Apa Perbedaan Power Pumping & Pumping Biasa?

Selasa, 29 November 2022 | 16:33 WIB Penulis :


ASI merupakan salah satu hal terbaik yang bisa diberikan seorang ibu kepada buah hatinya. Kandungan ASI yang selalu mengikuti tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi sejak lahir tak akan tergantikan oleh susu formula manapun.

Sayangnya produksi ASI sering kali mengalami penurunan drastis pada saat ibu bekerja. Hal ini pula yang kerap membuat ibu-ibu yang berkarier di luar rumah mengalami dilema saat harus kembali bekerja.

Agar produksi ASI kembali melimpah, power pumping adalah salah satu cara memompa ASI yang dapat meningkatkan suplai ASI. Dengan cara memompa ASI yang tepat, produksi ASI diharapkan akan meningkat kembali sehingga mencukupi kebutuhan bayi sehari-hari. 

Apa Itu Power Pumping?

Cara memompa ASI dengan teknik power pumping membutuhkan pompa ASI yang nyaman. Ada banyak hal yang menjadi penyebab produksi ASI menurun. Sebagai contoh, terlalu lama membiarkan ASI tidak keluar dari payudara, baik disusui langsung atau dipompa, penggunaan obatobatan, dan kondisi medis tertentu.

Meskipun produksi ASI dapat menurun, tetapi produksi ASI yang tidak mencukupi untuk bayi jarang terjadi. Mengutip dari Mayo Clinic, faktanya ibu menyusui menghasilkan sepertiga lebih banyak ASI dari yang bisa diminum oleh bayi.

Produksi ASI pada dasarnya berkaitan dengan berapa banyak ASI yang dibutuhkan bayi. Tubuh akan mendapatkan sinyal ini dari jumlah waktu yang dihabiskan untuk menyusui ataupun memompa ASI. Kualitas isapan baik dari bayi dengan pelekatan yang baik atau pompa ASI juga bisa berpengaruh.

Power pumping pada dasarnya tidak menggantikan jadwal rutin pompa Bunda. Sebaliknya, power pumping dilakukan di sela-sela jadwal rutin pumping biasa. Metode ini akan bekerja paling efektif jika Bunda melakukanexclusive pumping.

Jika bayi sering menyusu langsung, maka akan sulit bagi tubuh untuk membuat ASI esktra yang cukup di antara waktu menyusui. Akan tetapi, tidak perlu khawatir ASI akan habis jika Bunda melakukan power pumping. Payudara tidak akan pernah sepenuhnya kosong dan gerakan mengisap dari mulut bayi atau pompa akan merangsang produk ASI lebih banyak sesuai kebutuhan.

 

Cara Melakukan Power Pumping yang Perlu Ibu Pahami

1. Sisihkan Waktu Khusus Untuk Power Pumping 

Pastikan Bunda merasa nyaman dan santai sebelum melakukan pumping agar produksi ASI dapat ditingkatkan dengan efektif. Jika Bunda menyusui bayi langsung, cobalah melakukan power pumping setelah sesi menyusui. Gunakanlah pompa ASI elektrik ganda yang bisa dipakai di kedua payudara dan bra menyusui hands-free jika memungkinkan. Dengan begini Bunda tidak perlu terus-menerus memegang pompa, melainkan bisa melakukan aktivitas lainnya

2. Pompa Disela dengan Istirahat

Untuk melakukan power pumping, pertama pompa ASI selama 20 menit terlebih dahulu. Kemudian hentikan pompa dan istirahatlah selama 10 menit. Lalu Bunda bisa kembali memompa selama 10 menit tanpa henti. Setelah itu, istirahat lagi selama 10 menit. Lakukan kembali pompa ASI selama 10 menit. Bunda bisa kembali ke rutinitas pemompaan atau menyusui normal sesudahnya. Idealnya power pumping dilakukan satu kali sehari saja, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk melakukannya hingga dua kali. Namun, perlu diingat bahwa sesi power pumping bisa melelahkan fisik dan mental ibu.

3. Rutin Melakukannya

Tiap ibu tentu berbeda tingkat keberhasilannya. Sebagian ibu merasakan power pumping cukup dilakukan selama 3 hari berturut-turut, dan setelah itu ASI sudah lancar. Namun, ada juga yang merasa perlu melakukannya hingga seminggu berturut-turut bahkan lebih.

4. Hasil Akan Terlihat dalam Beberapa Hari

Khasiat daripower pumping bisa dirasakan setelah melakukannya selama dua atau tiga hari. Namun, ada pula yang baru berhasil setelah empat hingga tujuh jari. Setelah produksi ASI sudah meningkat dan dirasa cukup, Bunda bisa berhenti melakukan power pumping. Metode ini bisa dicoba kembali jika Bunda merasa perlu.

 

 

Source : https://id.theasianparent.com/

 

 

Artikel Lainnya

Para ibu pasti pernah mengalami si Kecil rewel saat ditinggal. Maunya digendong ibunya, dan saat ibunya jauh sedikit saja anak langsung menangis atau rewel. Di satu sisi, rasanya terharu karena anak i...

Mengajak Bayi mengobrol ternyata ada manfaatnya loh mom. yuk kita simak.   Anak-anak juga merasakan emosi yang sama seperti orang dewasa. Namun, mereka belum&nbs...

Cara yang tepat menyimpan sayuran, supaya tetap terjamin kualitasnya saat akan dikonsumsi keluarga Bunda : Dikemas Ulang Sayuran yang berdaun seperti kangkung atau bayam dan cenderung mudah...

Alergi kerap terjadi pada bayi dan anak-anak. Berikut cara mengobati dan mengatasi alergi kulit pada bayi. Alergi ditandai dengan reaksi imun berlebihan terhadap suatu paparan zat asing. Alergi mer...

WhatsApp ×
Hai Mom, kami siap membantu anda ..
Kami Online
Senin - Jumat : 08:00 - 17:00 WIB
Minggu & Hari Besar kami LIBUR
Jika ada pertanyaan silahkan menghubungi kami 🤗
......................................................