Bayi Tidak Perlu Mandi 2x Sehari loh Mom! Mitos atau Fakta?

Rabu, 18 Agustus 2021 | 16:47 WIB Penulis :


Dalam memberikan segala yang terbaik untuk si Kecil, banyak Mama yang berusaha menjaga bayinya selalu bersih, steril, dan jauh dari kuman. Menjaga kebersihan bayi memang penting, Ma, terlebih daya tahan tubuhnya belum sempurna.

Kalau sudah bicara kebersihan tubuh bayi, maka kurang lengkap rasanya kalau tidak membahas rutinitas memandikan bayi. Nah, hal sesederhana memandikan bayi ini ternyata banyak menuai pro dan kontra lho, Ma.

Ada tim Mama yang memandikan bayi setiap hari, dengan alasan, “Iklim tempat tinggal kita membuat bayi mudah berkeringat, kan kasihan kalau tidak mandi setiap hari.”

Namun ada juga tim Mama yang tidak memandikan bayinya setiap hari, dengan alasan kulit bayi masih terlalu sensitif untuk kena air dan sabun setiap hari. “Enggak mandi sehari, bayi enggak akan bau juga, kan?”

Daripada bingung, sepertinya akan lebih baik untuk mengacu pada hasil penelitian saja, Ma. Ada banyak hasil penelitian yang mencengangkan tentang ritual memandikan bayi. Mau tahu apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini yuk, Ma.

Tidak perlu mandi setiap hari

Menurut US National Centre for Biotechnology Information, kulit anak masih sangat lembut dan rentan mengalami iritasi juga alergi kontak dermatitis. Dengan alasan ini, banyak dokter yang merekomendasikan Mama untuk memandi bayi hanya sekitar 3 kali seminggu, terutama bayi usia di bawah 12 bulan.

Mendengarkan musik saat mandi bisa menstimulasi otak bayi

Mama pasti sudah tahu kalau musik memang memberikan banyak manfaat untuk bayi, bahkan untuk janin. Namun mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Mama untuk memadukan rutinitas mandi dengan mendengarkan musik.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Johnson’s, memutar lagu dan menyanyikan lagu saat mandi dapat menstimulasi bagian otak bayi yang berkaitan dengan daya ingatnya.

Penelitian ini bahkan menguak fakta bahwa beberapa jenis musik dapat menstimulasi bagian otak yang berkaitan dengan gambar visual.

Ngobrol saat mandi meningkatkan kecerdasan bahasa anak

Saat mandi, Mama pasti sering mengajak si Kecil ngobrol. Itu bagus sekali, Ma. Saat itu bayi lebih fokus ke waktu mandi, maka lebih mudah untuk Mama memulai obrolan yang ‘sesungguhnya.’

Mama bisa secara rutin bicara dengan bayi seperti bicara dengan orang dewasa, sambil menanyakan warna, angka, huruf, dan lainnya. Aktivitas sederhana ini memberikan perkembangan pesat untuk kecerdasan bahasa anak lho, Ma.

Pelukan & pijatan setelah mandi bisa menenangkan bayi

Waktu memandikan bayi memang banyak memberikan manfaat untuk Mama dan si Kecil, namun jangan lupakan momen setelah mandi, Ma. Berikan skin-to-skin contact, berpelukan, dan pijatan lembut setelah mandi, karena itu semua dapat menenangkan bayi dan membuat tidurnya lebih lelap.

Rutin memberinya pijatan lembut juga bisa meningkatkan kecerdasan kognitif anak. Menurut penelitian yang dimuat di Journal of Applied Developmental Pshychology, bayi yang rajin disentuh dan dipijat, 50 persen lebih sering melakukan kontak mata, dan 3 kali lebih sering memberikan ekspresi yang positif.

Wah, ternyata mandi memberikan banyak manfaat untuk si Kecil ya, Ma.

 

Source: www.popmama.com

Artikel Lainnya

  1. Kentang Panggang Kentang bisa dijadikan cemilan untuk bayi usia 8 bulan, Bu. Kentang mengandung asam folat, fosfor, karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan m...

Rotavirus adalah salah satu virus yang bisa membahayakan Si Kecil. Jadi, cobalah untuk selalu menjaga kebersihan Si Kecil, ya! Dilansir dari Centers of Disease Control and Prevention, Rotaviru...

Sama halnya dengan saat hamil, Bunda perlu berhati-hati dalam memilih obat flu dan pilek. Bagaimana caranya agar tidak salah pilih obat? Apakah ada obat pilek untuk ibu menyusui yang aman? Temukan pen...

Manfaat Memelihara Hewan Saat Hamil Meski berisiko menimbulkan gangguan penyakit, tetapi memelihara hewan saat hamil ada manfaatnya juga.  Berikut beberapa manfaat memelihara hewan saat ham...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................