Bantu Anak Menjadi Cerdas, Percaya Diri, dan Ingin Tahu

Senin, 29 Juli 2019 | 08:15 WIB Penulis : Erni Wulandari


Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Tidak seperti generasi sebelumnya yang berkenalan dengan teknologi secara bertahap, anak-anak saat ini sudah akrab dengan kecanggihan dunia online sejak kecil - mereka bisa belajar dari mana saja dan kapan saja.

Nah, berikut beberapa  tips dan trik untuk Moms dan si kecil agar bisa belajar dan bermain bersama sekaligus mengoptimalkan manfaat internet.

1. Belajar lebih dari seratus bahasa baru dengan bantuan Google Translate

Tiga belas tahun lalu, Google Translate diluncurkan untuk mengatasi hambatan bahasa dan menjadikan dunia lebih mudah diakses. Sejak itu, Google Translate telah berkembang dari yang semula mendukung dua bahasa saja menjadi 103 bahasa. Dengan fitur-fitur seperti World Lens sampai percakapan bilingual, Google Translate membantu orang melihat dunia dalam berbagai bahasa dan memungkinkan mereka saling berkomunikasi meski menggunakan bahasa yang berbeda.

 

2. Menjelajahi keindahan Indonesia di Google Arts & Culture (dan bermain-main dengan aplikasinya!)

Perpaduan seni dan teknologi ini menghadirkan cara-cara baru untuk berinteraksi. Tab ‘Kamera’ dalam aplikasi Google Arts & Culture adalah pintu baru menuju dunia kesenian digital yang menyenangkan, memungkinkan Moms menemukan karya seni yang mirip dengan selfie Anda atau mengetahui hubungan warna dari gambar-gambar. Dengan fitur augmented reality-nya, Moms dapat menjelajahi galeri virtual atau melihat karya seni berukuran nyata kapan saja dan di mana saja. Buka bagian Indonesia untuk melihat kekayaan budaya terbaik dari Indonesia. Dari monumen kuno hingga seni kontemporer, dapatkan inspirasi dari keindahan negara kita yang mengagumkan.

 

3. Menghadirkan kembali keajaiban cerita rakyat Indonesia dengan inisiatif Dongeng, Yuk! di YouTube atau YouTube Kids

Membacakan cerita rakyat telah menjadi tradisi bagi orang tua Indonesia saat menemani anak tidur. Bawang Merah dan Bawang Putih dari Riau, Malin Kundang dari Sumatra Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, dan berbagai cerita lain masih sangat lekat dalam ingatan kita. Cerita rakyat tidak terpisahkan dari budaya dan tradisi Indonesia karena masing-masing mengandung pesan yang perlu diajarkan dan diwariskan ke generasi berikutnya. Akan tetapi, beberapa cerita mulai dilupakan seiring waktu. Inilah motivasi di balik pembuatan seri YouTube berjudul “Dongeng, Yuk !”, yang ingin menghidupkan kembali keajaiban cerita rakyat dan dongeng yang telah terlupakan melalui YouTube dan YouTube Kids bagi setiap orang Indonesia dan siapa pun di dunia.

Bersama Ayo Dongeng Indonesia, inisiatif ini menyajikan 34 cerita rakyat dari 34 provinsi di Indonesia yang dipublikasikan melalui channel YouTube Google Indonesia. Sejumlah tokoh berpengaruh diundang untuk berpartisipasi dalam inisiatif ini, seperti Najwa Shihab (Duta Baca Nasional), Chelsea Islan, Novita Angie, Moonella dan Ibu, serta kreator konten YouTube Duo Harbatah, channel Kok Bisa?, dan banyak lagi.

4. Belajar sambil bermain dengan bantuan Google Assistant, cukup dengan mengucapkan “Ok Google, suara hewan” atau “fakta menarik”

Google Asisten memiliki berbagai aktivitas untuk menghibur semua anggota keluarga – dari permainan untuk bersantai bersama di malam hari hingga trivia; cukup dengan mengucapkan “Ok Google, suara hewan” atau “fakta menarik”. Saat ini ada lebih dari 50 permainan, aktivitas, dan cerita dalam program Assistant for Families. Setiap aktivitas ini telah diperiksa dan disetujui oleh tim Trust and Safety, sehingga dapat dipastikan ramah keluarga.

 

5. Memahami dan mengelola aktivitas online Si Kecil dengan lebih baik menggunakan Family Link Google

Apa Moms tahu lebih dari 90% orang tua yang disurvei di Indonesia mengatakan bahwa belajar membentuk kebiasaan digital yang sehat bagi anak mereka adalah hal yang penting? Hal itu selalu diperlukan, tapi kesehatan digital menjadi makin penting saat si kecil memiliki waktu lebih banyak untuk menggunakan internet.

Seringkali masa liburan berarti ada lebih banyak waktu luang, yang berarti ada lebih banyak waktu online. Ini bisa menjadi masalah bagi Moms saat si kecil terlalu lama menatap layar perangkat! Namun, kini telah menyediakan fasilitas untuk membantu menciptakan kebiasaan digital yang sehat, positif, dan sesuai untuk keluarga Moms.  

Aplikasi Family Link Google menyediakan berbagai cara untuk membantu si kecil membuat pilihan cerdas, yaitu dengan memungkinkan orang tua mengizinkan atau memblokir aplikasi yang dapat diunduh anak di Google Play Store, menetapkan batas waktu online harian, dan mengunci perangkat si kecil dari jarak jauh saat si kecil harus belajar atau tidur.

Selamat Hari Anak Nasional! Mari kita terus majukan hak-hak dan kesejahteraan setiap anak di Indonesia. 

 

 

 

Sumber: Motherandbaby

Artikel Lainnya

Mendengarkan terkadang bisa menjadi hal yang sulit terutama jika jadwal Moms sangat padat. Namun, penelitian mengatakan bahwa mendengarkan anak membuat si kecil cenderung mendengarkan o...

Setiap anak pasti punya banyak khayalan dan mimpi mengenai apa yang menjadi cita-cita mereka. Sudah menjadi tugas orangtua untuk membantu si kecil mengetahui cita-citanya. Apa yang menjadi cita-cita m...

Dalam buku Tumbling Toddlers,  Jeff Lula, President of Fun & Fit Gymnastics Centers di California, AS,  menjelaskan bahwa jungkir balik atau koprol adalah wujud kesiapan motorik kasar da...

Apakah  Bunda bertanya-tanya mengapa anak bertubuh pendek, padahal orangtuanya tinggi? Wajar enggak sih tubuhnya yang pendek itu? Sebelum mengambil kesimpulan apa pun, Bunda dan Ayah perlu mel...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................