Vaksin Covid-19 Untuk Dewasa Sudah Ditemukan, Bagaimana Dengan Nasib Si kecil?

Rabu, 14 Oktober 2020 | 16:18 WIB Penulis :


Jakarta -  Virus Corona COVID-19 masih mewabah di seluruh dunia. Hal ini membuat sebagian orang tua bertanya-tanya, kapan vaksin akan tersedia dan kapan anak bisa divaksin?

Namun, sayangnya vaksin Corona untuk anak mungkin akan lebih lama ditemukan dibandingkan untuk orang dewasa. Pasalnya, vaksin yang sudah terbukti aman untuk orang dewasa, belum tentu juga aman bagi anak-anak.

 

Apa yang membuat vaksin Corona untuk anak lebih lama ditemukan?

Dari sejumlah kandidat vaksin Corona yang saat ini sedang dilakukan uji klinis, belum ada satu pun percobaan yang membuktikan apakah vaksin ini aman dan efektif untuk anak-anak atau tidak.

"Saat ini saya cukup khawatir tidak ada vaksin yang tersedia untuk anak-anak pada awal ajaran baru sekolah tahun depan," kata Dr Anderson, dokter anak di Children's Healthcare of Atlanta, Amerika Serikat, dikutip dari Times of India.

 

Kapan uji klinis vaksin Corona pada anak-anak bisa dilakukan?

Umumnya proses pengembangan vaksin harus melewati 3 tahap, yaitu uji klinis fase 1, 2, dan 3. Uji klinis ini pun harus melibatkan banyak relawan.

Selama penelitian, para ilmuwan akan memantau apakah vaksin Corona yang diberikan dapat melindungi orang tersebut dari COVID-19 atau tidak. Dari hasil uji klinis ini juga bisa diketahui, apakah ada efek samping yang ditimbulkan atau tidak.

Jika peneliti tidak menemukan adanya efek samping yang serius, barulah mereka bisa mengujinya pada anak-anak. Biasanya pengujian akan dilakukan pada anak usia remaja terlebih dahulu, kemudian berlanjut hingga usia yang lebih muda.

 

Source: health.detik.com

Artikel Lainnya

Menumbuhkan kebiasaan menulis pada anak adalah suatu hal yang sangat penting untuk membantu mereka mengembangkan kemampuannya dalam berkomunikasi dan berpikir kreatif. Dalam era teknologi ya...

Siapa bilang baby blues alias kesedihan pascapersalinan hanya dialami oleh Bunda? Ternyata, si Ayah pun bisa mengalaminya. Gejala baby blues pada Ayah, secara umum sama saja dengan gejala baby ...

Testing ...

Mams, sistem pencernaan bayi terutama yang baru lahir belum berkembang dengan sempurna, sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih mudah dicerna. Dalam memilih susu formula anak, selain memperhati...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................