Gangguan Mata Anak Karena Kelamaan Main Gadget

Senin, 28 Agustus 2017 | 11:09 WIB Penulis : Erni Wulandari


Si kecil sering mengeluh matanya terasa panas dan gatal. Belum lagi, Bunda juga kerap melihatnya mengusap matanya karena berair, padahal ia tidak sedang menangis.

Bunda perlu curiga, jangan-jangan ini disebabkan kebiasaan si kecil yang terlalu lama menatap layar tablet, entah itu bermain game atau menonton acara favoritnya di YouTube.

Ya, anak-anak mana, sih, yang tak tertarik dengan gadget saat ini? Tak cuma terpesona dengan aneka permainan seru yang bisa diunduh sesukanya, tapi juga bentuknya yang handy dan pas dengan ukuran tangan si kecil.

Sudah bisa dipastikan, mereka bakal betah berlama-lama memainkannya. Sesekali Bunda juga pasti pernah menggunakan gadget untuk membujuk si kecil agar tenang. Tak heran jika perilaku ber-gadget ria ini lama kelamaan menjadi kebiasaan. Entah berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk menatap layar gadget.

Nah, kebiasaan menatap layar gadget (atau televisi), ternyata punya andil dalam beberapa masalah kesehatan mata anak.

Menurut penelitian, akibat perkembangan teknologi, diperkirakan anak-anak yang memakai kacamata akan mengalami kenaikan 20% setiap tahun.

Mata anak-anak yang masih berkembang sampai sekitar usia 15-16 tahun, bila terus-menerus dipakai (berkontraksi) tanpa mengenal lelah atau beristirahat (seperti menonton televisi atau ’memelototi’ gadget), menurut Dr Florence M. Manurung, SpM, spesialis mata anak yang sekaligus Ketua Children Eye Care Jakarta Eye Center Kedoya, dapat memberi pengaruh sebagai berikut:
 
- Otot-otot mata menjadi cepat lelah, dan membuat penglihatan menjadi buram.
- Bola mata menjadi lebih lentur/memanjang yang menyebabkan si kecil rentan menderita rabun jauh (miopia).
- Frekuensi berkedip akan berkurang, sehingga mereka akan sering mengeluh matanya perih/nyeri, atau mengalami mata kering.

Tak sampai di sini, Bun. Kondisi di atas ternyata masih akan memberi dampak jangka panjang pada si kecil.

Misalnya, karena mata lelah dan penglihatan menjadi buram, si kecil akan sering mengeluh pusing saat harus melihat jauh. Pada akhirnya, ia akan kesulitan berkonsentrasi, sehingga prestasi belajarnya menurun atau bahkan malas sekolah.

Satu hal yang tak kalah penting adalah, sinar biru yang dipancarkan oleh layar elektronik (gadget dan televisi) akan memengaruhi retina pada jangka panjang. Padahal, retina anak-anak masih sangat sensitif terhadap sinar biru. Bila dibiarkan, kerusakan retina ini akan memengaruhi penglihatan sentral dan ketajaman mata pun jadi berkurang lebih cepat.

 

Sumber : parenting

Artikel Lainnya

Kemampuan anak untuk mendengarkan nasihat perlu dilatih sejak dini, agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang taat aturan. Namun, kebanyakan anak-anak masih belum mau mendengarkan orang tua mereka, ...

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan vaksin Covid-19 buatan perusahaan China, Sinovac, untuk anak berusia enam sampai 11 tahun. Vaksinasi untuk anak usia sekolah dasa...

Layaknya orang dewasa, Si Kecil juga memiliki beragam perasaan. Setiap anak juga memiliki karakteristik yang khas dan khusus, yang dapat membedakan mereka dengan teman seusianya. Yuk, kita gali l...

Kementerian Kesehatan menerbitkan surat edaran langkah-langkah vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil. Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan yang berisiko terpapar Covid-19 dengan gejala bera...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................