Bahaya Terpapar Langsung Sinar Ultra Violet Bagi Sikecil!

Rabu, 22 Januari 2020 | 11:50 WIB Penulis :


Sinar Matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Kita semua memerlukan paparan sinar matahari setiap hari karena sinar matahari merupakan sumber utama Vitamin D. Selain itu, Moms juga membutuhkan sinar matahari untuk menjemur pakaian bukan?Saat menjemur pakaian dibawah sinar matahari, biasanya Moms tidak melkukan persiapan khusus seperti menggunakan tabir surya atau lainnya.

Menurut Dr Leong Kin Fon, seorang konsultan dokter kulit anak, jika terkena paparan sinar ultraviolet (UV) secara langsung tanpa pelindung,  dapat menyebabkan kerusakan kulit. Tak hanya itu, terpapar sinar matahari secara langsung juga dapat menyebabkan kerusakan mata hingga katarak, mengganggu sistem kekebalan tubuh, bahkan kanker kulit.

 

Paparan Sinar Matahari Pada Anak-anak dan Bayi

Terlalu banyak terpapar sinar matahari sangat berbahaya bagi anak kecil, terutama bayi. Sebab, kulit mereka yang halus mengandung sedikit melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata dan memberikan perlindungan dari sinar matahari.

Beberapa anak sensitif terhadap sinar matahari dan mungkin mengalami ruam pada kulitnya. Paparan sinar matahari selama 15 menit dapat menyebabkan kerusakan kulit akibat sinar UV. Namun, perlu waktu hingga 12 jam bagi kulit untuk menunjukkan efek paparan sinar matahari sepenuhnya. Jadi, jika kulit Si Kecil terlihat "agak merah muda" hari ini, mungkin akan terlihat seperti terbakar pada esok pagi. Bahkan, paparan sinar matahari yang serius dapat meningkatkan risiko kanker kulit pada Si Kecil di kemudian hari.

 

Sinar Ultaviolet Matahari

Ketika matahari bersinar di bumi, sebagian dari sinar matahari itu terdiri dari sinar ultraviolet (UV) yang tak terlihat. Ada 3 jenis sinar ultraviolet, yaitu UVA, UVB, dan UVC.

  • Sinar UVA

Sinar UVA ini paling intens mencapai bumi dan dapat menembus paling jauh ke dalam jaringan kulit kita.

Namun, itu tidak merusak secara biologis.

UVA membentuk sebagian besar paparan sinar matahari terhadap kulit dan menyebabkan penuaan kulit serta kerutan yang dapat menyebabkan kanker kulit, seperti kanker melanoma.

  • Sinar UVB

Sinar UVB dapat merusak secara biologis. Sebagian besar sinarnya diserap oleh lapisan ozon, tetapi beberapa sinar dapat melewatinya. Sinar UVB dapat menyebabkan kerusakan serius misalnya kulit terasa terbakar, mata menjadi katarak, kanker kulit, dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

  • Sinar UVC

Bentuk UV paling berbahaya, namun sinar ini terhalang oleh lapisan ozon dan tidak mencapai bumi.

Sangat penting bagi Moms melindungi Si Kecil dari paparan UVA dan UVB karena sinar ini dapat menyebabkan kulit terbakar, dan kerusakan kulit lainnya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Maka dari itu, tetap sediakan PureBB Sunblock untuk kebutuhan sikecil mom, jangan sampai bahaya terpapar sinar Ultra Violet terjadi pada sikecil. 

 

Source: nakita.grid.id

Artikel Lainnya

Diserang rasa ingin buang air kecil (BAK) atau buang air besar (BAB) ketika sedang berada di tempat umum. Otomatis Bunda dan anak akan mencari toilet umum. Kalau membayangkan kata ‘toilet umum&r...

Melihat si kecil bersiap-siap naik ke meja,  Bunda spontan berteriak, “Jangan naik.” Eh, tapi si kecil tak memedulikan Bunda. Dengan tenang ia tetap memanjat meja dan selamat. Bunda y...

Sebelum memutuskan untuk beli mainan edukatif anak, mom perlu tahu bahwa nggak semua mainan edukatif anak aman dimainkan oleh si kecil, lho! Apalagi beberapa jenis mainan beserta dengan bahan dasar pe...

Ketika anak mengeluarkan ingus, maka orang tua sering tertukar mengira si kecil terkena pilek, influesza atau common cold. Karena ketiga kondisi ini masih sering disalahartikan karena kondisi nya miri...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................