jadi tidak sehat karena kebanyakan gula. Public Health England meri...

Rasanya setiap Ayah ‘tidak rela’ bayi perempuannya tumbuh menjadi gadis kecil, yang suatu hari nanti akan beranjak remaja. Tetapi, pertumbuhan anak tidak akan bisa dielakkan. Dan bagaimana...

Apakah Anda memiliki banyak bahan bekas di rumah? Eits, jangan buru-buru dibuang ya. Anda bisa memanfaatkan barang-barang tersebut untuk membuat kerajinan tangan bersama sang buah hati. Selain meng...

Mendengkur ketika sedang tidur sering kali dianggap remeh oleh kebanyakan orang. Padahal, mendengkur bisa jadi tanda bahwa seseorang mengalami gangguan sleep apnea, yaitu tersumbatnya pasokan oksigen,...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................